Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Berkendara Membawa Hewan Peliharaan

ulinulin.com

Bagi Anda pemilik hewan peliharaan kerap kali tidak tega jika harus meninggalkan hewan peliharaan Anda sendiri di dalam rumah dalam waktu yang lama. Sekalipun sebenarnya Anda memiliki opsi menitipkan hewan peliharaan Anda di tempat penitipan yang dianggap aman.

Membawa hewan peliharaan di dalam mobil membutuhkan persiapan khusus

Meski begitu, tidak jarang pemilik hewan peliharaan tidak berani membawa hewan kesayangannya itu bepergian dengan mobil karena berbagai alasan. Meski begitu, membawa hewan peliharaan saat sedang mengendarai mobil tidak lagi menjadi hal yang tak mungkin untuk dilakukan.

Jika Anda ingin membawa hewan kesayangan Anda ke dalam mobil ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan Anda dan juga hewan peliharaan. Berikut tips yang bisa Anda praktikan berkendara membawa hewan peliharaan.

Langkah awal yang bisa Anda lakukan sering latihlah hewan peliharaan Anda sebelum melakukan perjalan. Biasakan hewan peliharaan Anda masuk ke dalam kabin mobil dan berkendaralah dalam jarak yang dekat, perlahan tambahkan jarak tempuh perjalanan sehingga hewan peliharaan Anda terbiasa berada di dalam kabin mobil.

Jangan biarkan kaca terbuka ketika Anda membawa hewan peliharaan ke dalam mobil

Langkah kedua ketika berkendara membawa hewan peliharaan siapkanlah tempat khusus untuk hewan peliharaan Anda. Sama halnya ketika Anda memiliki seorang bayi, hewan peliharaan juga sebaiknya memiliki tempat khusus di dalam mobil Anda, misalnya pet carrier. Melalui tempat khusus tersebut, hewan peliharaan Anda akan leluasa untuk berdiri, duduk, berbaring bahkan berputar-putar. Selain itu bawa juga Traveling Kit serta mainan dan bantal favoritnya untuk menjaga kenyamanan peliharaan selama perjalanan.

Langkah ketiga bawa juga air yang biasa dikonsumsi oleh hewan peliharaan Anda. Bawalah air dari rumah, jangan memberikan air dari keran dari daerah tempat perjalanan Anda. Jika hewan peliharaan Anda tidak terbiasa dengan air yang belum pernah dikonsumsi sebelumnya, bisa membahayakan kesehatan hewan kesayangan Anda.

Langkah keempat tutup jendela kendaraan Anda. Jangan biarkan hewan peliharaan Anda mengeluarkan kepalanya dari jendela. Tutup jendela di dekat si hewan peliharaan supaya dia tidak tergoda mengeluarkan kepalanya karena itu berbahaya.

Terakhir siapkan pengaman khusus ketika berkendara membawa hewan peliharaan. Gerakan tidak terduga bisa dilakukan hewan peliharaan Anda karena kaget akibat kondisi jalan yang tidak mulus. Maka dari itu Anda harus pastikan hewan peliharaan Anda berada di dalam pet carrier atau menggunakan harness yang terkunci di seat buckle.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”