Inilah Urutan Pemakaian Skincare yang Benar di Pagi Hari

ulinulin.com – Melindungi kulit dari berbagai pengaruh buruk sinar UV ataupun berbagai bakteri adalah hal yang paling diperhatikan para wanita. Maka dari itu banyak sekali wanita yang berlomba-lomba menjaga kulitnya dengan memakai perawatan kulit. Sayangnya beberapa dari mereka tidak tahu urutan memakai perawatan kulit yang tepat saat di pagi hari.

Padahal perawatan kulit rutinitas pagi hari sangatlah penting, terutama saat sedang beraktivitas di luar ruangan. Alasannya karena rutinitas pagi hari ini akan membersihkan kulit dari kotoran yang menempel selama kamu tidur.

Selain itu rutinitas pagi hari ini juga akan mempersiapkan kulit agar dapat beradaptasi dengan situasi di luar ruangan.Jadi apa saja sih rangkaian rutinitas pagi hari yang benar agar kulit tetap sehat dan terjaga sepanjang hari? Informasinya ada di bawah ini.

1. Cleanser

Sebelum memulai memakai perawatan kulit yang mengandung vitamin ataupun nutrisi, hal pertama yang kamu perlu lakukan adalah membersihkan wajah dengan cleanser atau pembersih wajah. Pasalnya membersihkan wajah dapat membuat bahan-bahan perawatan kulit meresap dengan baik ke dalam kulit. Hal ini sejalan dengan yang dikatakan dokter kulit dari Yale School of Medicine yaitu Mona Gohara, MD.

Selain itu, cleanser di pagi hari juga dapat mengangkat sel kulit mati dan bakteri yang menempel saat sedang tidur. Hal terpenting dalam membersihkan wajah adalah pilihlah produk cleanser yang cocok dengan kondisi kulit mu. Selain itu, pastikan bahwa cleanser ini tidak mengandung paraben, fragrance dan SLS yang dapat mengakibatkan peradangan hingga alergi.

2. Toner / Essence

Toner / essence adalah produk yang harus kamu gunakan setelah membersihkan wajah. Karena biasanya beberapa cleanser akan membuat wajah terasa kering terutama untuk kulit berminyak. Maka dari itu kamu perlu memakai toner / essence non alkohol agar kulit dapat kembali terhidrasi dan lembab. Tapi pada dasarnya, toner / essence adalah produk yang membantu agar perawatan kulit dapat terserap sempurna.

Kamu bisa memilih toner / essence dengan kandungan BHA atau AHA agar pori-pori tidak tersumbat dan dapat mencegah datangnya jerawat. AHA akan cocok untuk kulit kering, sedangkan BHA akan cocok jika kamu memiliki kulit berminyak. Kamu juga bisa menjadikan toner / essence sebagai masker ala Korea, dengan menempelkan kapas berisi toner ke kulit selama 3 menit agar toner terserap sempurna.

3. Serum

Banyak yang bertanya kenapa serum juga harus di gunakan di pagi hari? Jawabannya karena serum mengandung zat aktif berupa molekul kecil yang dapat menembus hingga ke bagian terdalam kulit. Pemakaian serum di pagi hari sangat penting, karena serum adalah suntikan nutrisi yang terkonsentrasi, hydrator dan antioksidan untuk kesehatan kulit.

Serum di pagi hari dan malam hari seharusnya memiliki kandungan yang berbeda, lho. Di pagi hari kamu harus memakai serum yang mengandung vitamin C, karena mengandung antioksidan. Manfaatnya agar kulit dapat terlindungi dari stres akibat terpapar sinar matahari, polutan dan bakteri. Jadi kulit akan terhindar dari peradangan, penuaan dini, bintik hitam mencerahkan kulit dari hari ke harinya.

4. Eye Cream

Langkah selanjutnya adalah jangan lupa memakai eye cream, kenapa? Tentu saja karena banyak wanita yang bermasalah dengan kantung mata atau kerutan di bawah mata. Selain itu eye cream ini adalah produk perawatan kulit yang ringan. Jadi memakai eye cream di urutan keempat ini sangatlah penting. Hasilnya mata akan terlihat lebih kencang dan tidak bengkak lagi seperti saat bangun tidur.

Tips memakai eye cream di pagi hari, kamu harus memakai eye cream tipis saja agar tidak merusak makeup. Kamu harus mengoleskan eye cream dengan lembut dan setipis mungkin, agar makeup tetap dapat menempel dengan baik. Mungkin kamu harus memakai eye cream dengan aplikator rollerball dengan kandungan kafein yang dapat mengencangkan bawah mata.

5. Spot Treatments

Spot treatments ini tidak hanya tertuju untuk jerawat saja, tapi bisa untuk bekas jerawat dan bintik hitam di wajah. Spot treatment ini penting agar proses penyembuhan bisa terjadi lebih maksimal dan lebih cepat. Sebenarnya ada beberapa pemikiran mengenai pemakaian spot treatment ini apakah sesudah atau sebelum memakai moisturizer.

Menurut Ciraldo, kamu bisa memoleskan spot treatment setelah memakai moisturizer di wajah. Alasannya agar produk ini tetap di atas area penyembuhan dan tidak tersebar ke area lainnya. Sedangkan rekomendasi dari Cosmopolitan, kamu harus memakai spot treatment sebelum memakai moisturizer agar kandungannya dapat masuk ke dalam kulit.

Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah kamu harus memilih produk penyembuhan dengan kandungan niacinamide (vitamin B3) yang dapat melembutkan dan mencerahkan kulit dari noda dan luka. Benzoil peroksida dan asam salisilat yang akan membunuh bakteri dan mengecilkan pori-pori sehingga peradangan dapat berkurang.

6. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab wajah adalah produk penting yang dapat menghidrasi dan menutup hidrasi bersamaan. Pasalnya moisturizer ini formulanya lebih berat dibanding dengan produk lainnya, karena harus menjadi pelindung bagi kulit. Selain itu menurut Ryan Ovirgil agar hasil makeup tahan lama, kamu membutuhkan moisturizer agar makeup dapat dioleskan dengan mudah.