Ini Solusi Hilangkan Embun di Kaca Mobil

ulinulin.com

Walau terlihat tidak begitu penting, embun pada kaca mobil bisa membahayakan keselamatan Anda ketika berkendara. Selain bisa mengurangi jarak pandang ketika berkendara, embun bisa menimbulkan kerak air pada permukaan kaca mobil.

Dilansir dari Auto2000, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Mau tau lebih jauh? Simak tips di bawah ini.

Anda bisa gunakan sampo rambut untuk atasi embun di kaca mobil

Pertama Anda bisa menyalakan AC. Seperti yang sudah kita ketahui suhu AC yang terlalu dingin bisa menyebabkan kaca berembun. Tetapi yang harus Anda ketahui juga solusinya bukanlah mematikan AC. Tetapi sebaliknya, disarankan untuk menyalakan AC untuk menghilangkan embun pada kaca mobil. Terlebih saat hujan dan udara dingin. Anda bisa mengatur suhu AC dan disesuaikan dengan kondisi di luar.

Kedua aktifkan defogger. Anda bisa menemukan defogger di bagian belakang kaca mobil dengan garis-garis kawat tipis sebagai kondensator panas, baik vertikal maupun horizontal. Adanya defogger ini sangat membantu ketika Anda ingin menghilangkan embun di kaca belakang. Sehingga pandangan mengemudi Anda semakin baik. Untuk mengaktifkan defogger, cukup menekan tombol bergambar tiga panah melengkung yang ada di dashboard kendaraan Anda.

Manfaatkan juga defogger untuk hilangkan embun di kaca mobil belakang

Ketiga oleskan kaca dengan sampo rambut. Cara ini bisa Anda gunakan sebelum berkendara. Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca mobil menjadi terjaga.

Keempat gunakan tembakau. Selain sampo ternyata tembakau bisa menghilangkan embun pada kaca mobil ketika hujan. Hal ini bisa terjadi karena kandungan nikotin pada tembakau diyakini bisa menyerap uap air dan mencegah terjadinya embun pada kaca mobil. Namun, berhati-hatilah dalam mengoleskannya agar kaca mobil tidak tergores oleh campuran potongan cengkeh yang tidak sengaja ikut tercampur. Anda bisa mengoleskannya secara berlahan dan halus.

Terakhir Anda bisa gunakan cairan anti kabut. Anda bisa membeli produk cairan anti kabut atau defogger di toko perlengkapan mobil. Setelahnya, cukup menyemprotkan cairan anti kabut ke kaca bagian dalam, diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dengan gerakkan searah selama beberapa kali.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”