Inilah Cara Menggunakan Air Mawar yang Benar untuk Kecantikan

ulinulin.com – Sudah pernah mencoba perawatan dengan menggunakan air mawar? Air mawar sendiri berasal dari air yang diambil dari seduhan kelopak bunga mawar. Kamu bisa membuat air mawar sendiri atau membeli produk air mawar siap pakai yang sudah banyak dijual di mana-mana. Namun, bagaimana sih cara menggunakan air mawar yang benar?

Khasiat air mawar untuk kecantikan kulit memang sudah tak perlu diragukan lagi. Air dengan aroma yang harum ini mampu menjadi “skin care” alami untuk kulitmu, lho. Nah, jika saat ini kamu tertarik untuk merawat kulit dengan air mawar, simak panduan cara menggunakan air mawar dari Kamini, yuk!

1. Pembersih Wajah (Cleanser)

* sumber: www.rangeproducts.com.au

Cleanser merupakan skin care yang wajib dimiliki oleh setiap orang, terutama kaum hawa. Bagaimana tidak, cleanser bermanfaat untuk membersihkan kulit wajahmu dari kotoran maupun sisa make up. Nah, kali ini Kamini ingin memperkenalkan fungsi air mawar sebagai pengganti cleanser yang biasa kamu pakai. Jadi, kamu bisa membersihkan wajahmu dengan mengandalkan air mawar.

Untuk membersihkan kulit wajah dengan air mawar caranya tidak sulit kok. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memanfaatkan air mawar sebagai pembersih wajah:

    Sediakan air mawar, minyak esensial mawar, dan gliserin. Di sini, glisering berfungsi sebagai pelembab kulit dan bisa kamu dapatkan di apotek.

    Tuang ½ cangkir air mawar ke dalam sebuah wadah, campurkan dengan 2 sdt gliserin dan 10 tetes minyak esensial mawar, lalu aduk sampai tercampur rata.

    Celupkan kapas ke dalam larutan air mawar dan usapkan ke seluruh bagian wajah untuk membersihkan muka.

Cleanser dari air mawar ini sebaiknya dipakai sebelum kamu mencuci muka. Air mawar akan melunturkan sisa make up secara efektif sehingga pori-pori wajahmu tidak tersumbat.

2. Toner Alami

* sumber: www.skinstore.com

Bagi kamu pemilik kulit sensitif yang harus cermat dalam memilah toner wajah, cobalah untuk beralih ke air mawar. Ya, air mawar memang bisa dipakai sebagai toner alami. Bahkan, air mawar aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Tak ada kandungan alkohol atau bahan kimia dalam air mawar (air mawar yang dibuat sendiri) sehingga tidak akan memberikan efek samping pada kulit sensitif.

Selain dapat menyeimbangkan pH kulit wajah, air mawar juga dapat mengecilkan pori-pori wajah, lho. Berikut ini adalah cara menggunakan air mawar sebagai toner alami:

    Setelah mencuci muka dengan sabun atau melakukan pembersihan wajah dengan cleanser, tuangkan sedikit air mawar ke kapas.

    Usapkan kapas yang sudah dituang air mawar ini ke area wajah dan leher.

    Diamkan selama 15 menit, kemudian kamu bisa menggunakan skin care rutinmu seperti biasanya.

Toner yang berasal dari air mawar dijamin tak kalah segar dengan toner siap pakai yang dijual di pasaran. Tak tanggung-tanggung, toner air mawar ini sangat friendly terhadap kulit kering maupun sensitif.

3. Obat Jerawat

* sumber: www.epiphanydermatology.com

Tahukah kamu bahwa air mawar juga bisa menjadi obat jerawat alami? Hasil yang ditawarkan mungkin tidak secepat kamu memakai obat jerawat yang mengandung bahan kimia. Namun, air mawar mampu mengatasi masalah jerawat tanpa menimbulkan efek samping.

Ingin coba menghilangkan jerawat dengan air mawar? Yuk, ikuti cara-cara ini untuk menjadikan air mawar sebagai obat jerawat:

    Campurkan air mawar dan air perasan lemon dengan takaran yang setara.

    Oleskan campuran air mawar dan air lemon ini langsung tepat ke jerawatnya dan diamkan selama kurang lebih 10 menit.

    Bilas wajah dengan air bersih dan segera keringkan pakai handuk bersih.

Tak hanya kombinasi air lemon dan air mawar saja yang bisa menjadi obat jerawat, tetapi kombinasi antara air mawar dan bubuk kayu cendana juga bisa, lho. Air mawar bekerja dengan menghilangkan parut maupun noda bekas jerawat. Sementara bubuk cendana memiliki sifat mengurangi kelebihan sebum sehingga jerawat pun jadi berkurang.

Berikut adalah cara memakai campuran air mawar dan bubuk cendana sebagai obat jerawat alami:

    Campur bubuk kayu cendana dengan air mawar menggunakan perbandingan 2:1.

    Aduk campuran dua bahan alami ini sampai teksturnya mengental seperti pasta.

    Oleskan pada seluruh bagian wajah, terutama di bagian yang berjerawat.

    Setelah masker alami ini terasa mengering di wajah, bilas wajah sampai bersih dan keringkan pakai handuk bersih.

Perawatan jerawat yang mengandalkan air mawar ini sebaiknya dilakukan secara rutin, yakni 2-3 kali dalam seminggu. Selama perawatan ini berlangsung kamu tetap diperkenankan untuk memakai skin care untuk mengatasi jerawat. Akan tetapi, jika ingin melihat khasiat air mawar sebagai obat jerawat, hindari penggunaan skin care apapun kecuali sabun cuci muka dan cleanser.

4. Kompres Wajah (untuk Peradangan)

* sumber: www.ewellnessmag.com

Ketika wajahmu terasa panas karena peradangan yang disebabkan oleh iritasi, jerawat, sampai dengan kulit yang baru saja terbakar, cobalah untuk cooling down kulit wajahmu memakai air mawar. Air yang satu ini benar-benar efektif untuk mengompres dan menenangkan kulit wajah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”