Inilah Cara Menggunakan Hair Dryer yang Baik dan Benar

ulinulin.com – Hair dryer merupakan salah satu alat styling. Dari namanya saja sebenarnya kita sudah mengetahui bahwa hair dryer dipakai untuk mengeringkan rambut. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya hair dryer juga bisa digunakan saat menata rambut. Sebagai contoh, dengan hair dryer kita bisa membentuk rambut dengan belasan hingga puluhan teknik blow.

Kali ini, Kamini tidak hanya sekadar memberikan panduan cara menggunakan hair dryer yang benar saat mengeringkan dan menata rambut. Kami juga akan berbagi sejumlah tips untuk menjaga kesehatan rambutmu meskipun sering styling dengan memakai hair dryer.

Tips Sebelum Menggunakan Hair Dryer

Seperti yang kita ketahui, hair dryer mengeluarkan udara panas untuk mempercepat proses pengeringan rambut dan mempertahankan tatanan rambut. Paparan suhu panas bisa membuat rambut jadi kering dan lama-lama mengalami kerusakan. Jadi, ada sejumlah hal yang harus kamu lakukan sebelum memakai hair dryer agar rambutmu tetap cantik dan sehat.

    Keringkan Rambut dengan Handuk

Bukankah hair dryer adalah alat untuk mengeringkan rambut? Lantas, mengapa kamu harus mengeringkan rambut dulu dengan handuk? Setelah keramas, keringkan rambut secara asal-asalan dengan handuk. Pastikan tidak ada air yang menetes saat kamu mengeringkannya dengan hair dryer.

    Gunakan Serum atau Vitamin Rambut

* sumber: m.wintersjason.abatasa.co.id

Sama seperti ketika hendak menggunakan catok rambut, kamu pun wajib mengaplikasikan serum atau vitamin rambut sebelum memakai hair dryer. Produk perawatan rambut tersebut akan melindungi rambutmu dari kerusakan akibat paparan suhu panas hair dryer.

    Beri Jarak dengan Rambut

Seberapa dekat jarak antara hair dryer dengan rambutmu? Sebaiknya, berikan jarak minimal 20 – 30cm antara hair dryer dengan rambut. Hair dryer yang terlalu dekat dengan rambut bisa menyedot rambut masuk dan tentu saja kondisi ini akan berakibat fatal karena mengeluarkan rambut yang tersedot oleh hair dryer terbilang sulit.

    Atur Suhu Terendah

Baik hair dryer maupun catokan sama-sama memiliki pengaturan suhu atau tingkat kinerjanya. Kamini menyarankanmu untuk memilih suhu terendah atau tingkat kinerja paling rendah (low). Semakin tinggi suhu yang kamu pilih, maka semakin panas udara yang dikeluarkan oleh hair dryer. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, udara panas akan menyerap minyak alami di kulit kepala sehingga rambut menjadi kering.

    Batasi Penggunaan Hair Dryer

Apabila kamu terpaksa menggunakan hair dryer, maka lakukanlah. Akan tetapi, jika kamu tidak terburu-buru dan cuma ingin mengeringkan rambut, cobalah membiarkan rambutmu tergerai bebas dan mengering alami berkat udara dan angin di sekitarmu. Penggunaan hair dryer yang terlalu sering sudah tentu akan merusak kondisi rambut.

Nah, sejumlah tips di atas akan membantu jaga kesehatan rambutmu meskipun kamu sering memakai hair dryer. Jadi, jangan malas untuk mengikuti tips di atas, ya!

Cara Menggunakan Hair Dyrer untuk Mengeringkan

Sesuai dengan namanya, hair dryer berfungsi untuk mengeringkan rambut. Setelah keramas, kamu bisa langsung mengeringkan rambutmu dengan bantuan hair dryer. Rambut basah bisa kering dalam hitungan menit berkat hair dryer.

Berikut ini adalah cara menggunakan hair dryer yang benar untuk mengeringkan rambut yang basah:

    Sebelum dikeringkan dengan hair dryer, keringkan dulu rambut secara cepat dengan memakai handuk. Menggunakan hair dryer pada rambut yang teramat basah bisa membuat rambut jadi terlalu kering dan bercabang.

    Atur hair dryer pada suhu atau mode yang rendah. Usahakan tidak menggunakan suhu atau mode tertinggi karena semakin tinggi modenya, udara yang dikeluarkan jadi semakin panas.

    Jepit sebagian rambut ke atas, lalu mulailah mengeringkan bagian dalam rambut yang masih tergerai. Beri jarak minimal 20cm antara lubang udara hair dryer dengan rambutmu. Gunakan jari-jari tanganmu untuk mengibaskan rambut agar cepat kering.

    Setelah seluruh bagian rambut telah kering, sisir rambutmu pelan-pelan karena umumnya hair dryer akan membuat rambut jadi kusut.

Setelah rambutmu kering, kamu bisa melanjutkan proses penataan rambut, baik itu menggunakan hair dryer atau catokan.

Cara Menggunakan Hair Dryer untuk Menata

Fungsi hair dryer tidak hanya sekadar untuk mengeringkan rambut saja, lho. Kamu bisa menggunakan alat ini untuk menata rambutmu. Ada beragam teknik blow yang bisa kamu pakai untuk menata rambutmu jadi lebih rapi.

    Blow In

Punya rambut pendek? Yuk, tata rambutmu dengan hair dryer menggunakan teknik blow in. Teknik ini akan memberikan efek rambut bervolume dan ujung bawah rambut terlihat masuk ke dalam.

Caranya adalah aplikasikan mousse secukupnya. Angkat bagian pangkal rambut, pakai sisir round brush atau sisir blow untuk menahan rambut, lalu arahkan hair dryer sembari menggulung rambut dari bagian atas hingga ke bawah.

Untuk menghasilkan blow in yang rapi, jepit sebagian rambut luarmu ke atas saat kamu menge-blow rambut dalam. Namun, jika rambutmu tipis sehingga tidak perlu dijepit, langsung saja menge­-blow rambutmu dengan teknik ini.

    Blow Out

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”