Jadi Korban Tabrakan Beruntun, Bagaimana Cara Klaim Asuransinya?

ulinulin.com

Kecelakaan lalu lintas memang tidak pernah diinginkan oleh siapa pun. Lalu bagaimana jika Anda menjadi korban tabrakan beruntun. Misalnya saat melaju di jalan tol, mobil di depan Anda tiba-tiba berhenti mendadak, Anda tidak bisa menghindar, dan mobil belakang mendorong dengan sangat keras.

Tabrakan beruntun biasanya melibatkan tiga atau lebih kendaraan. Korban paling berat dari kecelakaan seperti ini adalah mobil yang berada di tengah-tengah. Karena bagian depannya menabrak mobil lain, sementara bagian belakang ditabrak mobil yang lainnya juga.

Lalu bisakah saat kita jadi korban tabrakan beruntun mengajukan klaim asuransi mobil? Mengingat jika diperbaiki tanpa bantuan asuransi mobil, tentu biaya yang dibutuhkan sangatlah mahal.

1. Lihat Situasinya

Klaim akan lebih mudah jika ada third party liability

Saat mengajukan klaim terkait tabrakan beruntun, biasanya pihak asuransi akan melihat atau mendengar urutan peristiwanya dahulu. Karena kasus tabrakan yang melibatkan banyak kendaraan, biasanya yang disalahkan adalah kendaraan yang menabrak mobil di depannya. Karena hal ini dianggap pengendara tidak menjaga jarak dengan mobil lain di depan.

Jika Anda menjadi korban akibat ditabrak dari belakang, maka Anda bisa mengajukan tuntutan kepada pengemudi kendaran yang menabrak Anda. Dan seandainya pihak yang menabrak memiliki asuransi mobil dengan jaminan tanggungan jawab hukum pada pihak ketiga (third party liability), maka Anda bisa mengajukan klaim kerusakan kendaraan.

2. Selesaikan dengan Jaminan All Risk

Anda bisa klaim dengan asuransi all risk

Lebih sering kejadian tabrakan beruntun menanggung risiko kerusakan kendaraannya secara pribadi. Ini karena masing-masing kendaraan yang terlibat kecelakaan memiliki polis asuransi dengan jaminan all risk.

Sehingga lebih baik, Anda mencapai kesepakatan kekeluargaan dengan korban tabrakan lainnya untuk memikul risiko kerusakan secara personal. Nantinya Anda tinggal ajukan klaim kerusakan akibat korban kecelakaan beruntun ke pihak asuransi mobil Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”