Ini yang Harus Anda Perhatikan Saat Baru Belajar Mobil

ulinulin.com

Menjadi pengguna jalan raya yang baik merupakan keharusan bagi semua pengguna jalan raya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan dari terjadi kejadian kecelakaan. Apa lagi Anda baru belajar mengendarai mobil. Berikut tips dilansir dari Gardaoto yang bisa Anda praktikan berkendara saat baru belajar mengendarai mobil.

Konsentrasilah ketika Anda sedang berkendara

Pertama periksa kendaraan Anda, hal ini wajib dilakukan sebelum melakukan perjalanan, selain itu Anda perlu memperhatikan perlengkapan apa saja yang Anda bawa. Anda harus melakukan pengecekan mesin, tekanan angin ban, dan juga pengecekan alat-alat wajib yang harus ada di dalam mobil saat baru belajar mobil.

Kedua atur posisi mengemudi, mengetahui posisi kursi yang sesuai dengan kenyamanan Anda saat berkendara merupakan hal yang cukup penting. Aturlah posisi kursi Anda senyaman mungkin, agar saat melakukan perjalanan Anda tidak mengalami keram atau pegal-pegal. Apalagi perjalanan yang Anda lakukan cukup jauh.

Ketiga gunakan sabuk pengaman, hali ini berfungsi untuk melindungi Anda ketika terjadi benturan dan berfungsi untuk menahan tubuh Anda agar tidak terlempar. Bila hal ini tidak Anda lakukan, jika terjadi kecelakaan bisa dipastikan Anda akan mengalami cedera yang cukup parah.

Selanjutnya mengikuti aturan lalu lintas, sebagai pengendara yang baik tentunya Anda harus mengikuti aturan lalu lintas. Demi keselamatan diri Anda dan orang lain, alangkah baiknya Anda mengikuti aturan yang ada.

Kelima atur kecepatan berkendara, mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi memang diperbolehkan, tetapi Anda perlu memperhatikan kondisi jalan dan keselamatan orang lain. Sebabnya Anda perlu menyesuaikan kecepatan agar tidak melukai orang lain.

Sebagai pengedara mobil pemula jangan coba-coba makan di dalam mobil karena membahayakan!

Keenam perhatian kaca spion, sesekali Anda perlu melihat kaca spion menjadi tips yang tak kalah penting saat baru belajar mobil. Anda perlukan memperhatikan kendaraan di belakang Anda, sehingga Anda perlu memastikan sudah berada di posisi yang pas saat akan berbelok atau saat di persimpangan.

Ketujuh menggunakan lajur kanan saat akan menyalip, aturan ini sudah ditetapkan sehingga pengendara yang hendak menyalip diharuskan untuk menggunakan jalur kanan. Tujuan utamanya adalah untuk mengatur arus kendaraan di jalan raya agar terhindar dari kecelakaan dan juga untuk menghindari kemacetan.

Kedelapan hindari penggunaan smartphone saat baru belajar mobil, menggunakan smartphone saat berkendara merupakan hal yang sangat berbahaya, karena fokus Anda akan terpecah dan Anda menjadi tidak fokus di jalan. Bila memang dalam keadaan penting, sebaiknya menepi terlebih dahulu barulah Anda bisa menggunakan smartphone.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”