Ini Dia 3 Mobil Listrik yang Diluncurkan BMW Indonesia Tahun Ini

ulinulin.com – JAKARTA – Berbagai strategi sudah disiapkan oleh BMW Group Indonesia saat memasuki tahun 2022 salah satunya ialah menghadirkan tiga model terbaru untuk konsumen Indonesia. Bahkan secara gamblang, BMW Indonesia menyebut tiga model yang akan diluncurkan adalah BMW i4, BMW iX dan MINI Electric.Lewat kehadiran tiga model tersebut, BMW Indonesia optimis akan menjadi pemain utama di segmen elektrifikasi premium. Selain itu, fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility serta meggaungkan sustainability yang berdiri pada tiga aspek yakni lingkungan, sosial, dan governance.

BMW i4 pertama kali diperkenalkan secara global pada ajang IAA Munich 2021 lalu dan akan ditawarkan dalam dalam dua varian dan dua jenis penggerak. Di antaranya akan hadir BMW i4 M50 dengan penggerak All Wheel Drive dan BMW i4 eDrive40 dengan penggerak roda belakang.

Sementara performanya akan didukung oleh baterai berkapasitas 81.5 kWh yang dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis single speed fixed. Dua varian BMW i4 tersebut menawarkan angka performa yang berbeda baik dari segi tenaga, torsi hingga pada kemampuan daya tempuhnya. Pada BMW i4 M50 motor listrik tersebut bertugas untuk menggerakkan keempat rodanya dengan tenaga maksimal 544 hp. Selain itu, dengan kapasitas baterai penuh, BMW i4 M50 dapat menjelajah hingga 521 km.

Sedangkan BMW i4 eDrive40 memiliki tenaga maksimal yang mencapai 340 hp dan dialirkan ke roda belakang. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan daya tempuh yang lebih jauh yakni 590 km dengan satu kali pengisian penuh. Di sektor hiburannya BMW i4 menawarkan sistem operasi iDrive terbaru versi 8 yang tersedia di layar kurva berukuran 14,9 inci.

BMW i4 juga dibekali dengan 40 fitur pendukung pengendaraan dan yang menjadi standar di kedua varian adalah Front-Collision Warning, Speed Limit Info dan Lane Departure Warning. Beberapa fitur tambahan opsional juga tetap disediakan oleh pabrikan salah satunya Active Cruise Control with Automatic Speed Limit Assist yang dapat beradaptasi dengan kondisi kendaraan di sekitarnya bahkan lampu lalu lintas.

Selain BMW i4, akan hadir pula BMW iX yang mengisi segman Sport Utility Vehicle atau pabrikan menyebutnya Sport Activity Vehicle (SAV) bertenaga listrik murni. BMW iX akan menghadirkan dua varian yakni BMW iX xDrive40 dan BMW iX xDrive50 yang memiliki kemampuan jelajah sejauh 600 km. Selain itu, keduanya juga akan didukung oleh dua motor listrik berpenggerak All Wheel Drive yang disuplai dari baterai berkapasitas 70 kWh. Di atas kertas, motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 300 hp dan mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6 detik.

Sedangkan varian xDrive50 diklaim memiliki tenaga maksimal hingga 500 hp yang memungkinkan mobil ini berakselerasi dari posisi diam sampai kecepatan 100 km/jam kurang dari 5 detik. Tenaga tersebut bersumber dari baterai berkapasitas 100 kWh dan bahkan memiliki jarak tempuh hingga 600 km.

Sebagai sedikti gambaran, BMW iX memiliki dimensi panjang serupa dengan BMW X5 serta tinggi seperti BMW X6. Sementara jarak sumbu rodanya setara dengan BMW X7 dan membuatnya menjadi SAV dengan tampilan yang bongsor dan ruang kabin yang luas.

MINI Electric yang akan dihadirkan untuk konsumen Indonesia pada tahun ini akan tetap menawarkan desain ikonik yang cocok untuk sebagai kendaraan perkotaan dan go-kart feeling yang menjadi trademark MINI. Sementara itu, sumber tenaganya akan bersumber dari baterai berkapasitas 32,6 kWh yang memproduksi daya maksimal hingga 140 hp dan torsi puncak 270 Nm. Seluruh joknya akan mengusung tema sport seat dengan cloth double strip berkelir hitam karbon dan didukung pula dengan layanan hiburan yang berpusat pada layar berukuran 8,8 inci touch display.

Selain menghadirkan model terbaru, BMW Group Indonesia juga akan menambah satu diler fully-fledged baru dan satu BMW Approved Bodyshop ke dalam 25 outlet BMW dan MINI. Hal tersebut demi memudahkan konsumen untuk mengakses berbagai kebutuhannya mengenai kendaraan BMW dan MINI. Kepercayaan mitra diler BMW Group Indonesia terhadap brand BMW dan MINI juga diklaim semakin kuat dan dibuktikan dengan investasi berkelanjutan dalam tingkatkan jumlah fasilitas dan memperluas jaringan dilernya.

“Tahun ini, BMW Group Indonesia akan meluncurkan tidak hanya satu melainkan tiga kendaraan listrik flagship inovatif – BMW i4, BMW iX, dan MINI Electric. Peluncuran model- model ini dan fokus keseluruhan pada BMW i menekankan fakta bahwa 2022 adalah tahun E-Mobility. Sustainability juga akan menjadi topik utama BMW Group Indonesia tahun ini, dengan fokus pada tiga aspek – Lingkungan, Sosial, dan Governance. Kami akan menyediakan lebih banyak layanan berorientasi pelanggan bersamaan dengan peluncuran BMW dan MINI terbaru, serta terus berkontribusi kepada masyarakat melalui program Corporate Social Responsibility yang strategis. Kami percaya BMW Group Indonesia siap untuk menghadapi tahun 2022,” kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.ALVANDO NOYA / RS

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”