Ini Cara Mencegah Rambut Rontok Sebelum Mengalami Kebotakan

ulinulin.com – Setiap hari selalu ada beberapa helai rambut yang rontok. Namun, itu bukan sebuah pertanda bahwa kamu mengalami kerontokan yang serius. Seseorang dapat dikategorikan mengalami kerontokan yang parah ketika jumlah rambut yang rontok sudah tidak bisa dihitung lagi. Bahkan, setiap menyisir akan ada gumpalan rambut rontok yang menempel di sisir tersebut.

Kerontokan bisa membawamu pada masalah yang lebih serius, contohnya kebotakan. Nah, sebelum kamu mengalami kebotakan, kamu wajib mencegah kerontokan rambut terlebih dahulu. Kamini akan memberikan petunjuk untuk mencegah kerontokan sebelum terjadi kebotakan.

Produk untuk Mencegah Kerontokan

Walaupun rambut rontok adalah masalah yang umum dialami, tapi nyatanya banyak orang yang belum paham produk-produk perawatan yang harus dipakai untuk mencegah masalah ini. Oleh karena itu, Kamini akan merekomendasikan sejumlah produk yang bisa kamu andalkan untuk mencegah kerontokan rambut.

Inilah produk hair treatment yang bisa kamu gunakan untuk menghindari masalah rambut rontok:

    Shampo

Kalau kamu memiliki kecenderungan rambut rontok, maka kamu harus jeli dalam memilih shampo. Sesuaikan shampo dengan kondisi rambutmu. Misalnya, jenis rambutmu adalah normal, maka kamu hanya perlu memilih shampo yang diformulasikan untuk rambut normal.

Amankah memakai shampo untuk rambut rontok hanya untuk sekadar mencegah kerontokan itu terjadi? Tentu saja aman. Pilih shampo untuk mencegah kerontokan dalam artikel shampo untuk rambut rontok.

    Conditioner

Conditioner dan shampo adalah dua produk perawatan rambut paling umum digunakan. Sebelum memilih conditioner untuk dipakai, kenali dulu jenis rambutmu. Kamu pun bisa memilih conditioner terbaik dalam artikel conditioner yang bagus ini.

    Hair Tonic

Tonik bukan hanya dipakai untuk mengatasi kerontokan, tapi bisa juga untuk mencegah kerontokan. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki rambut yang sehat dan kuat, kamu bisa memilih hair tonic terbaik dalam artikel hair tonic yang bagus ini. Kalau hanya untuk mencegah kamu tak perlu memakai hair tonic yang diformulasikan untuk rambut rontok.

Intinya, kamu bebas menggunakan produk perawatan rambut apapun, entah itu masker, hair spa, vitamin, atau creambath. Namun, untuk mencegah kerontokan kamu harus menemukan produk yang cocok untuk kondisi rambutmu. Jadi, kenali jenis rambutmu agar kamu bisa mendapatkan produk yang sesuai.

Bahan Alami untuk Mencegah Rambut Rontok

Selain memakai produk hair treatment siap pakai, kamu juga bisa mengandalkan bahan-bahan alami untuk mencegah rambut rontok, lho. Selain lebih ekonomis, bahan alami dirasa lebih aman karena tidak mengandung zat kimia.

Apa saja bahan alami untuk mencegah rambut rontok? Simak daftar selengkapnya di sini!

    Santan Kelapa

Santan kelapa yang akan dipakai harus santan kelapa murni, bukan santan instan yang dijual di supermarket. Santan mengandung Vitamin E alami untuk menguatkan rambut dan mencegah kerontokan.

Cara pemakaiannya adalah usapkan santan ke akar-akar rambut. Diamkan selama 20 menit. Bilas dengan air sampai bersih dan lanjutkan mencuci rambut dengan shampo.

    Lidah Buaya

Khasiat dari lidah buaya memang sangat luar biasa bermanfaat, terutama untuk rambut. Selain bisa dipakai untuk menebalkan rambut, lidah buaya juga diklaim efektif menguatkan rambut sehingga tidak mudah rontok.

Pertama, kamu harus mencuci bersih rambutmu terlebih dahulu. Lalu aplikasikan gel lidah buaya ke kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air. Treatment harus dilakukan 3 kali seminggu agar rambutmu semakin kuat dan sehat.

    Akar Manis

Akar manis alias licorice adalah salah satu bahan alami yang dapat memperkuat rambut agar tidak mudah rontok. Namun, kamu harus mengombinasikan akar manis dengan bubuk kunyit dan susu untuk menghasilkan masker pencegah rambut rontok.

Campuran akar manis, bubuk kunyit, dan susu harus dipakai sebagai masker rambut di malam hari. Pakai tipis-tipis saja agar rambut tidak terlalu basah. Keesokan harinya bilas rambut sampai bersih.

Sejumlah bahan alami ini bisa kamu coba untuk merawat rambut agar terhindar dari kerontokan. Namun, imbangi juga dengan penggunaan produk hair treatment yang tepat agar kamu memperoleh hasil yang lebih optimal.

Tips Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok bukan masalah yang dapat mengancam nyawamu, tetapi jika dibiarkan begitu saja kamu bisa mengalami kebotakan. Nah, kalau sudah botak tentu saja rasa percaya dirimu jadi berkurang, bukan?

Yuk, saatnya lebih serius dalam melakukan perawatan untuk mencegah rambut rontok. Berikut adalah sejumlah tips dari Kamini untuk mencegah kerontokan rambut secara efektif:

    Jalani Gaya Hidup Sehat

Gaya hidupmu ternyata juga berkontribusi pada kesehatan rambutmu, lho. Pasalnya, salah satu penyebab rambut rontok adalah stres. Jadi, kamu bisa mencegah rambut rontok dengan mengelola stres dan menjalani gaya hidup sehat. Perbanyak olahraga, meditasi, dan istirahat yang cukup untuk menghindari stres.

    Hindari Menyisir Rambut dalam Kondisi Basah

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”