Ini Beberapa Masalah Evaporator AC Mobil yang Membuat Kabin Panas

ulinulin.com

Pernah mengalami kabin mobil terasa panas padahal sudah menyalakan AC? Mungkin ada masalah evaporator AC mobil Anda. Karena komponen inilah yang bertugas untuk menyalurkan hawa dingin pada sistem AC mobil.

Evaporator AC mobil pada dasarnya berfungsi untuk menampung freon untuk mengubahnya menjadi uap dingin. Uap dingin inilah yang kemudian dialirkan pada pipa evaporator. Sayangnya, banyak hal sepele yang menyebabkan masalah evaporator AC mobil.

1. Kotor

Kabin yang kotor bisa membuat evaporator juga cepat kotor

Masalah evaporator AC mobil paling sering terjadi adalah kotor. Hal ini lantaran kabin mobil yang dibiarkan berdebu untuk waktu yang lama. Misalnya karpet lantai yang dibiarkan kotor, atau terlalu sering membuka kaca mobil dan membiarkan debu serta kotoran masuk ke kabin. Kotoran-kotoran inilah yang terserap oleh evaporator.

2. Berlendir

Sebenarnya ini adalah dampak lebih parah dari evaporator yang kotor. Jika kotoran pada komponen AC mobil ini didiamkan terus menerus, maka akan muncul lendir. Selain itu lendir tersebut juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

3. Bocor

Evaporator bocor membuat freon cepat berkurang

Masalah evaporator AC mobil paling fatal adalah evaporator mengalami kebocoran. Penyebabnya bisa beragam, karena mampet akibat terlalu kotor, atau tekanan freon yang berlebihan. Bisa juga usia pakai evaporator AC mobil yang sudah habis. Jika evaporator bocor, maka tidak bisa lagi diperbaiki dan harus mengganti dengan unit baru.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”