Ini Bahan Membuat Ban Goodyear, Ada Minyak Kedelainya

ulinulin.com – JAKARTA – Dalam menghadirkan produk ban di setiap segmennya ,The Goodyear Tire & Rubber Company menggunakan 70% kandungan berbahan berkelanjutan termasuk inovasi pada konstruksi bannya. Ada kurang lebih 13 bahan material di sembilan komponen ban yang digunakan dengan basis material berbahan ramah lingkungan.

“Kami menetapkan tujuan ambisius pada tahun 2020 untuk membuat ban yang 100% terbuat dari bahan berkelanjutan dalam 10 tahun kedepan. Para ilmuwan serta insinyur kami telah membuat kemajuan besar dalam mewujudkannya. Ini merupakan pencapaian menarik yang menunjukkan komitmen kami untuk meningkatkan penggunaan material berkelanjutan pada ban kami,” kata Chris Helsel, Wakil Presiden Senior, Operasi Global dan CTO Goodyear.

Berikut ini kami jabarkan material ramah lingkungan yang digunakan pada setiap model ban ciptaaan Goodyear.

– Seluruh model ban yang diproduksi oleh Goodyear menggunakan karbon hitam yang berfungsi sebagai penguat kompon dan membantu meningkatkan umur ban. Terdapat tiga karbon hitam berbeda yang dihasilkan dari metana, karbon dioksida, dan minyak nabati. Penilaian awal terhadap siklus hidup menunjukkan adanya pengurangan emisi karbon dibandingkan dengan metode produksi karbon hitam saat ini atau penggunaan sumber bahan baku berbasis bio atau limbah.

– Selanjutnya terdapat minyak kedelai yang digunakan pada ban produksi Goodyear dan ini merupakan inovasi penting demi menjaga kompon karet ban tetap lentur dalam perubahan suhu. Minyak kedelai adalah sumber daya berbasis natura, yang mengurangi penggunaan produk berbasis minyak bumi oleh Goodyear. Sementara hampir 100% protein kedelai saat ini hanya digunakan dalam aplikasi makanan/pakan ternak, maka surplus minyak yang signifikan tersisa dan tersedia untuk digunakan dalam aplikasi industri.

– Ban buatan Goodyear terbaru juga menggunakan material silika yang dihasilkan dari abu sekam padi dan silika tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya cengkeram di jalan raya. Selain itu, dengan kemampuan daya cengkram yang maksimal tentu saja berimbas pada efisiensi bahan bakar yang lebih maksimal lagi pada kendaraan.

– Selain itu, ban terbaru Goodyear juga menggunakan bahan poliester yang didaur ulang dari botol plastik dan limbah plastik. Selanjutnya poliester yang dihasilkan dari limbah tersebut diubah menjadi bahan kimia dasar dan mengubahnya menjadi bahan berkualitas untuk tali ban. Ban model dengan 70% bahan dasar ramah lingkungan telah berhasil diproduksi oleh Goodyear, dan 10 tahun bukan waktu yang panjang.

Seperti yang diketahui, Goodyear sendiri telah sukses menghadirkan berbagai model ban untuk kendaraan di setiap segmen di seluruh dunia. Pada 2030 mendatang Goodyear berencana akan memproduksi ban yang menggunakan material 100% dari bahan berkelanjutan atau ramah lingkungan. (ALVADO/RAJU)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”