Ini Komponen yang Harus Diperhatikan Saat Merawat Radiator Mobil

ulinulin.com

Radiator memiliki peranan penting pada mekanisme komponen mobil. Karena fungsi radiator adalah untuk sistem pendinginan mesin sehingga mesin terus bekerja optimal. Bila radiator bermasalah, maka sistem pendinginan mesin juga ikut bermasalah. Akibatnya mesin jadi terlalu panas dan tidak sanggup lagi bekerja.

Untuk itulah merawat radiator mobil sangat diperlukan. Minimal setiap 30.000 km sekali agar kondisi radiator tetap terjaga. Selain itu setiap sebelum beraktifitas, ada baiknya Anda juga memperhatikan kondisi komponen-komponen pada radiator.

1. Tabung Reservoir

Tambahkan air radiator jika kurang dari batas maksimum

Sebelum berkendara, cara merawat radiator mobil paling mudah adalah dengan melakukan pengecekan tabung reservoir atau tabung air cadangan radiator. Jangan sampai air pada tabung kurang dari batas maksimum. Namun ketika mengisi air radiator pada tabung reservoir, jangan sampai air terisi penuh hingga ke bibir tabung. Karena kondisi ini akan berakibat air tidak bisa bersirkulasi pada saat panas.

2. Selang Radiator

Ganti selang radiator jika sudah retak

Komponen pada radiator lainnya yang perlu mendapat pengecekan adalah bagian selang radiator. Jika selang sudah keras atau tidak lagi lentur dan muncul retak-retak, sebaiknya langsung segera ganti. Karena dikhawatirkan suatu saat selang akan pecah dan air radiator yang sedang panas tumpah serta mengenai komponen mobil lainnya.

3. Tutup Radiator

Perhatikan karet-karet pada tutup radiator

Merawat radiator mobil sehari-hari juga bisa dengan memperhatikan kondisi tutup radiator. Selalu cek kondisi bagian penutup ini saat radiator masih dalam keadaan dingin, yaitu ketika mobil belum di hidupkan. Perhatikan kondisi karet-karet pada bagian tutup radiator. Jika karet sudah mulai pecah atau getas, sebaiknya ganti bagian ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”