Ini Dia 3 Tanda Kamu Sudah Mulai Nyaman WFH

ulinulin.com – Sudah berapa lama kamu kerja di rumah? Apakah kamu mulai menunjukkan tanda-tanda nyaman bekerja dengan sistem WFH?

Semenjak pandemi, sebagian besar perusahaan sudah menjalankan kebijakan WFH selama kurang lebih tiga hingga empat bulan.

Setelah menjalankan WFH selama waktu yang cukup lama tersebut, tentu kamu merasakan perubahan terhadap pola kerjamu.

Nah, apakah kamu merasakan tanda-tanda mulai nyaman menjalani WFH? Apa saja tanda-tandanya?

Tanda Kamu Sudah Mulai Nyaman WFH

1. Kamu menjadi lebih produktif

© Freepik.com

Dilansir dari CNBC, sebagian orang merasa lebih tenang bekerja dari rumah karena dapat tetap dekat dengan keluarga.

Dengan demikian, mereka dapat memfokuskan diri pada pekerjaan mereka sehingga produktivitas pun meningkat.

Selain itu, menurut The Myers-Brigg Company, ada beberapa tipe kepribadian yang akan lebih produktif jika bekerja sendirian tanpa ada gangguan dari sekitar.

Kepribadian tersebut misalnya adalah ISFP dan INFP yang lebih senang bekerja sendiri ketimbang berada dalam tim.

CNBC melakukan sebuah penelitian kepada para karyawan yang sedang bekerja dari rumah akibat pandemi Covid-19. Hasilnya, sebagian besar karyawan memiliki indeks kebahagiaan 75 dari 100.

Sebanyak 57% karyawan yang bekerja dari rumah menggambarkan diri mereka sangat puas dengan pekerjaan mereka. Selain itu, 81% dari karyawan tersebut juga menganggap diri mereka dibayar dengan baik.

Penelitian itu juga menunjukkan 66% dari karyawan juga mengatakan bahwa perusahaan mereka memberi mereka peluang yang baik atau sangat baik untuk peningkatan karier.

Selain itu, 54% dari karyawan tersebut menyebutkan bahwa kontribusi mereka sangat dihargai oleh rekan kerja mereka.

Artinya, sebagian besar karyawan yang terlibat dalam penelitian tersebut tidak merasakan hambatan atau tantangan yang berarti selama bekerja dari rumah.

Jika kamu merasakan hal yang sama dengan para karyawan tersebut dan dapat bekerja dengan baik meskipun berada di rumah, itu tandanya kamu sudah mulai nyaman melakukan WFH.

2. Kamu tidak mengeluhkan meeting online

© Freepik

WFH memiliki beberapa kekurangan. Di antaranya, kamu tidak dapat melakukan meeting tatap muka dengan rekan kerja atau klienmu.

Bekerja dari rumah membuat hampir semua hal menjadi digital, termasuk meeting. Sayangnya, ketika meeting online kamu harus membatasi diri dalam berdiskusi agar tagihan listrik dan internet tidak membengkak.

Hal ini membuat banyak hal-hal kecil namun penting yang luput dari diskusi.

Akan tetapi, bagi sebagian orang, meeting melalui online lebih nyaman. Pasalnya, tidak ada tekanan untuk harus berbicara di depan orang banyak secara langsung.

Forbes menyebutkan, kamu dapat mengevaluasi bagaimana kondisi kerjamu mempengaruhi hubunganmu dengan atasan dan rekan kerja setelah menjalani WFH selama beberapa bulan.

Apakah hubungan kamu dengan rekan kerja menjadi lebih dekat selama WFH? Apa yang telah membantu kamu merasa terhubung dengan rekan satu tim kamu?

Kamu mungkin tidak akan mengeluhkan masalah-masalah komunikasi seperti ini jika kamu merasa nyaman bekerja dari rumah.

Jika kamu mengalami hal ini, tandanya kamu mulai nyaman WFH.

3. Kamu bisa menyeimbangkan pekerjaan rumah dengan urusan pekerjaan

© Freepik.com

Ketika bekerja dari rumah, kamu tidak hanya terfokus pada pekerjaanmu, tetapi juga pekerjaan rumahmu. Hal itu meliputi membersihkan rumah, mencuci baju, hingga memasak makananmu sendiri.

Bagi sebagian orang, ini adalah tantangan karena tidak ada batasan antara waktu untuk bekerja dan waktu untuk pribadi selama bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah membuat kamu tidak perlu terikat dengan formalitas yang ada di kantor. Kamu tidak perlu mengenakan baju kerja yang formal, bahkan mengenakan makeup.

Ketiadaan formalitas ini juga memungkinkan kamu bekerja sembari mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Kamu bisa menerima telepon sembari memasak, atau mengerjakan pekerjaan sambil menghabiskan makan siang.

Kalau kamu bisa menyeimbangkan waktu pekerjaan dan waktu pribadi selama bekerja dari rumah, berarti itu tandanya kamu sudah mulai nyaman melakukan WFH.

Bekerja dari rumah memang menjadi tantangan tersendiri, terutama ketika pertama kali menjalaninya. Kamu harus dapat mengatur waktumu dengan baik agar pekerjaanmu tidak terbengkalai.

Kamu bisa berbagi dan bertanya tentang suasana selama WFH dengan sesama pengguna di Glints Komunitas.

Di sana, ada pengguna dan profesional yang akan jadi teman tanya-jawabmu tentang kondisi selama kerja di rumah.

Yuk, gabung sekarang!

Sumber

    Who is the happiest working from home? Here’s what latest jobs market data says

    3 Signs You’d Be Happy Working From Home Forever

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”