Jangan Anggap Sepele, Minum Cukup Air Penting bagi Tubuh

ulinulin.com – Sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air . Namun, air dalam tubuh bisa saja berkurang dan berpotensi memicu dehidrasi.

Padahal, dehidrasi bisa berakibat fatal bagi seluruh organ tubuh kita. Itu sebabnya, kita disarankan untuk mengonsumsi air dengan cukup setiap harinya.

Ahli kesehatan merekomendasikan kita untuk mengonsumsi sekitar dua liter air putih setiap hari. Akan tetapi, kebutuhan cairan setiap tubuh berbeda-beda.

Manfaat minum cukup air setiap hari

Kebutuhan cairan yang tercukupi juga membantu tubuh kita agar berfungsi optimal. Berikut berbagai manfaat minum cukup air setiap hari:

1. Meningkatkan energi dan fungsi otak

Melansir laman Healthline, kehilangan cairan tubuh 1,36 persen setelah berolahraga bisa mengganggu suasana hati dan konsentrasi.

Kondisi tersebut juga bisa meningkatkan frekuensi sakit kepala. Riset juga membuktikan dehidrasi ringan bisa merusak banyak aspek fungsi otak.

Hal ini juga bisa berpengaruh buruk pada kinerja fisik dan daya tahan tubuh.

2. Menurunkan berat badan

Asupan air yang cukup terbukti da[at meningkatkan metabolisme dan menguragi nafsu makan.

Hal ini tentu turut memicu penuruan berat badan. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam laman Healthline, konsumsi dua liter air setiap hari bisa meningkatkan pembakaran kalori sebesar 96 kalori perhari.

Selain itu, minum air juga memicu kenaikan suhu tubuh yang turut meningkatkan pembakaran kalori.

Minum air sekitar setengah jam sebelum makan juga dapat mengurangi jumlah kalori yang akhirnya kita konsumsi, terutama pada orang yang berusia tua.

3. Menurunkan risiko berbagai masalah kesehatan

Minum air yang cukup juga membantu meminimalisasi gangguan kesehatan, seperti konstipasi, kanker jenis tertentu, dan batu ginjal.

Minum air yang cukup juga terbukti membantu melembapkan kulit dan mengurangi masalah kesehatan.

Tips mencukupi cairan tubuh

Rata-rata manusia perlu minum dua liter air setiap hari. Namun, setiap individu memiliki kebutuhan air yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat aktivita, kondisi kesehatan, dan sejenisnya.

Agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, kita harus memastikan minum cukup air saat berolaraga atau cuaca terlalu panas. Hal ini sangat penting untuk mengimbangi cairan tubuh yang hilang.

Selain itu, kita juga harus segera mengonsumsi air saat merasa haus agar terhindar dari dehidrasi.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”