Istri Diplomat AS Mengaku Bersalah atas Kecelakaan yang Ganggu Hubungan Amerika-Inggris

ulinulin.com – Anne Sacoolas , istri dari seorang diplomat Amerika Serikat (AS), pada Kamis (20/10/2022) mengaku bersalah atas kecelakaan di jalan yang menewaskan remaja pengendara sepeda motor asal Inggris .

Kantor berita AFP melaporkan, Kecelakaan ini sempat mengganggu hubungan AS dengan Inggris.

Korban bernama Harry Dunn (19) tewas pada Agustus 2019 ketika sepeda motornya bertabrakan dengan mobil yang melaju di sisi jalan yang salah dekat pangkalan udara AS di Inggris selatan.

Hukuman untuk Anne Sacoolas dijadwalkan jatuh pada November 2022 setelah dia memasukkan pembelaannya melalui panggilan video dari Washington ke pengadilan London.

Sacoolas, yang suaminya adalah intelijen dan dirinya dilaporkan sebagai agen CIA, setelah kecelakaan langsung meninggalkan Inggris dan mengeklaim kekebalan diplomatik.

Sejak kecelakaan itu, kedua orangtua Harry Dunn berjuang keras mendapatkan keadilan bagi putra mereka, sedangkan otoritas AS menolak ekstradisinya.

Sacoolas awalnya didakwa menyebabkan kematian dengan mengemudi berbahaya, tetapi mengaku bersalah atas tuduhan yang lebih rendah yaitu menyetir kendaraan dengan ceroboh yang membuatnya terancam penjara maksimum hingga lima tahun.

Ibu Dunn, Charlotte Charles, mengatakan kepada Sky News bahwa dia merasa sangat lega.

“Saya pikir itu perasaan yang luar biasa … benar-benar lega kami dapat melihat ke atas dan berkata ‘Harry, kami telah melakukannya. Kami sudah melakukan apa yang kami janjikan’.”

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”