Jajal All New Honda HR-V Mudik Lewat Lingkar Tol Cisamdawu Menuju Sumedang

ulinulin.com – JAKARTA – Pada momen Lebaran tahun ini, kami redaksi bersama dengan OTO Media Group menghadirkan Lebaran Drive, di mana terdapat 10 kendaraan terbaru yang dijajal sekalian mengunjungi kampung halaman. Sebenarnya tidak semua yang diajak mudik, beberapa di antaranya juga tetap di Jakarta untuk menikmati suasana lengang di jalan–jalan protokol Ibukota.

Sementara saya berkesempatan untuk menjajal All New Honda HR-V tipe SE yang sudah dibekali dengan peranti Honda Sensing. Jujur saja, mobil ini memiliki tampilan yang cukup mewah dari luar hingga ke dalamnya. Apalagi dukungan tema two tone yang dihadirkan pada eksteriornya ditambah lagi cat Sand Khaki Pearl ini membuatnya makin terlihat elegan. Pada momen Lebaran Drive 2022 ini, saya mengajak All New Honda HR-V ke daerah Kabupaten Majalengka lewat jalur Sumedang dan menjajal Tol Cisamdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan).

Jalan tol lingkar luar yang menjadi trek pembuka pada Lebaran Driving kali ini terasa kurang bersahabat. Rombongan pemudik yang akan melalui Tol Trans Jawa terlihat menumpuk di seluruh lajur. Kami beberapa kali harus ikut menjaga jarak atau bermanuver demi mendapatkan antrean yang tidak terlalu stuck alias macet. Beruntung pada Honda HR-V SE ini sudah dibekali dengan fitur Honda Sensing yang terdiri dari Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Monitoring (RDM), Collision Mitigation Brake System (CMBS), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (ACC) dan Lead Car Departure Notifaction System. Fitur tersebut cukup bermanfaat saat melewati beberapa kondisi jalan yang berbeda-beda menuju Tol Cisamdawu.

Setelah semua fitur dipastikan dalam kondisi aktif, kami langsung menjajalnya sesaat memasuki jalan tol Jakarta–Cikampek. Fitur yang pertama terasa adalah ACC with Low Speed Follow yang mengikut kecepatan kendaraan di depannya dengan jarak yang bisa diatur hingga empat tingkatan. Namun gaya berkendara yang dari mode ACC with Low Speed Follow ini terbilang kurang nyaman dan pengeremannya pun kurang smooth. Tapi saat kondisi jalan lengang, fitur ini sangat bermanfaat dan membantu pengemudi untuk mengoperasikan pedal gas dan akselerator.

Selanjutnya saat kondisi jalanan mulai lengang, fitur LKAS langsung diaktifkan dan secara otomatis membaca garis lajur yang teridentifikasi pada layar cluster meter. Peranti ini terbilang cukup aktif mendeteksi setiap marka jalan di lajur tersebut, sesaat jalur berbelok fitur ini juga ikut menggerakkan lingkar kemudi agar tetap di lajur yang seharusnya. Namun saat kendaraan tak sengaja melewati garis marka maka fitur RDM akan mengoreksi kemudi untuk mengembalikan kendaraan ke lajur seharusnya. Kami beberapa kali sempat berpindah lajur tanpa menggunakan lampu sein terlebih dahulu, hasilnya terdapat notifikasi berupa bunyi dan lingkar kemudi terasa lebih berat untuk digerakkan.

Pada pengendaraan jarak jauh, All New Honda HR-V SE ini memiliki karakter mesin yang cukup responsif. Tenaga 119 hp dengan torsi 145 Nm dari mesin 4-silinder 1.5 liter i-VTEC ini mampu memenuhi kebutuhan pengendara untuk berakselerasi maupun manuver untuk melewati kendaraan sekitarnya. Transmisi otomatis CVT nya pun berpindah cukup smooth membaca putaran mesin, bahkan beberapa kali kami menggunakan mode sport dan menggunakan paddle shift untuk gaya berkendara yang lebih dinamis. Namun pada kondisi stop and go kami lebih suka mengunakan mode ECON demi respons mesin yang lebih kalem.

Dari total pengendaraan yang hampir mencapai 150 km terlihat konsumsi bahan bakar yang mencapai 19 km/liter dengan kondisi jalan beragam. Angka tersebut kami dapatkan dari layar MID (Multi Information Display) pada All New Honda HR-V yang tampil secara digital dan semi analog. Sementara itu untuk mengusir rasa bosan sepanjang perjalanan kami beberapa kali mengaktifkan pemutar musik yang disambungkan melalui Apple CarPlay. Selain itu, fitur Google Maps pun dapat diaktifkan melalui perangkat ini dan ditampilkan pada layar 8 inci di tengah dashboard.

Salah satu yang membuat kami agak kecewa adalah pengaturan jok yang masih menggunakan tuas manual dan pengoperasian panoramic roof yang manual. Jujur saja, langkah-langkah membuka tutup cover panoramic untuk baris belakang agar repot dan memakan tempat. Belum lagi cuaca di Ibukota belakangan ini lebih sering panas, otomatis suhu AC akan lebih ditingkatkan lagi agar tidak kepanasan.

Tapi secara keseluruhan, All New Honda HR-V ini memiliki pengendaraan yang stabil di segala kondisi. Mungkin salah satunya ialah peranti stability control dan karakter suspensi yang cukup stiff untuk sebuah crossover. Apalagi angka yang dibanderol cukup masuk akal yakni sekitar Rp 399 jutaan dengan paket lengkap dan tampilan elegan bak kendaraan Eropa. Saran saya, warna Sand Khaki Pearl ini jadi yang utama agar terlihat lebih eksklusif dan memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan model lainnya.(ALVANDO NOYA / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”