Jangan Lupa Cobain 10 Rekomendasi Minuman Khas Sunda Yang Lezat Ini Untuk Melepas Dahaga

ulinulin.com – Sunda merupakan salah satu suku di Indonesia yang umumnya tinggal di provinsi Jawa Barat. Kehadiran budaya ini membuat Nusantara kita berlimpah kebudayaan, termasuk dalam hal makanannya dan juga minuman khasnya.

Ada banyak sekali makanan ataupun masakan dan minuman khas Sunda yang cukup populer di Indonesia, bahkan beberapa diantaranya sudah go internasional ke luar negeri. Contohnya seperti nasi timbel, batagor, sayur asem, tahu gejrot, cilok serta dodol garut.

Bukan hanya itu saja, masyarakat Sunda juga memiliki banyak produk minuman yang patut buat dicicipi dari mulai jenis tradisional, menyegarkan, unik sampai yg menawarkan sensasi hangat-hangat.

Dan berikut adalah daftar minuman khas Sunda yang patut kamu coba saat berkunjung kesana.

1. Bajigur

Bajigur ini adalah salah satu contoh minuman tradisional suku Sunda yang sudah sangat populer di perkancahan kuliner Indonesia. Berdasarkan resepnya, hidangan tersebut terbuat dari campuran gula aren dan santan kelapa.

Bajigur paling nikmat dikonsumsi dalam keadaan hangat di waktu cuaca dingin. Untuk menambah kenikmatannya, biasanya dicampur dengan sedikit jahe dan juga garam.

Dibuat dengan menggunakan rempah-rempah alami, tentu membuat Bajigur menjadi salah satu minuman yang cukup menyehatkan. Tak heran bila banyak orang suka mengonsumsi hidangan yg namanya kerap masuk dalam soal TTS ini.

Selain dapat diminum di tempat, Bajigur juga bisa dijadikan oleh-oleh karena sudah tersedia dalam kemasan sehingga bisa diseduh kapan saja dan dimana aja.

Untuk menemukannya juga tidak sulit, karena banyak tempat makan yang menyajikannya dan harganya pun cukup terjangkau. Salah satunya adalah Kedai Hj.Siti Maemunah di jalan Cilaki, Bandung.

2. Bandrek

Minuman khas Sunda berbahan utama jahe dan gula merah ini memiliki aroma yang cukup kuat. Tak hanya itu, tapi juga sangat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh.

Bahkan tak hanya itu saja, Bandrek juga dipercaya dapat mengobati berbagai macam jenis penyakit seperti sakit tenggorokan, batuk dll. Selain jahe dan gula merah, dalam penyajiannya biasanya ditambahkan serai, pandan, merica dan lainnya.

Disamping memiliki resep gampang didapat, cara membuatnya juga mudah. Sama seperti Bajigur, Bandrek juga kini sudah tersedia dalam bentuk bubuk jadi kamu bisa menyeduhnya kapan dan dimana saja.

Dan salah satu tempat paling recommended untuk mencicipinya adalah Bandrek Abah Ciwidey di jalan Raya Ciwidey-Rancabali, KM 13, Cimanggu.

3. Lahang

Ini adalah salah satu minuman khas Sunda yang sudah sangat terkenal hampir di seluruh penjuru Nusantara, namanya nyaeta Lahang.

Minuman manis dan menyegarkan ini bahan dasar pembuatannya diambil dari air nira atau sadapan sari aren. Lahang sendiri digadang-gadang sebagai minuman isotonic tradisional, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yg mengalami dehidarasi berat.

Meski tampak sederhana, tapi Lahang tidak mudah untuk dibuat dan tak boleh dikonsumsi sembarangan karena katanya ini merupakan sejenis minuman keras yg mengandung alkohol.

Untuk mencicipi minuman beralkohol tersebut, kamu bisa datang ke di Jln.KH.Abdullah Bin Nuh, Kota Cianjur, disana ada beberapa penjual yg menjajakan Lahang dengan harga sangat terjangkau.

4. Cendol

Tak ada orang Sunda yang tidak kenal dengan minuman satu ini. Hal tersebut dikarenakan Cendol cukup mudah ditemukan di seluruh penjuru daerah di Indonesia, termasuk di Tanah Pasundan, Jawa Barat.

Bahkan nama minuman tersebut juga sudah sangat terkenal di luar negeri. Bahan dasar pembuatan Cendol sendiri tergolong simpel, hanya perlu gula merah cair, santan, parutan es dan buliran serat yang terbuat dari tepung hunkwe.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi menu asli Cirebon ini adalah ketika cuaca panas. Dan salah satu tempat recommended ialah Es Cendol Elizabeth di jln.Inhoftank No.64, Bandung. Disini, seporsi cendolnya hanya dibanderol 7 ribu saja.

