Inilah Cara Memilih Blush On yang Tepat Sesuai Kebutuhan

ulinulin.com – Blush on merupakan makeup yang sangat penting. Foundation tanpa blush on? Datar. Bronzer tanpa blush on? Kotor. Overall makeup tanpa blush on? Hambar. Dengan sapuan blush on, wajah Anda yang tadinya lesu bisa terlihat lebih segar. Blush on bisa membuat wajah terlihat berdimensi atau pun penuh, tergantung di mana Anda membubuhkannya. Itulah kehebatan blush on.

Tapi, untuk memilih blush on yang tepat sesuai kebutuhan agak sulit. Mulai dari tekstur, lalu warna yang cocok untuk kulit Anda, semua harus benar-benar dipikirkan. Dapatkan perona pipi yang paling tepat sesuai kebutuhan Anda dengan mempelajarinya bersama Kamini di sini.

Tekstur

Blush on bisa dikategorikan berdasarkan tekstur. Selama ini Anda pasti familiar dengan blush on powder yang dipadatkan, tapi ternyata tekstur blush on itu ada sangat banyak. Berikut adalah beberapa tekstur blush on yang ada di pasaran.

1. Powder

* sumber: theskincareedit.com

Tekstur blush on yang paling populer adalah pressed powder seperti ini. Blush on pressed powder dapat menyerap minyak berlebih dan tidak akan meluncur keluar dari kulit, makanya cocok untuk semua jenis kulit terutama yang berminyak. Akan tetapi, blush on pressed powder ini bisa “menyelip” ke garis-garis halus dan keriput. Sehingga wajib hukumnya Anda menggunakan primer dan foundation yang tepat sebelum pakai blush on.

2. Cream

Tekstur blush on populer selanjutnya adalah cream. Orang awam mungkin akan mengira ini digunakan sebagai pemerah bibir. Padahal ada blush on yang berbentuk krim. Sebelum memilih formula ini, perhatikan dulu jenis kulit Anda. Jika kulit Anda kering, maka cocok menggunakan blush on cream. Sedangkan jika wajah Anda berminyak, sebaiknya hindari dan gunakan blush on powder saja.

Tapi, terkadang blush on cream digunakan juga sebagai “base” blush on untuk keperluan profesional. Misalnya untuk wedding makeup yang membutuhkan waktu “hidup” yang lama, maka blush on cream digunakan sebagai dasar lalu nanti ditimpa lagi oleh blush on powder saat finishing. Hal ini dikarenakan pigmentasi dan ketahanan blush on cream jauh lebih tinggi dibandingkan blush on bubuk.

4. Baked

* sumber: www.musingsofamuse.com

Sebenarnya baked blush on memiliki tekstur yang sama dengan blush on pressed powder. Hanya saja mereka dibuat dengan cara di-baked alias dipanggang. Entah kenapa tapi hampir semua baked blush on mengandung shimmer di dalamnya. Walaupun ada juga yang hasil akhirnya matte saja. Uniknya, blush on ini bisa digunakan dengan aplikator yang kering maupun basah.

5. Liquid/Stain

Tekstur blush on yang selanjutnya adalah stain. Blush on ini cenderung cair tapi ada juga yang agak creamy. Biasanya produk ini 2-in-1 karena bisa dipakai sebagai lip stain juga. Blush on stain dan gel merupakan yang paling long-lasting dan dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

6. Jelly

* sumber: www.cosmeticproof.com

Blush on jelly atau gel sempat disebutkan di atas. Blush on jenis ini masih sedikit di pasaran. Makanya wajar kalau Anda kurang familiar dengan mereka. Seperti namanya, tekstur blush on ini empuk seperti jelly. Namun lebih mudah dibaurkan daripada blush on stain maupun paint.

7. Paint

Sebenarnya blush on paint bisa dikategorikan dengan liquid atau mungkin cream, tapi terkadang konsistensinya beda sendiri. Seperti namanya, paint, konsistensi blush on ini agak mirip cat air.

Tidak seperti blush on powder yang mudah menghilang, blush on paint lebih water-resistant dan rub-proof juga. Sekali diaplikasikan bisa awet seharian, tidak perlu touch-up.

Kelebihan lainnya dari paint blush on adalah mereka tidak masuk ke pori-pori dan garis halus seperti powder blush on. Blush on paint bekerja layaknya kulit kedua, memberikan warna pada pipi dengan hasil natural. Cocok buat kulit aging.

Bentuk Kemasan

Nah, tadi itu macam-macam blush on berdasarkan tekstur atau konsistensinya. Sekarang mari kita membahas blush on berdasarkan bentuk kemasannya.

1. Single

Banyak sekali blush on yang dikemas dengan kemasan satuan seperti ini. Hal ini memudahkan Anda untuk touch-up, karena tidak perlu repot bawa kemasan blush on yang besar. Anda juga hanya perlu membawa blush on sesuai warna yang dibutuhkan saja. Kekurangannya, ada beberapa produk yang tidak hadir dengan aplikator atau cermin, sehingga Anda harus membawanya secara terpisah.

2. Blush Palette

Kalau Anda menyukai konsistensi atau juga ketahanan dari blush on brand tertentu, dan Anda suka juga dengan shade-shade yang dihadirkan, Anda bisa membeli blush on palette. Banyak brand kosmetik mengeluarkan blush on palette mereka.

Biasanya palet akan dibedakan sesuai tema warna, apakah itu warm, soft, atau bold. Kadang ada yang campuran dari semua itu. Blush on palette lebih praktis jika Anda aktif sebagai MUA atau untuk digunakan di rumah.

3. Cheek Palette

Blush on juga ada yang dikemas dalam satu set yang terdiri dari blush on, highlighter, dan contour. Nama palet ini adalah cheek palette karena semua isinya diperuntukkan pada pipi. Merupakan produk yang cukup praktis, karena dalam satu palet Anda sudah punya semua untuk meng-contour wajah, mewarnai pipi, dan meng-highlight tulang wajah Anda.

4. Face Palette

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”