Inilah Daftar Toolkit yang Wajib Ada di Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/12/ZXn5Pos1/toolkit-yang-wajib-ada-di-mobil-8-1427.jpg”>

Setiap komponen mekanis tentu memiliki kemungkinan untuk rusak kapan saja, tak terkecuali mobil. Mobil yang terdiri dari ratusan jenis komponen di dalamnya tentu bisa saja rusak tiba-tiba saat mobil tersebut Anda gunakan.

Hal paling sering terjadi adalah mobil mengalami ban kempis atau bahkan pecah saat Anda tengah berkendara. Pada keadaan darurat inilah Anda dibutuhkan untuk menjadi mekanik dadakan. Bukan berarti Anda wajib mengerti tentang teknik mekanis di mobil Anda, tapi setidaknya Anda bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Untuk itulah Anda membutuhkan toolkit yang wajib ada di mobil. Misalnya pada contoh kasus ban kempis di tengah jalan, maka Anda membutuhkan toolkit yang bisa digunakan untuk mengganti ban tersebut.

Oleh karena itu, kali ini tim Cintamobil akan menjelaskan apa saja daftar toolkit yang wajib ada di mobil Anda.

1. Dongkrak dan Kunci Roda

Dongkrak dan kunci roda harus disimpan bersamaan

Dua toolkit ini seperti sudah jadi satu kesatuan, Anda harus menyimpan dongkrak dan kunci roda tanpa pernah ada yang terpisah satu dengan lainnya. Bahkan kedua toolkit ini sering kali jadi item yang sudah disertakan saat pembelian mobil.

Dongkrak dan kunci roda biasanya disimpan di bagasi belakang atau di bawah kursi penumpang depan. Toolkit yang wajib ada di mobil ini akan sangat berguna ketika Anda mengalami ban kempis atau pecah di jalan dan menggantinya dengan ban cadangan. Dongkrak juga berfungsi untuk mengangkat sebagian bodi mobil Anda jika memang dibutuhkan dalam keadaan darurat.

2. Obeng Plus dan Minus

Siapkan obeng plus dan minus di dalam mobil

Obeng juga menjadi peralatan teknik yang patut Anda simpan di dalam mobil. Sebaiknya simpan obeng plus dan obeng minus, bisa juga jika ingin lebih prkatis dengan menyimpan obeng bolak balik yang memiliki dua ujung berbeda yaitu ujung mata kembang dan ujung minus.

Obeng ini sangat berguna ketika dalam keadaan darurat Anda membutuhkan membuka beberapa komponen di mobil. Misalnya membuka baut-baut di ruang mesin untuk memeriksa beberapa komponen.

3. Tang

Tang berguna untuk memotong kabel

Sebaiknya Anda juga menyimpan tang di dalam mobil. Gunanya untuk membantu Anda membuka beberapa bagian komponen mobil atau baut-baut yang cukup keras. Tang juga bisa berfungsi untuk memotong kabel guna memperbaiki komponen kelistrikan di mobil.

4. Kunci Pas

Siapkan kunci pas dnegan beberapa ukuran

Toolkit lain yang juga wajib ada di dalam mobil adalah kunci pas. Ada baiknya Anda menyimpan beberapa ukuran kunci pas, yakni ukuran 8 mm, 10 mm, 12 mm, dan 14 mm. Kunci pas ini dibutuhkan untuk membuka baut-baut yang ada di ruang mesin. Dan biasanya komponen mesin menggunakan macam-macam ukuran kunci pas seperti itu.

5. Kabel Jumper

Kabel jumper membantu saat mobil tak mau di starter

Toolkit yang wajib ada di mobil lainnya adalah kabel jumper. Peralatan ini sering diabaikan oleh para pemilik mobil karena merasa kondisi aki di mobilnya baik-baik saja. Padahal peralatan yang satu ini akan snagat berguna ketika tiba-tiba mobil tidak bisa distarter akibat suplai listrik dari aki kurang.

Dengan adanya kabel jumper, Anda tidak perlu untuk menelepon layanan mobile service dari produsen mobil Anda dan menunggu terlalu lama smapai teknisi panggilan tersebut tiba. Apalagi kalau posisi Anda cukup terpencil sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk layanan teknisi panggilan itu tiba.

6. Towing Hook

Pasang towing hook jika mobil perlu di derek

Pada beberapa mobil, towing hook disediakan terpisah dan bisa dicopot pasang. Jangan pernah tinggalkan alat ini di rumah karena akan sangat dibutuhkan jika mobil mogok di jalan dan harus di derek sampai bengkel terdekat.

7. P3K

Kotak ajaib untuk pertolongan pertama saat kecelakaan

Satu lagi peralatan wajib di mobil yang sering diabaikan adalah P3K. Umumnya P3K berbentuk kotak dengan logo palang merah di atasnya. Pada kotak ini terdiri dari peralatan pertama jika terjadi kecelakaan. Seperti obat luka, plester, perban, gunting kecil, obat sakit kepala, sampai aroma terapi.

Sebaiknya Anda tidak lupakan toolkit yang wajib ada di Mobil ini. Jika perlu, tambahkan juga di kotak tersebut senter kecil untuk membantu jika ada keadaan darurat di malam hari.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”