Jangan Kaget, Harga Bitcoin Kini Setara Kijang Innova

ulinulin.com – Pembaca diharapkan jangan kaget, karena harga Bitcoin kini setara mobil Kijang Innova, yakni Rp350 juta.

Terpantau di Bitstamp via TradingView, pada 26 Desember 2020, pukul 10:25 WIB, harga Bitcoin menjulang mantap di US$25.000. Inilah rekor tertinggi sepanjang masa yang terbaru.

Dengan kurs USD/IDR US$14.000, maka harganya setara dengan US$350.000.000. Dengan nilai sebanyak itu sudah setara dengan harga mobil Kijang Innova.

Sebelum masuk ke wilayah psikologis itu, sebelumnya Bitcoin berjuang dulu masuk ke wilayah lebih dari US$24.659. Harga itu merupakan resistensi sebelumnya pada 21 Desember 2020 pukul 03:35 WIB.

Raja Aset Kripto itu memang sempat jatuh murah hingga 10 persen di US$23.600. Namun dalam beberapa hari berikutnya naik perlahan-lahan ke US$24.776 melampaui resisten 21 Desember 2020 itu, pada 26 Desember 2020 pagi.

Ketika artikel ini ditulis, terpantau Bitcoin turun tipis di kisaran US$24.800. Sentimen pasar tampaknya masih bullish.

Akumulasi oleh Perusahaan BesarBitcoin memang tampak pantas masuk ke wilayah penting itu, karena arus masuk modal yang amat besar dari perusahaan-perusahaan raksasa.

Sebut saja misalnya keputusan Riot Blockchain yang memutuskan menambah jumlah mesin tambang Bitcoin-nya. Ini mencerminkan kepercayaan diri di sisi industri penambangan Bitcoin soal masa depan aset kripto besar itu.

Lalu ada perusahaan manajemen aset milik mantan pejabat AS yang membeli Bitcoin bernilai total Rp354 miliar.

Sebelumnya ada Mogo, perusahaan fintech asal Kanada yang berencana membeli Bitcoin lebih dari Rp200 miliar.

Aksi beli yang cukup besar lainnya adalah oleh perusahaan publik MicroStrategy, yakni setara dengan Rp9,2 triliun. Dana super jumbo itu diperoleh dari hasil penjualan obligasi perusahaan (bond).

Faktor umum penyebab apresiasi positif ini masih soal kekhawatiran terus menurunnya nilai dolar AS di pasar global. Tergerusnya nilai mata uang cadangan global itu, akibat penerbitan dolar AS yang semakin banyak oleh Bank Sentral AS demi menyelamatkan ekonomi dampak pandemi COVID-19.

Nilai dolar saat ini (DXY) adalah 90,22. Dalam 5 hari terakhir sudah turun 0.23%. Berturut-turut, 1 bulan (-1,71 persen), 3 bulan (-4.67 persen), YTD (-6,40 persen), 1 tahun (-6,91 persen), berdasarkan dari dari MarketWatch.com. [red]

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website blockchainmedia.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”