Ini Baru Greget! Hyundai Pamerkan Konsep Taksi Terbang

ulinulin.com – Seperti Toyota dan Ford, Hyundai juga berupaya memposisikan dirinya sebagai smart urban mobility provider. Guna mencapai hal tersebut, Hyundai mengumumkan produk bernama S-A1, sebuah taksi terbang yang diharapkan dapat diproduksi pada tahun 2023.

Kehadiran S-A1 juga merupakan tindak lanjut dari kerja sama Hyundai dengan Uber. Pada tahun 2017 lalu, Uber telah mengumumkan inisiatif Uber Elevate yang membuka peluang adanya moda transportasi baru untuk perjalanan point to point. Seperti dilaporkan Digital Trends, S-A1 merupakan moda yang diharapkan dapat mendukung inisiatif tersebut.

“Kami sedang melihat era baru yang membuka langit kota-kota kami. Dengan perjalanan udara point to point, kami bisa mengurangi secara drastis waktu perjalanan,” ujar Head of Urban Air Mobility Hyundai, Jaiwon Shin.

Guna menjawab masalah keamanan, taksi terbang Hyundai S-A1 akan menghadirkan beberapa peningkatan dibanding helikopter tradisional. Banyaknya baling-baling akan memastikan moda ini tidak jatuh jika ada satu motor yang gagal berfungsi. Parasut juga akan digunakan jika terjadi keadaan darurat. Baling-baling S-A1 yang berputar lebih lambat dibanding helikopter tradsional, membuat moda ini menjadi lebih senyap untuk menjawab masalah kebisingan di perkotaan.

Hyundai tak menyebutkan mengenai pilot manusia pada armada taksi terbang ini. Namun peraturan Badan Penerbangan Federal Amerika Serikat (FAA) saat ini tak mengizinkan penerbangan yang dikendalikan otomatis sepenuhnya. Sedangkan secara desain, S-A1 mampu membawa hingga empat penumpang untuk jarak maksimum 96 kilometer dengan kecepatan hingga 289 km/jam.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”