Ini Lho Fungsi Tuas Pada kaca Spion Tengah Mobil Anda

ulinulin.com

Mungkin banyak yang belum sadar bahwa pada kaca spion tengah, terdapat tuas di bagian bawahnya. Sehingga, banyak pemilik mobil yang belum memaksimalkan fitur tersebut. Bahkan tak jarang para pengemudi wanita yang menggunakannya saat ingin berdandan di dalam mobil atau untuk sekedar memantau kondisi interior belakang. Selain itu banyak pula menganggapnya hanya sekedar pajangan atau menutupinya dengan berbagai pemasangan aksesoris atau pewangi kabin yang digantung pada kaca spion.

Tuas pada bagian bawah kaca spion memungkinkan Anda untuk mengatur arah pantulan saat berkendara di malam hari

Padahal, keberadaan tuas pada kaca spion tengah ini berfungsi penting saat berkendara di malam hari. “Fungsinya untuk mengatur posisi kaca spion saat mengemudi malam hari atau saat gelap, karena biasanya rentan merasa silau akibat pancaran dari lampu mobil di belakang. Untuk mengurangi efek silau tersebut, pengemudi cukup menekan bagian tuasnya dan kaca spion pun langsung berubah posisi ke arah bawah,” ujar Yusuf dari Astrido Toyota Pondok Gede, Bekasi. Meski berubah posisi, Anda tetap bisa memantau kondisi lalu lintas di belakang Anda secara optimal tanpa harus takut silau lagi.

Ketika ditekan, maka posisi kaca spion otomatis akan sedikit turun ke bawah sehingga terhindar dari silau

Dengan kehadiran tuas pengaturan ini, Anda tak perlu lagi repot mengatur posisi kaca spion agar tak menyilaukan pandangan. Selain lebih praktis juga aman ketika berkendara pada malam hari. Namun pada beberapa mobil, fungsi tuas ini digantikan oleh fitur yang dikenal dengan nama auto dimming rear view mirror. Teknologi ini menggunakan sebuah sensor yang dipasangkan pada bagian tengah kaca spion. fungsi sensor ini akan secara otomatis mengatur pantulan saat terkena sinar terang dari arah belakang. Sehingga Anda tetap bisa dengan jelas memantau keadaan belakang mobil dengan nyaman.

Fitur auto dimming pada mobil modern menggunakan sensor yang dapat mengatur pantulan cahaya pada kaca spion

Untuk memaksimalkan fungsi kaca spion tengah, sebaiknya Anda tidak memasangkan aksesoris atau pengharum kabin dengan cara menggantungnya di kaca. Selain itu, jika ingin mengatur posisi kaca spion, baik yang tengah maupun di samping, lakukanlah disaat sebelum berkendara, sehingga kemungkinan untuk kehilangan konsentrasi pun bisa dicegah. Atur posisi kaca spion dengan arah yang tepat, yakni yang mampu memberikan arah pantauan yang luas ke arah belakang.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”