Ini Waktu yang Tepat Ganti Oli Kalau Mobil Jarang Dipakai

ulinulin.com

Siapa bilang mobil jarang dipakai tidak butuh perhatian. Bahkan jika mobil tidak pernah digunakan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan secara rutin. Ini untuk menjaga mesin tetap bekerja seperti seharusnya.

Meskipun jarang atau mungkin tidak pernah digunakan, mobil yang disimpan di garasi juga butuh perhatian. Termasuk masalah ganti oli. Tentunya ada alat ukur tersendiri saat akan menentukan waktu yang tepat ganti oli jika mobil tersebut jarang dipakai.

1. Bukan dari Jarak Tempuh

Lakukan ganti oli secara berkala walau mobil tidak pernah dipakai

Interval penggantian oli mesin tentunya berpatokan pada jarak tempuh mobil tersebut. Misalnya 5.000 kilometer sampai 10.000 kilometer. Lalu bagaimana jika mobil jarang dipakai. Pastinya jarak tempuhnya amat sedikit.

Untuk menetukan kapan waktu yang tepat ganti oli pada mobil yang jarang dijalankan adalah dengan memperhatikan waktu. Tentukan berapa lama mobil tersebut disimpan di garasi saat pertama kali ganti oli. Tetapkan setiap 6-12 bulan, oli tersebut diganti lagi walau mobil hanya dijalankan beberapa kali direntang waktu tersebut.

2. Cara Merawat Mesin Mobil yang Jarang Digunakan

Selalu panaskan mesin mobil setiap hari

Selain ganti oli secara berkala, jika mobil jarang dipakai juga perlu mendapat perawatan. Paling mudah adalah selalu panaskan mesin mobil setiap hari. Jangka waktunya cukup 10-15 menit, dan jangan lupa nyalakan juga AC mobilnya.

Selain memperhatikan waktu yang tepat ganti oli, kalau mobil yang tidak digunakan lebih dari sepekan, sebaiknya dilepas kabel akinya. Ini guna menghindari aki soak akibat mesin mobil tidak pernah dipanaskan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”