5. Es Goyobod

Goyobod adalah sejenis es campur orang Sunda yang berasal dari daerah Cirebon. Sama seperti Cendol, minuman ini juga umumnya disajikan dalam keadaan dingin-dingin, sehingga cocok dijadikan sebagai pelepas dahaga saat cuaca sedang panas.

Tak hanya memiliki nama unik, seporsi Goyobod juga dilengkapi dengan berbagai bahan tambahan seperti buah nangka, alpukat, parutan kelapa, gula merah cair dan jelly kenyal yang terbuat dari tepung hunkwe.

Kuliner lawas ini sampai sekarang masih tetap eksis, terbukti bisa dengan mudah ditemui di kota Bandung dan tidak perlu mengeluarkan budget besar untuk menikmatinya karena harganya murah meriah, tak sampai 20 ribu.

6. Es Doger

Es Doger adalah salah satu sajian enak dan menyegarkan yang berasal dari daerah Cirebon. Menurut asal-usulnya, minuman tersebut memiliki sejarah terkait penamaannya.

Konon katanya, kata Doger dalam penamaannya merupakan singkatan kata “dorong” dan”segar”. Hal tersebut dikarenakan penjualnya biasanya menjajakannya dengan menggunakan gerobak dorong.

Bahan-bahan dasar es doger ini sendiri terbuat dari campuran gula pasir, santan, pacar cina, singkong, tape, nangka, sirup merah muda, potongan roti tawar dan susu kental manis.

Cara membuat Es Doger yang cocok disantap saat cuaca panas ini sangat mudah. Dan penjualnya juga cukup gampang ditemui baik di pasar-pasar, pinggiran jalan ataupun rumah makan. Selain menyegarkan, harganya juga tergolong ekonomis.

7. Es Lilin

Pelepas dahaga satu ini dilihat dari gambar hampir mirip dengan Es Goyang. Minuman tersebut juga cukup terkenal berkat penggalan lirik lagu Pop Sunda yang sangat legendaris.

Bagi masyarakat di Jawa Barat, Es Lilin selalu menjadi pilihan untuk menuntaskan rasa dahaga. Bahkan seringkali dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Banyak diminati orang-orang, membuat penjual Es Lilin bertebaran di seluruh penjuru Tanah Pasundan. Disamping varian rasanya yang bermacam-macam, harganya pun murah meriah hanya 4 ribuan saja.

8. Es Oyen

Selain Es Lilin, orang Sunda juga masih punya satu lagi jajanan tradisional yang kerap dijadikan pilihan untuk melepaskan dahaga, contohnya adalah Es Oyen.

Pelepas dahaga satu ini dikatakan legendaris karena sudah sangat tenar sejak tahun 1954 silam. Meski termasuk jajanan lawas, tapi Es Oyen juga cukup mudah ditemui di Jawa Barat.

Salah satu tempat ngetop yang recommended untuk didatangi adalah Es Pak Oyen. Disamping rasanya menyegakan, harga minuman yg identik dengan warna merah mudah ini pun bersahabat dengan kantong.

9. Es Cincau

Selain enak dan menyegarkan, Es Cincau juga termasuk salah satu minuman khas Sunda yang cukup menyehatkan. Buat kamu yg bermasalah dengan pencernaan, dianjurkan untuk mengonsumsinya.

Walau termasuk jajanan jadul tapi Es Cincau masih banyak dicari orang-orang, terutama mereka yang mendambakan minuman segar dengan harga pas dikantong.

Sesuai namanya, minuman tradisional ini terbuat dari daun cincau hijau yang kemudian diberi gula dan serutan es batu. Sama seperti Cendol, pelepas dahaga tersebut juga banyak dijajakan di pinggir jalan, pasar ataupun rumah makan.

10. Es Mamboo

Nah, sebagai penutup ada Es Mamboo. Ini juga merupakan minuman khas Orang Sunda yang bentuknya mirip dengan Es Lilin.

Hanya saja Es Mamboo memiliki ukuran lebih besar dan varian rasanya pun sangat beragam, ada strawberry, green tea sampai rasa taro.

Dan satu tempat terbaik untuk mendapatkannya adalah Es Mamboo dan Yoghurt di jalan Cijeruk No.19A, Lembang, Kab.Bandung Barat. Cukup merogoh kocek Rp.4.000 saja buat kamu bisa menikmatinya.

Nah, itulah beberapa minuman khas Sunda yang wajib untuk dicoba. Jadi, jika kamu berencana liburan ke Tanah Pasundan atau sekitarnya, jangan lupa buat mencicipi sajian diatas ya!