Ini Dia Cara Membersihkan Komedo Hitam yang Paling Ampuh

ulinulin.com – Untuk para remaja wanita khusunya atau pun bagi yang sangat memperhatikan kebersihan wajahnya, adanya komedo merupakan pengganggu. Karena munculnya bintik-bintik hitam di sekitar hidung, bisa saja menyebabkan kurang percaya diri. Maka dari itu, cara membersihkan komedo sangat wajib untuk diketahui.

Komedo merupakan kotoran yang menyumbat di pori-pori. Sel-sel kulit mati yang menumpuk atau pun minyak berlebih merupakan salah satu penyebab terjadinya komedo. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu malas membersihkan wajah.

Jangan biarkan komedo mengganggu penampilanmu. Kamini akan membagikan berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan komedo hitam di hidung, T-Zone, dan area wajah lainnya.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam yang Optimal

Dewasa ini memang sudah banyak produk penghilang komedo instant seperti comedo exctractor, pore strip, bahkan sudah banyak pula alat penyedot komedo berbentuk vakum. Alat-alat ini memang secara instan dapat mengambil komedo dari pori-pori, plus memberikan satisfaction tersendiri.

Akan tetapi, alat-alat tersebut sebenarnya tak cukup baik apabila terlalu sering digunakan sebagai jalan keluar permasalahan komedo. Selain kemungkinan menyebabkan iritasi, bila tidak digunakan dengan tepat, ala-alat ini tidak akan sempurna mengangkat semua kotoran dan minyak penyumbat pori.

Contohnya saja pore strip, produk ini memang secara instan mengangkat komedo. Namun ternyata pore strip tidak bekerja maksimal menghilangkan komedo hingga pori terdalam. Sehingga ada kemungkinan komedo akan muncul kembali dengan mudah setelah pengguaannya. Pore strip yang terlalu kencang juga akan beresiko mengangkat minyak esensial dan rambut halus pada kulit yang berfungsi sebagai pelindung.

Tapi jangan khawatir, Kamini memiliki beberapa opsi cara membersihkan komedo tanpa menggunakan phsycal tools saja. Karena itu, jangan sampai melewatkan pembahasan berikut, ya!

1. Lelehkan Komedo

Penggunaan pshysical tools sendiri dalam menghilangkan komedo sebaiknya tidak dijadikan opsi utama. Tapi jangan khawatir, kini sudah banyak skincare enthusiast yang menganjurkan cara lain yang lebih aman dan optimal dalam membersihkan komedo. Salah satunya yaitu ‘melelehkan komedo’.

Cara ini sebenarnya sangat mudah karena cukup menggunakan cleansing oil saja sebagai bahan utamanya. Tapi bila dilakukan secara konsisten, metode ini dapat membersihkan komedo secara optimal hingga pori terdalam dan cukup aman untuk dilakukan siapapun. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam melelehkan komedo.

    Longgarkan Sumbatan Pori-Pori

Langkah pertama dalam metode melelahkan komedo adalah dengan melonggarkan sumbatan pada pori. Caranya yaitu cukup dengan menggunakan kapas yang telah direndam pada air hangat, kemudian ditempelkan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan beberapa saat, lalu angkat kapas tersebut.

Kebanyakan orang beranggapan bahwa mengusapkan air hangat pada wajah berfungsi untuk membuka pori-pori. Well, alasan sebenarnya pengguaan air hangat ini adalah untuk melonggarkan sumbatan kotoran dan minyak pada pori-pori. Karena sudah terbukti secara ilmiah pori-pori tak bisa membuka ataupun menutup. Namun, melongarkan sumbatan pada pori-pori dengan air panas dapat membantu proses pembersihan pori menjadi lebih optimal.

    Gunakan Cleansing Oil

Inilah langkah highlight dari metode melehkan komedo, yaitu menggunakan cleansing oil. Sesuai dengan namanya, cleansing oil yang mana berbentuk minyak akan sangat mudah melelehkan komedo yang juga sebagaian besar merupakan sebum atau minyak. Dan, ya, minyak akan lebih mudah bercampur dengan minyak juga dibandingkan dengan air. Inilah yang mendasari metode ini sangat efektif dalam membersihkan komedo hingga bagian dalam pori.

Oleskan cleansing oil pada daerah berkomedo. Tunggu beberapa saat, lalu lakukan pijatan lembut pada daerah-daerah tersebut. Kemudian bersihkan menggunakan spons pembersih atau kapas yang telah direndam air hangat. Kamu juga bisa hanya mengulaskan air panas pada wajah menggunakan tangan bila spons ataupun kapas tidak ada. Usahakan tangan dalam keadaan bersih dan steril, ya.

    Bersihkan Kelebihan Minyak

Setelah melelehkan komedo dengan cleansing oil, jangan lupa untuk membersihkan kelebihan minyak yang masih berada di dalam pori-pori untuk hasil yang lebih optimal. Kamu dapat menggunakan masker berbahan charcoal pada langkah ini. Charcoal bersifat sangat baik dalam menyerap minyak. Inilah mengapa kebanyakan masker charcoal sangat baik digunakan untuk masalah kulit berminyak.

Gunakan masker charcoal pada seluruh wajah, utamanya pada daerah berkomedo. Diamkan beberapa saat hingga mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Usahakan masker charcoal yang digunakan bukan berjenis peel-off agar tidak membuat kulit terlalu kering setelahnya.

    Pulihkan Keadaan kulit

Setelah melalui berbagai langkah dalam metode melelehkan komedo, kembalikan kondisi kulit menggunakan gentle toner. Langkah ini sangat berguna untuk menenangkan kembali kulit dan mengembalikan kondisi kulit. Langkah ini juga bertujuan untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit.

Gunakan gentle toner yang dituangkan pada 4-5 lembar kapas. Lalu tempelkan kapas-kapas tersebut pada daerah komedo dan area kulit yang cenderung sensitif. Lebih baik lagi apabila kamu mendinginkan kapas yang sudah dituang toner tadi ke dalam kulkas terlebih dahulu untuk efek soothing yang optimal.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”