Jadi Menu Sehat, Kenali Beragam Manfaat Salad Buah dan Cara Membuatnya

ulinulin.com – Manfaat Salad Buah Untuk Kesehatan (Foto Ilustrasi: Unsplash.com)

Dream – Salad menjadi salah satu pilihan makanan sehat yang bisa sahabat Dream konsumsi. Baik itu salad sayur maupun salad buah merupakan asupan yang baik bagi tubuh. Sesuai dengan namanya, salad buah tentu saja berisi berbagai macam buah-buahan segar yang dikombinasikan dengan bahan salad yang lain.

Bahkan tak jarang orang-orang menjadikan salad buah sebagai menu diet mereka. Hal ini karena buah sendiri mengandung berbagai macam nutrisi yang penting bagi tubuh. Misalnya saja vitamin, mineral, serat, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa manfaat salad buah tidak perlu sahabat Dream ragukan lagi.

Namun, perlu diperhatikan juga dari cara pembuatannya agar salad buah yang kamu konsumsi benar-benar sehat dan bisa mendukung program diet kamu. Mulai dari pemilihan jenis buah dan bahan apa saja yang akan diberikan dalam salad.

Daripada makin penasaran, berikut adalah beberapa manfaat salad buah untuk kesehatan dan cara membuatnya agar menjadi salad buah yang sehat sebagaimana dirangkum Dream melalui alodokter.com dan halodoc.com.

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

© Unsplash.com

Mencegah Berbagai Penyakit

Manfaat salad buah yang pertama adalah bisa mencegah dari berbagai penyakit. Bagi sahabat Dream yang hobi makan salad buah, hal ini sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan fungsi organ tubuh. Manfaat ini bisa kamu dapatkan karena salad buah mengandung antioksidan yang cukup banyak dari buah-buahan yang ada di dalamnya.

Jika dikonsumsi secara rutin, maka akan membuat sahabat Dream tidak mudah jatuh sakit. Termasuk terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya, seperti diabetes, infeksi, hingga penyakit jantung. Jadi, mulai rajin mengonsumsi salad buah yuk, sahabat Dream.

Menjaga Berat Badan

Manfaat salad buah berikutnya adalah bisa menjaga berat badan. Ini cocok sekali untuk sahabat Dream yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Apalagi salad ini terdiri dari berbagai macam buah yang otomatis juga tersedia berbagai macam asupan baik untuk tubuh.

Dengan mengonsumsi salad buah, maka sahabat Dream bisa merasa kenyang lebih lama serta mengurangi rasa lapar. Bahkan buah-buahan sendiri rendah akan kalori, jadi aman untuk menjaga berat badan agar tetap stabil. Sahabat Dream bisa membuatnya sendiri di rumah dengan membeli beberapa jenis buah yang mudah ditemukan di pasar maupun supermarket.

Manfaat Salad Buah untuk Kesehatan

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kesehatan saluran pencernaan haruslah selalu diperhatikan dengan baik. Ada berbagai masalah yang bisa terjadi jika saluran pencernaan tidak diperhatikan, misalnya saja sembelit. Nah, gangguan seperti ini bisa terjadi karena kurangnya asupan serat. Jadi, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti halnya salad buah.

Tak hanya itu saja, asupan serat juga mampu mendukung bakteri baik di dalam usus dan mengurangi terjadinya peradangan dalam saluran cerna. Dengan mengonsumsi salad buah, maka sahabat Dream berkesempatan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dalam satu hidangan. Bahkan rasa salad buah sendiri sangatlah lezat dan menyegarkan.

Memelihara Kesehatan Mental

Manfaat salad tak hanya baik bagi kesehatan secara fisik saja, tetapi juga secara mental. Bahkan hal ini telah dilakukan penelitian yang membuktikan bahwa mengonsumsi salad buah secara rutin bisa berdampak baik bagi kesehatan mental.

Hal ini karena buah sendiri memiliki kandungan berupa karbohidrat kompleks dan polifenol yang mampu membuat suasana hati, konsentrasi, dan stamina menjadi baik. Kesemua inilah yang secara otomatis bisa membuat mental sahabat Dream menjadi lebih sehat.

Cara Membuat Salad Buah yang Sehat

© Unsplash.com

Salad buah yang sehat itu tidak harus menggunakan buah-buahan dan bahan yang mahal lho, sahabat Dream. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah secara mudah dan pastinya menyehatkan. Berikut adalah cara membuat salad buah sehat yang bisa sahabat Dream praktikkan:

Resep Salad Buah Sehat Pertama

Bahan-bahan:

    Buah pisang, semangkat, jeruk, kiwi, naga, dan stroberi.

    Minyak zaitun.

    Yoghurt tawar atau plain.

    Perasan jeruk.

    Susu kental manis.

    Keju parut.

Cara Membuat:

    Potonglah buah-buahan sesuai dengan selera sahabat Dream, lalu masukkan ke mangkuk.

    Berikan yoghurt dan mayonnaise agar cita rasanya lebih nikmat dan memberikan tambahan lemak. Sahabat Dream juga bisa memberikan minyak zaitun dan perasan air jeruk agar mendapatkan dressing yang ringan.

    Berikan tambahan madu atau susu kental manis agar rasanya menjadi manis.

    Kemudian berikan parutan keju untuk topping-nya.

    Masukkan salad buah ke kulkas dan nikmati dalam kondisi dingin.

Resep Salad Buah Sehat Kedua

Bahan-bahan:

    Buah semangka dan jeruk.

    Minyak zaitun.

    Perasan air jeruk atau lemon.

    Daun mint.

    Keju parut.

Cara Membuat:

    Potong buah jeruk dan semangka sesuai dengan selera sahabat Dream. Lalu masukkan ke mangkuk dan diamkan dalam lemari es.

    Berikan tambahan perasan air jeruk lemon atau jeruk biasa. Sahabat Dream juga bisa memberikan minyak zaitun untuk dressing-nya dalam jumlah yang sedikit.

    Berikan tambahan keju parut dan daun mint sebagai topping-nya.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website dream.co.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”