Jangan Khawatir, Ini 5 Tips agar Kamu Tetap Nyaman Bekerja saat Haid

ulinulin.com – Apa saja tips yang biasa kamu lakukan agar dapat tetap bekerja dengan nyaman saat haid? Apakah kamu malah mengalami kesulitan untuk bekerja dalam kondisi tersebut?

Mood yang tidak menentu, keram, sindrom pramenstruasi (PMS), hingga berbagai jenis gangguan haid lainnya dapat menjadi gangguan dalam bekerja.

Meski begitu, kamu tetap harus merasa nyaman ketika bekerja dalam kondisi ini. Berikut lima tips dari Glints agar kamu bisa tetap nyaman bekerja saat haid.

Tips Bekerja saat Haid

1. Gunakan produk sanitasi yang nyaman

© Freepik.com

Ada banyak produk sanitasi yang bisa kamu gunakan saat haid. Mulai dari pembalut, tampon hingga menstrual cup yang sempat menjadi tren beberapa waktu belakangan ini.

Memilih produk sanitasi yang tepat dan nyaman akan memudahkan kamu menjalani aktivitas sehari-hari.

Menurut Verywell Health, cara untuk mengetahui produk sanitasi yang tepat adalah dengan memahami tubuhmu, siklus,periode, hingga aliran haidmu.

Siklus dan periode haid dapat berbeda pada masing-masing perempuan. Normalnya, siklus haid berlangsung sekitar 21-35 hari dengan periode 2-7 hari.

Sebagian perempuan mengalami aliran haid yang deras pada beberapa hari dibandingkan beberapa perempuan lainnya.

Untuk itu, gunakanlah produk sanitasi yang dapat menampung haidmu dengan baik. Selain itu, gantilah produk sanitasimu setiap 4-6 jam untuk menjaga kebersihan area kewanitaan.

2. Gunakan kompres hangat jika mengalami keram

© Freepik.com

Sebagian besar perempuan mengalami keram pada area perut saat haid. Kompres hangat akan membantumu mengurangi rasa sakit akibat keram.

Saat ini, kamu bisa menggunakan produk kompres khusus menstruasi yang dapat ditempelkan ke area perut. Hal ini membuatmu tetap bisa bekerja saat haid dengan nyaman.

Selain kompres, kamu juga bisa mengurangi keram dengan banyak mengonsumsi air putih. Mengonsumsi air dapat mencegah dehidrasi yang dapat menyebabkan keram semakin parah.

3. Konsumsi makanan yang sehat

© Freepik.com

Ahli gizi dan penulis buku kesehatan Kathy Smart menyebutkan kepada Huffington Post bahwa makanan yang sehat dengan gizi seimbang dapat mengurangi keram dan PMS.

Buah yang banyak mengandung air dan sayuran hijau dianggap dapat membantu mengurangi keram.

Sebaliknya, makanan dengan kadar garam yang tinggi dapat menyebabkan perut terasa kembung dan memperparah keram.

Selain itu, hindarilah mengonsumsi kafein terlalu banyak. Kafein dapat menyebabkan perasaan gelisah, cemas, sulit tidur, hingga insomnia.

Hal ini tentunya tidak baik terutama ketika kondisi haid. Pasalnya, mood dapat memburuk terutama jika kamu sebelumnya telah mengalami PMS.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang sehat dengan membawa bekal ke kantor setiap hari. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi.

4. Gunakan pakaian kerja yang nyaman

© Freepik.com

Bekerja saat haid terkadang mempengaruhi rasa nyaman dengan tubuh kita sendiri. Untuk itu, menggunakan pakaian yang nyaman ketika bekerja akan membuatmu lebih mudah menjalani aktivitas.

Kamu tetap harus menjaga penampilan di tempat kerja sekalipun dalam kondisi haid, lho! Tidak ada alasan untuk tidak berpenampilan rapi walaupun kamu merasa moody akibat haid.

Gunakan pakaian yang dapat membuatmu bergerak dengan nyaman, terutama jika kamu banyak bekerja di luar ruangan.

Kamu juga bisa menggunakan pakaian berwarna gelap jika kamu memiliki periode haid dengan aliran yang deras. Hal ini membuatmu tidak perlu khawatir noda haid akan mengenai pakaian kerjamu.

5. Pertimbangkan cuti haid jika kamu mengalami gangguan haid

© Pexels.com

Bagi sebagian perempuan, siklus haid selalu diiringi dengan berbagai gangguan haid.

Gangguan yang umum dialami adalah dismenorea, yaitu rasa nyeri saat haid, biasanya terjadi pada hari pertama ataupun hari kedua.

Rasa nyeri ini terjadi secara intens sehingga sebagian besar penderitanya tidak dapat beraktivitas sebagaimana biasanya.

Jika kamu mengalami rasa nyeri yang tidak dapat ditahan ataupun berbagai gangguan haid lainnya yang mengganggu aktivitas, ada baiknya kamu mengambil cuti haid untuk sementara waktu.

Dengan demikian, kamu dapat fokus beristirahat dan memulihkan diri, atau menemui dokter jika diperlukan.

Mengalami haid bukan berarti kamu tidak dapat bekerja dengan baik. Selain tips yang sudah dijelaskan di atas, langkah apa saja yang kamu lakukan agar dapat bekerja dengan baik saat haid?

Kamu bisa mendiskusikan hal tersebut dengan pengguna Glints lainnya melalui Glints Komunitas.

Glints Komunitas adalah forum tanya jawab tempat kamu bisa mendiskusikan berbagai hal seputar dunia kerja termasuk soal bekerja dalam kondisi haid dengan para ahli ataupun pengguna Glints lainnya.

Yuk, sign up dan bagikan pengalamanmu!

Sumber

    Choosing the Best Tampons, Pads, and Menstrual Cups

    Foods For Cramps: 10 Natural Ways To Fight Period Cramps

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”