Inilah Berbagai Jenis Masker yang Bagus untuk Wajah Anda

ulinulin.com – Masker wajah merupakan rangkaian perawatan kulit yang mudah, murah, serta bisa Anda lakukan di rumah. Ada berapa macam masker yang Anda ketahui? Masker krim, gel, lumpur? Ternyata masker wajah itu ada banyak sekali. Bahkan yang Kamini kumpulkan di sini belum mencangkup semuanya, karena kemajuan teknologi dan kemauan pasar membuat produk skincare seperti masker akan terus berkembang.

Jika dulu Anda biasanya maskeran satu bulan sekali, atau mungkin bisa dua bulan sekali, Kamini sarankan untuk memakainya lebih sering dari sekarang. Kenapa? Karena kita tidak selalu muda, kita akan mulai merasakan tanda penuaan dini di atas usia 25.

Namun, dengan rutin menggunakan masker kita bisa menundanya datang. Sebelum mulai maskeran, Anda harus tahu dulu ada jenis masker apa saja yang dijual di pasaran.

1. Powder Mask

* sumber: www.chicrepublic.me

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pertama ada masker bubuk. Tekstur masker ini seperti bedak. Biasanya masker bubuk merupakan cream mask, charcoal mask, atau clay mask. Kekurangan masker ini adalah, Anda harus membuatnya menjadi pasta terlebih dahulu sebelum bisa dipakai. Berarti Anda harus menyiapkan alas, sendok, kuas, dan media air.

Tapi serunya, Anda bisa menambahkan apa saja sesuai keinginan. Anda bisa menggunakan air biasa, air mawar, toner, serum, atau bahkan gel lidah buaya untuk membuat masker ini jadi pasta. Beberapa contoh masker bubuk adalah Aztec Secret Indian Healing Clay Mask, Spirulina si hijau yang beken banget akhir-akhir ini, dan masker legendaris Saripohatji bedak dingin.

2. Cream Mask

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Masker berbasis krim sangat cocok untuk kulit normal hingga kering, karena dapat memberikan kelembaban, hidrasi, sekaligus melembutkan kulit. Masker ini membuat kulit Anda lebih sehat, lebih plump, dan lebih halus. Jika kulit Anda sangat kering, pilihlah cream mask yang mengandung bahan-bahan seperti AHA, BHA, minyak esensial, dan aneka butter alami.

Beberapa produk cream mask adalah too cool for school Egg Cream Mask, Sisley Paris Black Rose Cream Mask, dan The Body Shop Soothing Rescue Cream Mask. Anda bisa langsung mengaplikasikan cream mask pakai tangan maupun pakai kuas.

3. Gel Mask

* sumber: www.ulta.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Gel mask termasuk di jajaran masker yang sangat populer. Selain banyak dijual di pasaran, teksturnya yang ringan dan efek dinginnya membuat orang-orang suka dengan gel mask. Tipe kulit kering dan sensitif sangat cocok pakai masker ini. Ciri-ciri gel mask adalah dapat diserap dengan cepat oleh kulit karena formulanya enteng dan lembut.

Biasanya gel mask diinfus dengan bahan-bahan yang punya efek adem ke kulit seperti mint, teh hijau, lidah buaya, dan mentimun. Gel mask rekomendasi dari Kamini adalah Peter Thomas Hydrating Cucumber Gel Mask, Freeman Hydrating Water Gel Mask, dan dari brand lokal ada Biokos Deep Cleansing Gel Mask. Mau beli gel mask?

4. Exfoliating Mask

* sumber: www.instyle.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda ingin pembersihan yang benar-benar total, atau ketika kulit kering dan megar-megar, exfoliating mask merupakan pilihan yang paling pas. Masker ini mengandung formula pengelupasan kimia dan mekanik untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga tekstur kulit pun jadi lebih halus. Tapi, masker ini tidak menyebabkan iritasi sama sekali, ya. Jadi Anda tidak perlu takut pakai masker jenis ini.

Terus kalau Anda merasa di pori-pori kulit sudah menumpuk minyak, debu, kotoran, dan sisa makeup, langsung saja pakai exfoliating mask. Soalnya masker ini akan membersihkan semua kotoran dari pori-pori supaya tidak tersumbat. Anda tahu kan kalau pori-pori tersumbat bakal jadi apa? Ya, komedo dan jerawat!

Masker exfoliating ada cukup banyak, rata-rata bentuknya krim dan gel. Ada yang digosok-gosok dulu baru dibilas dan ada juga yang di-peel-off.

Cobalah Tula Probiotic Skin Hydrating Day And Night Cream, Neutrogena Deep Clean Purifying Cooling Gel Scrub, dan The Body Shop Vitamin C Glow Boosting Microdermabrasion Exfoliating Face Scrub. Atau, Anda bisa buat scrub sendiri di rumah dari gula, kopi, atau gandum (oat).

5. Sheet Mask

* sumber: www.sk-ii.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Berasal dari Korea Selatan, sheet mask alias masker lembaran dibuat dari tisu yang dibasahi oleh esens. Kelebihan masker ini adalah sangat praktis, efektif, gampang dipakai, tidak membuat tangan kotor, dan cocok untuk semua jenis kulit. Tapi kalau Anda punya concern tertentu, seperti kulit kering, berminyak, atau sensitif sesuaikan sheet mask dengan masalah kulit Anda, ya.

Yang perlu Anda lakukan cuma menyobek kemasan, membuka tisunya yang terlipat-lipat, lalu pakai di wajah Anda. Kekurangannya sheet mask cuma bisa sekali pakai, jadi agak sayang juga kalau Anda beli yang harganya mahal. Namun Anda bisa menyimpan sisa esens di tempat lain dan menggunakannya sebagai serum.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”