Ini Dia 10 Hal yang Menyebabkan Haid Tidak Lancar

ulinulin.com – Siklus menstruasi yang tidak teratur adalah hal yang meresahkan kaum hawa. Pasalnya, haid yang tidak lancar ini sering dicurigai sebagai tanda adanya penyakit serius di dalam rahim atau ketidaksuburan. Terlebih jika menstruasi menjadi tidak lancar setelah menikah, wanita yang mengalami ini akan merasa takut tidak bisa memberikan keturunan bagi suaminya.

Pada umumnya, wanita akan mendapatkan datang bulan setiap satu bulan sekali. Menstruasi ini terjadi selama 5-7 hari dalam 1 bulan. Nah, pada kasus haid tidak lancar ini wanita bisa mengalami menstruasi 2-3 bulan sekali, menstruasi terjadi 2 kali dalam sebulan dengan darah yang hanya keluar sedikit, atau bahkan tidak mendapatkan menstruasi sama sekali.

Terdapat banyak faktor yang mengakibatkan menstruasi menjadi tidak teratur. Nah, berikut adalah beberapa penyebab haid tidak lancar yang sering dialami oleh para wanita:

1. Stres

Masalah yang satu ini memang selalu membawa dampak buruk bagi kesehatan. Stres juga seringkali menjadi penyebab timbulnya berbagai macam penyakit kronis. Haid yang tidak lancar sangat mungkin disebabkan karena stres.

Gangguan psikologis yang satu ini berkontribusi dalam membuat produksi hormon dalam tubuh menjadi kacau. Akibatnya, para wanita yang kerap kali merasa stres umumnya akan mengalami ketidaklancaran menstruasi.

2. Gangguan Hormon

Menstruasi tidak teratur disebabkan karena kurangnya hormon estrogen dan hormon progestron. Hormon prolaktin yang terlalu tinggi juga berdampak pada siklus menstruasi dan kesuburan. Bahkan, dalam beberapa kasus ada pula wanita yang memiliki hormon androgen (hormon pria) lebih banyak di dalam tubuhnya. Kelebihan hormon androgen ini menyebabkan menstruasi jadi tidak lancar atau tidak datang sama sekali.

3. Obesitas

Kelebihan berat badan sering dianggap dapat membahayakan kesehatan. Faktanya, anggapan tersebut memang benar adanya. Obesitas juga mampu mempengaruhi kesuburan wanita. Wanita dengan berat badan berlebih memiliki risiko yang cukup tinggi untuk mendapatkan siklus menstruasi yang tidak lancar. Di samping itu, obesitas juga dapat memicu penyakit tiroid.

4. Penyakit Tiroid

Seperti yang sudah disebutkan di atas, obesitas dapat mengakibatkan timbulnya penyakit tiroid. Lantas, apakah penyakit tiroid itu? Seberapa penting peran tiroid dalam menjadi penyebab haid tidak lancar?

Kelenjar tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher dan fungsinya untuk mengatur proses metabolisme tubuh. Kelenjar ini juga berpengaruh pada sistem tubuh lainnya, termasuk produksi hormon. Ketidakseimbangan tiroid, seperti hipotiroid atau hipertiroid, dapat mempengaruhi kelancaran siklus datang bulan wanita.

5. Penggunaan Kontrasepsi

Apakah Anda merupakan pengguna kontrasepsi berupa pil atau suntikan KB? Jika ya, mungkin siklus haid Anda akan terganggu. Seperti kita ketahui, pil dan suntikan KB mengandung sejumlah hormon yang berfungsi untuk mencegah kehamilan.

Jadi, jenis kontrasepsi ini akan sangat mempengaruhi kelancaran menstruasi Anda. Pendarahan bisa menjadi sangat banyak atau sedikit sekali. Selain itu, pemberian suntik atau pil KB setelah melahirkan juga dapat membuat haid menjadi tidak lancar.

6. Diet yang Tidak Sehat

Diet sih boleh-boleh saja, tapi bagaimana jika diet yang Anda jalani justru membuat haid menjadi tidak lancar? Nah, itu artinya diet yang sedang Anda lakukan kurang sehat. Diet yang terlalu ekstrem bisa membuat siklus datang bulan jadi tidak teratur. Makanan yang Anda konsumsi saat diet memiliki peran yang sangat besar untuk menentukan lancar atau tidaknya menstruasi Anda.

Solusinya, konsumsi makanan sehat yang mengandung gizi dan nutrisi yang mencukupi kebutuhan tubuh Anda. Pastikan untuk memulai diet yang sehat agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan.

7. Berat Badan Turun Drastis

Sejauh ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara cepat. Mulai dari mengkonsumsi obat diet, suntik untuk menguruskan badan, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, sadarkah Anda bahwa penurunan berat badan secara drastis itu membahayakan kesehatan?

Ketika bobot Anda menurun drastis, produksi hormon estrogen dan hormon progesteron pun juga akan menurun sehingga akan mempengaruhi siklus menstruasi. Oleh karena itu, jagalah asupan nutrisi dengan melakukan diet yang sehat.

8. Jamur dan Penyakit

Beberapa penyakit seperti tumor rahim, kanker rahim, dan kanker serviks membuat penderitanya mendapatkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Bahkan, pertumbuhan jamur di sekitar rahim juga mempengaruhi kelancaran menstruasi wanita.

9. Olahraga Berlebihan

Olahraga adalah aktivitas yang baik untuk memelihara kesehatan jika dilakukan dengan teratur dan dalam intensitas yang sesuai. Pasalnya, olahraga yang terlalu berat malah akan berdampak buruk pada siklus datang bulan Anda.

Ketika tubuh diforsis untuk melakukan aktivitas fisik yang berat, maka tubuh akan menjadi lelah dan bisa mengalami gangguan pada kelenjar hipotalamus. Gangguan ini akan berpengaruh pada hormon-hormon yang berperan penting untuk melancarkan menstruasi.

10. Menopause

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”