Ini Fungsi Kaca Film Selain Menolak Panas Matahari

ulinulin.com

Kaca film bukan produk bawaan dari produsen mobil, melainkan produk aksesories. Namun keberadaannya benar-benar sangat penting bahkan bisa dikatakan ‘wajib’. Kaca film memberi pelindungan pada kabin mobil dari terpaan panas sinar matahari sehingga tetap terasa sejuk. Pengendara juga bakal merasa lebih nyaman dan tak perlu lagi mencari penutup kepala atau penutup tubuh untuk menangkal sorot sinar matahari. Lalu adakah fungsi kaca film lain selain bikin adem kabin?

Dengan kaca film, mobil tampil beda dan eksklusif

Menurut Sales & Marketing Manager PT. Jaya Kreasi Indonesia, distributor kaca film LLumar, Herrys Winata, fungsi kaca film tak sekadar melindungi dari paparan sinar UV matahari. Namun ada banyak fungsi lain bahkan tidak kalah penting karena berhubungan dengan kondisi mobil dan keselamatan.

1. Bikin adem kabin

Kaca film melindungi kabin dari paparan UV sinar matahari langsung. Ini adalah fungsi utama seperti dijelaskan di atas. Tanpa dipasang kaca film bisa dibayangkan betapa tersiksanya para penumpang saat mobil berada di bawah terik matahari. Meski AC dinyalakan, itu tidak akan cukup untuk menghilangkan rasa panas yang masuk ke dalam kabin.

2. Melindungi kaca dari goresan dan retakan

Permasalahan paling umum terjadi pada kaca mobil adalah kusam, baret dan retak. Sudah pasti hal ini membuat mobil tidak sedap dipandang. Dengan dipasang kaca film, kaca mobil bakal tetap mulus dan nilai jual mobil tetap tinggi. Sedangkan untuk retakan, kaca mobil berisiko pecah saat kendaraan sedang berjalan. Dengan dipasang kaca film saat kaca mobil pecah oleh sebuah insiden tidak akan langsung menyemburat ke arah pengemudi maupun penumpang karena melekat di kaca film.

“Selain untuk melindungi dari paparan sinar UV, teknologi kaca film saat ini sudah mampu meminimalisir terjadinya keretakan pada kaca, seperti pada Stratos Series,” tutur kata Herry di sela-sela peluncuran kaca film LLumar Stratos Series di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019, ICE, BSD, Tangerang, Sabtu (20/7/2019).

3. Menjaga privasi dan mengurangi risiko kejahatan

Fungsi kaca film bikin kabin terasa sejuk

Kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu memberi perlindungan privasi kepada para penumpang. Karena bagian dalam mobil tidak terlihat dari luar, mereka bebas beraktivitas seperti makan, tidur, ngobrol atau mungkin sedang bercanda bersama keluarga. Kaca film juga membuat barang-barang di dalam mobil tidak terlihat dari luar sehingga mengurangi risiko kejahatan orang-orang tidak bertanggung jawab.

4. Bikin tampilan lebih menarik

Pemasangan kaca film yang sesuai dengan warna dan karakter mobil membuat tampilan lebih menarik dibanding saat masih polosan. Selain itu juga ada nilai eksklusive, terlebih jika kaca film yang dipasang adalah merek terkenal dan mendunia.

Kaca film LLumar Stratos Series sendiri menurut Herry Winata, adalah kaca film Double Nano Ceramic yang terbuat dari bahan Hybrid Matrix Technology. Teknologi ini memberi perlindungan sangat maksimum dalam menolak panas matahari serta menjaga kaca mobil tetap mulus. “Cukup satu material kaca film mampu memberikan dua fungsi sekaligus, untuk keamanan sekaligus sebagai penolak panas matahari,” tutur Herry.

Kaca film LLumar Stratos Series dibuat dengan teknologi canggih untuk menghasilkan fungsi perlindungan yang maksimal

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”