Intel dan Samsung Pamer Layar PC yang Bisa Dipanjangkan

ulinulin.com – Samsung Display dan Intel memamerkan sebuah PC dengan konsep baru dalam acara Intel Innovation 2022. PC ini memiliki layar yang bisa “dipanjangkan” dengan cara digeser.

Perangkat tersebut dikembangkan oleh kedua perusahaan. Prototipe awal dari perangkat ini berbentuk mirip tablet yang layarnya bisa diperluas dari 13 inci menjadi 17 inci.

Disebut seperti tablet karena perangkat ini tidak memiliki keyboard fisik dan hanya . Meski demikian, bila ditilik dari ukuran layarnya, perangkat ini mirip seperti laptop.

“Kami mengumumkan layar yang dapat digeser 17 inci pertama di dunia untuk PC. Perangkat ini bakal memenuhi berbagai kebutuhan layar yang lebih besar namun portable,” kata CEO Samsung Display, JS Choi.

Konsep geser sendiri terbilang baru di dunia layar dan PC. Sejauh ini, beberapa inovasi layar yang dikembangkan dan sudah diterapkan pada beberapa perangkat yaitu layar lipat atau layar gulung.

Namun, alih-alih layar lipat atau gulung, Samsung justru memilih layar geser untuk PC yang dikembangnya dengan Intel.

Perlu dicatat bahwa perangkat ini masih berbentuk konsep, bukan produk yang siap diproduksi massal.

Baik Intel maupun Samsung Display belum mengonfirmasi kapan PC dengan layar geser itu akan dikomersilkan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (30/9/2022).

LG punya konsep serupa

Selain Samsung, LG juga pernah memamerkan konsep layar geser. Namun, saat itu LG memilih mengadopsi layar geser tersebut untuk ponsel, alih-alih PC.

Teknologi layar yang diusung LG saat itu adalah layar gulung, sehingga konsepnya tersebut disebut LG Rollable. Kendati demikian, mekanismenya mirip seperti PC berlayar geser besutan Samsung Display.

Konsep LG Rollable sendiri dipamerkan LG dalam peluncurkan LG Wing pada September 2020, atau sebelum perusahaan mundur dari bisnis smartphone. LG juga memamerkan prototipe ponsel dengan layar geser itu dalam acara Consumer Electronics Show (CES) 2021.

Saat itu LG berkata perangkat tersebut akan tersedia di pasar pada tahun yang sama. Sayangnya rencana itu urung dilakukan seiring dengan mundurnya perusahaan dari bisnis smartphone.

Meski demikian, sejumlah ponsel berlayar geser itu tampak tersedia secara offline. Spekulasi menyebutkan bahwa LG kemungkinan menjual perangkat tersebut ke karyawannya.

Sebuah video hands-on singkat terkait perangkat itu bahkan muncul di YouTube dan menunjukkan bagaimana mekanisme layar LG Rollable.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website tekno.kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”