Ini dia resep ayam rica-rica khas Manado, pedesnya nendang banget

ulinulin.com

Manado dikenal dengan ciri khas makanan yang memiliki citarasa pedas. Selain pedas, ciri khas makanan lainnya adalah kaya akan bumbu dan rempah sehingga rasanya gurih dan segar. Salah satunya adalah ayam Rica-rica khas Manado.

Rasa pedas dan aroma wangi dari kemangi pada ayam rica-rica tersebut dapat memanjakan lidah. Variasi cara memasak ayam dengan olahan bumbu rica-rica yang lezat khas Manado ini, sangat populer di Tanah Air, tidak hanya di Sulawesi, tetapi juga disukai hingga ke pulau Jawa dan daerah nusantara lainnya.

Nah, daripada jauh-jauh ke Manado, yuk bikin sendiri ayam rica-rica khas Manado yang tak kalah yahud. Berikut ini resep cara membuatnya.

Bahan Bumbu:

5 Buah Cabe Merah Keriting4 Siung Bawang Merah3 Buah Cabe Rawit Merah3 Siung Bawang Putih2 Butir KemiriJahe potong 1 cmKunyit potong 1 cmLengkuas potong 1 cm1 Batang Serai (potong pendek)

Bahan:

1/2 Ekor Ayam (potong jadi empat)1 sdt Garam1 sdt Gula1 Batang Daun Bawang (iris halus)1 Buah Jeruk nipis (ambil airnya)5 Sdm Minyak goreng5 Lembar Daun Jeruk1 Lembar Daun Pandan400 ml Air1 Ikat Daun Kemangi (buang batangnya)

Cara membuat:

1. Blender sampai halus semua bumbu.

2. Panaskan wajan, dan masukkan semua bumbu ke dalam minyak yang sudah panas.

3. Aduk-aduk, masukkan daun jeruk, daun pandan. Campur hingga merata.

4. Masukkan potongan ayam, aduk hingga semua bumbu melapisi bagian daging ayamnya. Masukkan air, masak hingga mendidih. Masukkan Garam, gula, masak kembali hingga air asat. Tuang air jeruk nipis, irisan daun bawang dan daun kemangi. Aduk-aduk hingga tercampur semua.

5. Angkat dan sajikan. Rica-rica ayam khas Manado siap disantap.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website briliofood.net. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”