Jangan Anggap Remeh, Fungsi Tutup Pentil Ban Cukup Penting

ulinulin.com

Banyak dari kita kerap meremehkan komponen kecil seperti tutup pentil ban. Tapi apakah Anda tahu, tutup pentil pada ban ternyata punya fungsi penting. Paling fatal, akibat tidak memiliki tutup pentil bisa membuat ban Anda meledak. Apesnya lagi, karena ulah hal kecil seperti tutup pentil ban Anda bisa ditilang Polisi.

Pentil ban yang tidak tertutup bisa menimbulkan korosi dan masalah lainnya pada velg dan ban

Adapun fungsi tutup pentil ban adalah mencegah udara di dalam ban agar tidak keluar melalui celah kecil pada katup. Tidak hanya itu saja, tutup pentil juga mampu menahan kotoran maupun air agar tidak masuk. Sebab, apabila sudah terlanjur masuk akan menimbulkan korosi yang menyebabkan katup menjadi bocor.

Hal ini jelas sangat berhubungan dengan faktor keselamatan yang diakibatkan oleh tidak adanya tutup pentil ban. Memang tidak akan langsung terasa akibatnya, namun banyak kejadian ban bocor halus hanya karena tidak menggunakan tutup pentil ban. Terlebih bila Anda sering mengemudi dalam kecepatan tinggi dan mengalami kerusakan maka bisa memicu kecelakaan.

Modifikasi tutup pentil ban tidak masalah namun disarankan berbahan plastik untuk cegah karat

Bila Anda berencana untuk memodifikasi tutup pentil yang dijual umum, tidak masalah. Namun mengingat fungsi tutup pentil ban ini cukup penting, jangan pilih yang berbahan logam. Mengapa? Meski memiliki daya tahan yang lebih bagus tetapi bila kena air mudah berkarat. Mengingat ban adalah komponen yang bersentuhan langsung dengan aspal, maka korosi pada tutup pentil ban bisa ‘menular’ ke ulir. Akibatnya tutup pentil ban sulit dibuka.

Paling berbahaya bila karat pada tutup pentil ban merambat hingga pelek. Jadi pastika dahulu bahwa tutup pentil ban yang Anda beli sebagai aksesoris modifikasi berbahan plastik atau setidaknya pada bagian ulir bukan berbahan logam, misalnya karet atau plastik. Jadi, jangan sepelekan lagi ya fungsi tutup pentil ban mobil Anda.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”