Inilah Alasannya Mengapa Mobil Terbakar Ketika Kecelakaan Beruntun di Cipularang

ulinulin.com

Berita mengejutkan kembali datang dari ruas Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang). Senin (2/09/2019) kecelakaan beruntun di Cipularang terjadi pada ruas jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta dengan beberapa kota di Jawa Barat itu.

Tragisnya, selain menghancurkan banyak mobil dan menelan korban jiwa, sejumlah mobil yang menjadi korban kecelakaan beruntun tersebut juga ikut terbakar. Lalu mengapa sebuah mobil terbakar ketika kecelakaan?

1. Korsleting

Kabel-kabel di ruang mesin bisa sebabkan korsleting

Seperti kita ketahui, mobil juga memiliki aliran listrik. Nah kebakaran bisa terjadi akibat korsleting alias hubungan pendek arus listrik. “Saat kejadian, mungkin saja terminal positif aki berbenturan dengan komponen lain atau terhubung dengan kap mesin. Akhirnya terjadi korsleting yang bisa membakar jalur kabel yang ada, dan jalur tersebut berada di dekat area yang mudah terbakar,” jelas Taqwa Surya Swasono, dari bengkel Garden Speed, Jakarta.

Kemudian korsleting bisa juga terjadi ketika ada kabel yang terputus akibat gesekan saat terjadi kecelakaan, kemudian memercikkan sumber api dan membakar benda lain yang mudah terbakar disekitarnya.

2. Bahan Bakar Bocor

Jika tangki atau pipa bocor, bahan bakar akan tumpah

Mobil terbakar ketika kecelakaan lantaran bocornya tangki atau pipa bahan bakar. Ketika mobil bertubrukan, bisa saja pipa atau tangki bahan bakar bengkok, patah, atau bahkan pecah. “Apalagi kalau kecelakaannya saat mobil kecepatan tinggi. Jika bahan bakar sampai bocor dan ada di ruang panas jelas bisa jadi pemicu kebakaran,” jelas Taqwa.

3. Kebocoran Minyak

Minyak rem juga bisa pemicu percikan api

Selain tangki atau pipa bahan bakar, pemicu kebakaran ketika mobil mengalami kecelakaan adalah dari bahan-bahan minyak yang ada di mobil. Misalnya minyak rem atau minyak power steering. Saat benturan terjadi, sangat mungkin tabung penampungan minyak tersebut terkoyak atau bahkan pecah yang menyebabkan minyak tersebut tumpah.

Lelehan atau tetesan minyak inilah jika terkena ruang panas akan memercikan api dan menjadi pemicu kebakaran. Inilah alasan mengapa mobil terbakar ketika kecelakaan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”