Jadi Camilan Menyehatkan, Inilah Segudang Manfaat Yoghurt yang Sayang Dilewatkan

ulinulin.com – Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Freepik.com)

Dream – Yoghurt adalah salah satu jenis olahan susu yang cukup banyak digemari dan menjadi konsumsi harian. Proses membuat yoghurt sendiri dilakukan melalui proses fermentasi dengan menggunakan bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus. Kandungan dalam yoghurt berupa probiotik tinggi yang baik bagi kesehatan.

Sebagai menu sehat, Yoghurt bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa dan disajikan dengan berbagai cara. Sahabat Dream bisa mengonsumsinya secara langsung dan bisa juga dicampur dengan makanan lain seperti buah-buahan dan oat.

Manfaat yoghurt bisa sahabat Dream dapatkan jika mengonsumsinya secara rutin, terutama untuk kesehatan pencernaan.

Kira-kira apa saja manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh? Berikut sebagaimana telah dirangkum Dream melalui briliofood.net.

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

© Freepik.com

Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat yoghurt yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang. Demi menjaga kesehatan gigi dan tulang, maka sahabat Dream harus memenuhi asupan kalsium dengan baik, di mana asupan tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi yoghurt. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa dalam satu cangkir yoghurt mengandung 49 persen kebutuhan kalsium harian manusia.

Selain itu, dalam satu cangkirnya juga terdapat 38 persen fosfor untuk kebutuhan harian, 12 persen magnesium, dan 18 persen kalium. Mineral-mineral inilah yang sangat diperlukan oleh tubuh, terutama untuk mengatur tekanan darah, metabolisme, dan kesehatan tulang.

Mengurangi Risiko Osteoporosis

Tulang keropos atau osteoporosis tidak hanya dialami oleh orang tua juga. Anak muda pun memiliki potensi untuk menderita penyakit tersebut. Demi terhindar dari penyakit tulang keropos, sahabat Dream bisa mengonsumsi yoghurt. Di dalamnya tedapat kandungan berupa kalsium, protein, kalium, fosfor, dan vitamin D. Kesemua kandungan itulah yang berperan penting untuk mencegah dari osteoporosis.

Dari penelitian yang pernah dilakukan membuktikan bahwa dengan mengonsumsi tiga porsi makanan olahan susu seperti yoghurt setiap harinya bisa menjaga massa dan kekuatan tulang.

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

© Freepik.com

Memperkuat Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh sangatlah penting untuk selalu diperhatikan. Karena kekebalan inilah yang memiliki peran penting dalam menjaga tubuh sahabat Dream agar tidak mudah jatuh sakit. Salah satu cara menjaga kekebalan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi, seperti yoghurt. Hal ini karena adanya kandungan probiotik di dalam yoghurt.

Probiotik sendiri ampuh dalam mengurangi peradangan. Nah, yoghurt adalah makanan yang tinggi probiotik dari hasil fermentasi susu. Sehingga makanan ini dianjurkan untuk dikonsumsi demi menguatkan kekebalan tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yoghurt yang tak kalah istimewa adalah bisa menjaga kesehatan jantung. Ya, jantung adalah organ vital yang harus benar-benar dijaga dengan baik kesehatannya. Terutama melalui makanan yang sahabat Dream konsumsi sehari-hari. Nah, yoghurt adalah salah satu makanan sehat yang baik bagi organ jantung.

Dalam sebuah studi yang dilakukan dari Institut Kesehatan Griffith dan School of Medicine di Australia menyatakan bahwa probiotik pada yoghurt bisa membantu menurunkan tekanan darah, terutama pada orang dengan tekanan darah tinggi. Kemudian bakteri baik pada yoghurt juga mampu melawan proses inflamasi yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat yoghurt berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan pencernaan. Perlu sahabat Dream ketahui bahwa di dalam yoghurt terdapat beberapa jenis probiotik yang baik bagi pencernaan. Probiotik tersebut adalah Bifidobacteria dan Lactobacillus yang mampu mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Oregon State University Amerika Serikat pada 2013 lalu menemukan bahwa bakteri jahat dalam usus akan berkembang biak dengan pesat jika secara terus menerus diberikan asupan gula. Kondisi inilah yang akan mengancam bakteri baik di dalam usus dan mengganggu kinerjanya untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jadi, usahakan agar sahabat Dream mengonsumsi yoghurt rendah gula demi terhindar dari penyakit pencernaan.

Menjaga Berat Badan

Manfaat yoghurt yang sayang jika dilewatkan, terutama untuk sahabat Dream yang sedang menjalani program diet adalah bisa menjaga berat badan. Yoghurt dengan kandungan tinggi protein yang bekerjasama dengan kalsium bisa meningkatkan kadar hormon yang mengurangi nafsu makan.

Asupan protein secara cukup sangatlah penting bagi tubuh untuk mengatur nafsu makan. Karena bisa meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang. Secara otomatis bisa mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi dan membantu mengendalikan berat badan.

Memulihkan Tenaga setelah Olahraga

Ketika melakukan olahraga, maka energi sahabat Dream akan banyak digunakan. Oleh karena itu, tenaga kamu haruslah dipulihkan dengan cara mengonsumsi yoghurt. Di antara semua jenis yoghurt, yoghurt Yunani adalah yang paling sehat karena memiliki rasio protein dan karbohidrat sempurna dan menjadi camilan yang tepat setelah melakukan olahraga.

Jika sahabat Dream mengonsumsi satu mangkuk yoghurt Yunan dalam waktu 60 menit setelah olahraga, maka makanan tersebut akan melepaskan asam amini dan membantu untuk memperbaiki otot sahabat Dream.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”