Ini Dia Aneka Cara Agar Rambut Tidak Kering dan Rontok

ulinulin.com – Rambut adalah mahkota kecantikan wanita. Rambut membuat wanita lebih terlihat anggun, cantik, feminim, dan menawan. Karena itu para kaum wanita senang merawat rambut mereka agar tampak lebih menarik terutama di depan lawan jenis. Tapi ada beberapa masalah yang terjadi pada rambut, salah satunya rambut kering dan rontok. Maka dari itu para wanita harus mengetahui cara agar rambut tidak kering dan rontok tersebut.

Apa itu rambut kering?

Rambut kering terjadi ketika kelenjar minyak pada kulit kepala tidak memproduksi minyak sebagaimana mestinya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor internal seperti pembentukan hormon dan bisa juga karena jenis rambutnya sendiri.

Pengaruh dari luar tubuh yang menyebabkan rambut kering pun juga ada, misalnya pewarnaan rambut yang menggunakan bahan-bahan kimia atau seringnya rambut terkena sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama.

Mengeringkan rambut dengan cara yang salah dan berlebihan juga dapat menyebabkan rambut kering. Contohnya adalah menggunakan hair dryer ketika rambut masih dalam keadaan basah, penggunaan hair dryer dengan suhu yang terlalu panas, dan jarak rambut yang terlalu dekat ketika mengeringkannya.

Terlalu sering berkeramas juga tidak baik bagi rambut. Kenapa? karena terlalu sering berkeramas akan menyebabkan kandungan minyak hilang, dan rambut akan semakin pecah-pecah dan kering. Rambut kering akan menyebabkan hilangnya kilau dan kesegaran rambut, dan juga dapat membuatnya mudah mengalami kerontokan.

Bagaimana cara agar rambut tidak kering?

Nah, jika Anda memiliki masalah rambut kering dan rontok akibat tindakan-tindakan di atas, maka kini Saya akan mengulas beberapa cara agar rambut tidak kering. Cara-cara ini sangatlah mudah dan dapat dilakukan tanpa memerlukan biaya yang mahal.

    Jangan terlalu sering mencuci rambut

Yang pertama dan amat sangatlah mudah untuk dilakukan yaitu jangan terlalu sering mencuci rambut. Seperti yang saya katakan sebelumnya, hal ini bertujuan agar kandungan minyak tidak hilang dengan cepat. Cukup cuci rambut Anda 3 hari sekali agar tetap bersih dan segar.

    Sisirlah rambut anda dengan benar

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, padahal ada dampak yang dapat terjadi jika menyisir secara asal atau kasar. Salah-salah rambut pun bisa kusut dan patah, terlebih lagi jika rambut Anda masih dalam keadaan basah.

Oleh karena itu, tunggu sampai rambut Anda kering sebelum menyisirnya. Anda juga bisa menggunakan handuk untuk mengeringkannya terlebih dahulu secara perlahan. Setelah itu barulah sisir rambut dengan baik dan benar.

    Gunakan alpukat dan jeruk nipis

Alpukat banyak mengandung karetonoid, vitamin B1, vitamin B2, sumber protein dan nutrisi, karena itu Alpukat dapat membantu meremajakan dan melembabkan kulit kepala. Cara penggunaanya? ambil daging buah alpukat lalu haluskan sampai halus seperti pasta.

Setelah itu, oleskan alpukat yang sudah halus tersebut ke seluruh bagian rambut mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan seminggu dua atau tiga kali.

Jeruk nipis juga berkhasiat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit kepala, dan juga dapat membuat rambut sehat berkilau. Caranya yaitu pijat kulit kepala secara perlahan dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, tunggu sampai 30 menit, kemudian bersihkan rambut dengan cara keramas.

    Gunakan ramuan madu

Selain ramuan di atas, Anda juga bisa menggunakan madu untuk merawat rambut kering. Caranya sangat mudah, cukup pijat rambut Anda dengan setengah cangkir madu selama 20 menit. Setelah itu bersihkan rambut Anda dengan air hangat. Lakukan aktivitas ini setiap sebulan sekali.

Untuk memudahkan proses pemijatan, Anda juga bisa mencampurkan madu tersebut dengan 1 atau 2 sendok makan minyak zaitun. Ramuan madu ini juga bisa dicampurkan dengan bahan kaya protein seperti alpukat dan kuning telur jika rambut Anda sudah benar-benar rusak.

    Jangan mengikat rambut saat tidur

Mengapa? karena hal ini akan membuat akar rambut tidak dapat bernapas dengan baik. Bebaskan rambut pada saat anda hendak tidur. Hindari mengikat rambut terlalu kencang terlebih lagi jika dalam keadaan berkeringat. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut agar tidak berbau dan resiko patah pada rambut.

    Jangan berkeramas menggunakan air panas

Boleh-boleh saja jika ingin berkeramas dengan air hangat. Namun, jangan menggunakan air hangat yang suhunya mendekati panas. Hal ini menyebabkan rambut kehilangan nutrisinya dan membuat rambut semakin kering serta mudah rontok. Cukup sebulan sekali berkeramas dengan air hangat. Hal yang lebih baik adalah berkeramas dengan air yang biasa.

    Hindari menggunakan sisir yang giginya terlalu rapat

Menyisir rambut adalah tindakan yang sering dilakukan pada rambut, untuk itu Anda pun harus memperhatikan sisir yang Anda gunakan. Sisir rambut yang giginya terlalu rapat lebih mudah menyebabkan rontok pada rambut terlebih lagi jika Anda menyisir rambut dalam keadaan basah. Usahakan menggunakan sisir yang bergigi jarang agar rambut tidak mudah rontok dan rapuh.

    Hindari menggaruk kulit kepala saat keramas maupun gatal

Kenapa? karena dikahawatirkan akan membuat kulit kepala iritasi dan bahkan menyebabkan rasa perih. Jika kulit kepala iritasi akan mengurangi kelembaban alami rambut yang dihasilkan oleh kulit kepala. Sebisa mungkin pijat lembut saja jika terasa gatal pada kulit kepala maupun saat keramas.

    Seringlah pijat kulit kepala saat dicuci dan disisir

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”