Jakarta Makin Macet, Jangan Sampai Stres di Jalan Ya!

ulinulin.com

Pergi pagi pulang malam. Itulah rutinitas yang dilakukan oleh sejumlah warga di kota-kota besar seperti Jakarta. Jika tidak berangkat pagi-pagi buta, maka akan terjebak dengan kemacetan. Sementara kalau tidak pulang larut malam, maka jalan juga masih saja macet.

Kondisi seperti ini yang dibiarkan terus menerus tentunya akan membuat Anda stres. Ketika sudah mengalami stres di jalan, maka sampai tempat beraktifitas, kondisi tubuh dan pikiran pun sudah tak lagi fit.

Lalu bagaimana untuk mengatasinya? Atau setidaknya sedikit mengurangi? Berikut kami berikan beberapa tips buat Anda:

1. Manajemen Waktu

Atur waktu kapan harus berangkat dan pulang kerja untuk menghindari macet

Kemampuan mengatur waktu dalam kehidupan memang amat diperlukan. Termasuk memperhitungkan kapan harus berangkat ke kantor misalnya. Jika Anda sudah melewati rute yang sama untuk pergi dan pulang kantor, tentunya sudah paham betul kapan jam-jam macet di rute tersebut.

Nah untuk mengindarinya, pilihlah waktu-waktu dimana rute tersebut agak longgar dari kemacetan. Misalnya berangkat lebih awal atau bahkan di saat pengguna jalan lain sudah sampai tujuan, Anda baru berangkat. Dengan demikian, Anda sedikit terhindar dari kemacetan yang membuat stres.

2. Cari Jalur Alternatif

Gunakan peta digital dan cari rute alternatif

Kalau rute yang selama ini Anda lalui kerap kali macet dan tak bisa dihindarkan, coba deh untuk mencari rute alternatif. Caranya Anda bisa terlebih dulu gunakan sepeda motor untuk mencari jalan-jalan tikus yang mungkin bisa dilalui kendaraan Anda. Tujuannya tentu menghindar dari titik-titik kemacetan.

Atau bisa juga Anda menggunakan jasa ojek online. Karena biasanya, para pengemudi ojek online mengetahui jalur-jalur alternatif di wilayah tersebut untuk menghindar dari macet. Kalau Anda punya ponsel yang dilengkapi Google Maps atau Waze, bisa juga diaktifkan fitur pencari jalur alternatifnya.

3. Sedia Makanan Ringan, Air Mineral, dan Musik

Siapkan camilan sebagai teman saat terjebak macet di jalan

Untuk menghindari stres di jalan akibat macet yang tak kunjung terurai, maka jangan lupa untuk selalu sediakan makanan di dalam mobil. Cukup makanan ringan favorit Anda saja, tapi sebaiknya pilih yang mudah untuk mengkonsumsinya dan tidak membuat berantakan ya. Supaya sisa-sisa makanan ini tidak meninggalkan kotoran dan mengundang semut untuk datang ke kabin mobil Anda.

Selalu juga siapkan kumpulan lagu-lagu favorit Anda. Caranya bisa berupa kepingan CD atau disk MP3, atau dimasukkan ke dalam flash disk maupun ponsel. Umumnya headunit mobil modern sudah dilengkapi fitur USB slot, sehingga tinggal koneksikan flash disk atau ponsel tersebut menggunakan kabel USB untuk memutar lagu-lagu kesayangan Anda di mobil selama perjalanan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”