Intip Spesifikasi All New Honda Step WGN, Apakah Cocok Untuk Pasar Indonesia?

ulinulin.com – TOCHIGI – Setelah sempat merilis teaser pada bulan lalu, All New Honda Step WGN akhirnya resmi dirilis di Jepang. Mengusung desain baru serta teknologi yang lebih mutakhir, All New Honda Step WGN hadir dalam dua varian yang siap memenuhi kebutuhan konsumen di segmen MPV mid-size. Di pasar Jepang sendiri, kendaraan ini cukup laris karena dianggap memiliki nilai fungsionalitas yang memadai serta didukung oleh fitur yang tidak kalah lengkap dengan kompetitornya.

Nah berbicara mengenai kompetitor, All New Honda Step WGN ini punya segmen yang sama dengan Toyota Voxy dan Nissan Serena. MPV dengan dimensi “tanggung” tapi tetap memiliki kesan mewah dan elegan di setiap sudutnya. Berikut ini adalah hal menarik yang terdapat pada All New Step WGN generasi terbaru yang patut anda ketahui.

Eksterior

All New Honda Step WGN mengusung konsep MPV dengan desain boxy atau kotak, dari generasi ke generasi gaya tersebut masih dipertahankan hingga kini. Pada generasi terbarunya ini, All New Step WGN tampil lebih elegan dengan aksen krom yang menghiasi beberapa bagian salah satunya ialah fascia depan. Seluruh grillenya dikelir dengan warna krom, Desain grillenya juga kini lebih dinamis dengan diapit oleh LED DRL berbentuk L khas gaya Honda.

Selanjutnya desain kaca dengan ukuran besar juga masih tampak menghiasi All New Step WGN, ditambah lagi velgnya kini mengusung gaya baru dengan palang tertutup. Hal tersebut diklaim dapat meningkatkan intensi hambatan udara yang lebih minim, sehingga kendaraan dapat lebih luwes saat melaju di jalan raya.

Sementara pada bagian buritan, All New Honda Step WGN melakukan ubahan yang cukup signifikan dengan menghilangkan konsep Waku Waku Gate untuk generasi kelima ini. Kini pintu bagasi bisa tidak bisa lagi dibuka ke atas dan ke samping seperti pada generasi sebelumnya.

Padahal itu adalah fitur yang membuat Step WGN unik dibandingkan para rivalnya.

Interior

Pada bagian dalam, All New Honda Step WGN tidak melakukan penyempurnaan yang drastis dari sebelumnya, terutama dari desain dashboard. Hanya saja kini pada sistem hiburannya ketambahan dengan layar infotainment 11,4 inci yang memiliki desain floating dengan ukuran besar. Selain itu, tersedia pula layar 15 inci yang menempel di plafon baris tengah dengan dukungan Honda Connect dan Honda Sensing.

Sementaradi bagian baris keduanya masih mempertahankan konfigurasi captain seat, yang memberikan nuansa lega dan eksklusif. Seluruh joknya dibalut dengan material kulit, penyempurnaan pada captain seat yang kini dilengkapi penopang kaki demi pengalaman yang lebih nyaman di dalam kabin.

Pada urusan fitur, generasi terbaru Honda Step WGN kini sudah dibekali dengan Honda Sensing yang juga tampak pada penggunaan kamera untuk Lane Watch di spion. Selain itu, menu Honda Sensing yang hadir pada generasi terbaru Honda Step WGN adalah Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Auto High-Beam.

Mesin

Saat peluncuran All New Honda Step WGN tidak terdapat informasi detail mengenai mesin yang akan digunakan. Sebelumnya sempat tersiar kabar, Step WGN terbaru akan menggunakan teknologi e: HEV di setiap variannya, namun hal tersebut belum dikonfirmasi oleh Honda. Namun mesin konvensional yang terdapat pada Step WGN ini adalah 4-silinder 1.5-liter yang akan dikawinkan dengan teknologi hybrid tersebut.

Harga

Selain urusan mesin dan performa, Honda juga belum mengumumkan harga resmi yang akan dibanderol pada generasi terbaru Step WGN ini. Namun yang jelas, kendaraan ini akan segera mengaspal dalam waktu dekat di Jepang. Kabarnya beberapa negara juga akan kebagian MPV premium ini termasuk Indonesia, pasalnya Honda Prospect Motor baru saja mengumumkan berhentinya produksi dari Oddyssey yang juga mengisi segmen serupa seperti Step WGN.

Berbicara kemungkinan All New Honda Step WGN masuk ke pasar Indonesia, PT HPM tidak menepis akan menghadirkan model terbaru pada tahun ini. Terlebih melihat kebutuhan dan minat konsumen di tanah air. Namun, saat ini Honda tengah fokus pada segmen yang memang paling bergairah seperti LMPV yang diisi oleh Mobilio dan LSUV yang diisi oleh All New Honda BR-V.

“Kami masih fokus untuk mengembangkan kendaraan yang memang paling diminati oleh konsumen di tanah air seperti Low MPV dan Low SUV. Namun kendaraan baru pasti ada tapi kami terus melihat potensi dan minat konsumen di Indonesia, jadi tidak menutup kemungkinan akan ada produk terbaru,” kata Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”