Intip Spesifikasi Toyota Supra Mk5 Terbaru 2022, Punya Bekal Apa Sih?

ulinulin.com – Jakarta — Toyota Supra Mk5 sebagai generasi terbaru sedan sport ini masih dijual secara resmi oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Berdasarkan pantauan dari laman resmi TAM, Toyota Supra Mk5 dijual dengan harga Rp2,051 miliar (OTR Jakarta).

Lantas, apa bekal yang dimiliki mobil dua pintu legendaris tersebut untuk menggaet minat konsumen kelas atas?

Mesin Buas

Untuk menggerakkan mobil dengan panjang 4.380 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.290 mm ini Toyota menanamkan mesin berkode B58.

Sekadar informasi, mesin tersebut adalah hasil kerja sama dengan BMW yang dipakai juga untuk Z4.

Berdasarkan spesifikasi, mesin tersebut berkapasitas 2.998 cc, 6 silinder segaris, 24 valve, twin scroll turbocharge DOHC, chain drive with variable valve timing (VVT) atau disebut double Vanos oleh BMW.

Toyota GR Supra terbaru merupakan generasi kelima. (Foto: Carscoops)

Tenaga yang dihasilkan pun cukup besar, mencapai 381 hp @5.800-6.500 rpm dengan torsi maksimum 500 Nm @1.800-5.000 rpm.

Tenaga besar tersebut disalurkan ke roda belakang memakai transmisi otomatis 8 percepatan yang punya karakter perpindahan gigi rapat.

Setidaknya mereka yang memiliki Toyota Supra Mk5 ini wajib mengisi BBM dengan oktan minimal 92 atau di atasnya.

Wajar saja mobil seharga Rp2 miliar ini harus menggunakan BBM kualitas bagus agar performanya keluar dan tetap terjaga.

Kaya akan Fitur

Toyota GR Supra saat test drive di Sirkuit Sentul. (Foto: Toyota)

Toyota Supra Mk5 tentunya juga dibekali banyak fitur demi menunjang kenyamanan berkendara.

Mulai dari pengaturan jok elektronik dengan pengaturan 8 arah dan memory seat pada kedua jok depan dan tombol pada setir guna pengaturan.

Di balik setir tentunya terdapat paddle shift, mengingat ini adalah mobil sport sejati.

Pada layar instrumen, Toyota GR Supra memiliki MID dengan layar digital yang menunjukkan RPM, kecepatan mesin, bahkan navigasi.

Oh iya, setir ini juga sudah bisa diatur tilt dan teleskopik secara elektronik lewat tombol yang ada di bawah setir.

Belum selesai sampai di situ, ada juga fitur front and rear defogger, AC dual zone, dan alarm anti maling.

Ada juga head unit 6,5 inci layar sentuh yang bisa mengoperasikan radio, bluetooth, Android Auto, dan Apple CarPlay.

Kualitas suara dari mobil ini juga cukup baik lantaran ada 10 speaker guna memanjakan telinga penggunanya selama berkendara.

Fitur lain yang terdapat di mobil ini tentunya head up display, keyless entry, cruise control, start/stop button, power outlet, jok kulit dan vanity mirror dengan lampu.

Keamanan Jempolan

Melihat buasnya mesin yang bersemayam, Toyota pun turut memberikan fitur keselamatan agar penumpangnya merasa lebih aman.

Beberapa di antaranya seperti rem cakram depan 4 piston dan 1 piston belakang, uphill & downhill assist control, vehicle stability control, kamera mundur, electronic brake distribution, brake assist, traction control, dan launch control.

Toyota GR Supra tampak belakang. (Foto: Toyota)

Selain itu Toyota Supra Mk5 dibekali airbag 6 titik di depan dan samping serta mode berkendara yang terdiri dari Normal, Efficient, dan Dynamic.

Tombol sport atau Dynamic ini terletak di konsol bagian tengah yang jika ditekan instrument cluster akan berubah menjadi warna merah pertanda mobil siap untuk “berlari”.

Pelek Lebar

Sekadar informasi, Toyota Supra generasi kelima ini hadir dengan ukuran pelek yang cukup besar, di depan berdiameter 19 inci dan lebar 8,5 inci, di belakang lebar 10 inci.

Pelek berdesain palang 5 tersebut dibalut ban berukuran 255/35 di depan dan 275/35 di bagian belakang. Tak hanya itu, materialnya pun terbuat dari bahan yang sangat kuat dan ringan guna mendongkrak performa di atas sirkuit.

Tertarik dengan Toyota Supra Mk5 ini? Cek mobilnya di sini!

Penulis: Rizen PanjiEditor: Dimas

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carmudi.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”