Intip Keunggulan Mobil Bekas Toyota Avanza 2012 Type G yang Menawan

ulinulin.com

Anda sedang mencari mobil keluarga dengan banderol yang terjangkau dan kepraktisan yang tinggi untuk perjalanan di perkotaan? Mungkin mobil bekas Avanza 2012 bisa menjadi pilihan. Kabin yang cukup lega dengan ruang bagasi yang siap menampung semua barang bawaan Anda. Sebagai alternatif, berikut beberapa keuntungan membeli tipe G yang penuh fitur.

Generasi kedua Avanza Type G sudah mendapatkan head unit atau perangkat pemutar audio. Lis krom pada lampu kabut serta kaki-kaki yang sudah dibekali pelek alloy 14 inci dipadukan dengan spoiler pada bagian belakang untuk kesan sporty.

Sedangkan pada bagian mesin, Avanza Type G menggunakan mesin yang sama pada Avanza Type E, 4 silinder 16 katup DOHC VVT-i 1.300 cc. Menghasilkan tenaga maksimal hingga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 136 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Tenaga yang dihasilkan memang tak begitu besar jika dibandingkan dengan hatchback maupun MPV baru saat ini. Tapi sudah cukup mumpuni untuk dibawa berkendara di jalanan perkotaan yang dinamis dan santai tanpa harus memacu dalam kecepatan tinggi.

Fitur baru di Avanza tahun 2012

Dengan titelnya sebagai varian all new, Avanza generasi kedua ini mendapatkan perubahan yang sangat signifikan dibandingkan versi pertama. Terlihat dari garis sudut yang dibuat lebih halus sehingga menampilkan kesan lebih modern. Ada pula desain velg baru, dengan tipe 1.3 memiliki roda berukuran 185/70 R14 dan tipe 1.3 dibekali roda 185/65 R15.

Untuk memberikan kenyamanan dan rasa berkendara yang lebih baik, Toyota memberikan sistem kemudi rack & pinion lengkap dengan Electronic Power Steering (EPS). Termasuk fitur Tilt Steering yang akan mempermudah Anda mendapatkan posisi berkendara yang lebih baik.

Avanza 1.5 G sudah mendapatkan head unit 2DIN

Kepraktisannya terasa dari sistem Sliding Seat dan One Touch Tumble guna memudahkan Anda menggeser bangku baris kedua untuk memberi ruang bagi penumpang masuk ke baris ketiga. Selain Bottle Holder dan Multi Storage sebagai tempat penyimpanan di dalam kabin, mobil ini sudah mendapatkan Combination Meter dengan LCD Digital.

Sedangkan khusus untuk tipe 1.5 G dan Toyota Avanza Veloz sudah dilengkapi dengan head unit 2 DIN Audio CD MP3 dan outer mirror dengan lampu sein, ditambah dengan beberapa aksen chrome pada eksterior. Sedangkan Avanza 1.3 G hanya menggunakan head unit 1DIN dengan pemutar CD dan MP3.

Kekurangan Avanza tahun 2012

Beberapa kelemahan Toyota Avanza yang sering dikeluhkan seperti peredaman kabin yang masih kalah dibandingkan model yang lebih premium serta ruang kaki pada baris ketiga yang terbilang sempit. Memang tak disaranan untuk penumpang dewasa, ruang kaki di belakang sudah cukup baik untuk anak-anak maupun remaja.

Untuk mendapatkan kenyamanan yang lebih baik, Anda bisa mengganti pelapis fabric pada jok dan trim dengan kulit agar mudah dibersihkan. Tapi tentu saja hal ini menambah biaya perbaikan dari budget yang sudah Anda sediakan.

Toyota Avanza 2012 masih sering dijual di pasar mobil bekas

Beberapa pengguna juga mengeluhkan adanya bunyi yang berasal dari bagian bawah atau area kolong mobil. Jika hal ini terjadi, Anda bisa memeriksa apakah jok baris ketiga sudah kencang atau belum. Jika belum, Anda bisa mengenangkan baut kursi atau memberikan ring tambahan agar tidak mudah kendor.

Dan bagi Anda yang ingin mendapatkan kenyamanan lebih, Anda bisa meng-upgrade sistem infotainment di dalam kabin dengan model yang terbaru. Sehingga membuat pengendaraan tak kalah dengan mobil baru pada umumnya.

Tapi tentu saja mobil lawas seperti Avanza 2012 sudah mendapatkan berbagai masalah, apalagi bagian mesin. Berdasarkan berbagai sumber, Avanza keluaran 2012 diprediksi harus mendapatkan overhaul. Tapi biaya yang harus Anda keluarkan tergantung pada kerusakan mesin. Untuk penggantian part, Anda bisa merogoh kocek Rp 5 jutaan, ditambah Rp 3 jutaan untuk biaya jasa.

Harga Avanza 2012 Type G

Tampilan menawan dengan fitur yang sudah cukup bagus untuk kendaraan pada masanya membuat Avanza Type G cukup laku di pasar mobil bekas, bahkan hingga saat ini. Di Jakarta sendiri, harga Avanza 2012 sudah bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 115 jutaan.

Tidak hanya di Jakarta, popularitas Toyota Avanza yang tersebar di seluruh Indonesia membuat mobil bekas Toyota Avanza bisa dengan mudah didapatkan. Sebagaimana terlihat di laman jual beli Cintamobil.com, Anda bisa mendapatkan Avanza 2012 model G dengan harga Rp 130 jutaan di daerah Sumatera Utara.

Tidak banyak fitur, tapi tampilan dalam sudah dilengkapi head unit

Untuk Anda yang ingin membeli Toyota Avanza 2012, pastikan untuk memperhatikan komponen mobil lainnya. Pasalnya, kendaraan dengan umur lebih dari 7 tahun sudah memiliki berbagai komponen yang patut diganti. Jangan sampai karena tergiur dengan harga yang murah, Anda melupakan inspeksi kendaraan menyeluruh sebelum membeli mobil bekas.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”