Jangan Main Langsung Bayar, Ikuti Dulu Tips Beli Mobil Lelang Subaru Ini

ulinulin.com

Prosesi membeli mobil baru memang menyenangkan. Cukup sediakan dana, pilih model sesuka hati, transaksi, dan bawa pulang. Tapi jangan dikira hal tersebut mudah dilakukan. Sebenarnya banyak hal-hal penting yang harus dicermati sebelum tergesa-gesa membelinya.

Apalagi jika kita bicara mobil Subaru. Mungkin Anda masih sempat ingat ada kasus terkait brand Subaru di Indonesia, dimana ratusan mobil Subaru terbaru disita oleh Bea Cukai di Indonesia. Saat ini, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok bersama Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi akan melelang total 169 unit mobil lelang Subaru dengan rentang produksi 2010-2014, sesuai Pengumuman Lelang Nomor Peng-10/KPU.01/BD.02/2019 tentang Lelang Eksekusi Pajak.

Sudah pasti, jika Anda adalah penikmat mobil Subaru, kabar ini bisa menjadi angin segar untuk Anda membeli mobil Subaru dengan harga super miring, sama seperti harga mobil bekas Subaru. Meski demikian, Anda tidak bisa sembarangan langsung membeli mobil baru Subaru tersebut. Ada beberapa hal terkait prosedural membeli mobil lelang, terutama khusus terkait mobil Subaru, yang perlu dipahami agar Anda tidak rugi saat membeli mobil lelang Subaru ini. Dan berikut adalah tips membeli mobil lelang Subaru yang bisa disimak di Cintamobil.com

Cari tahu Daftar Mobil Lelang Subaru

Total 169 unit mobil lelang Subaru siap dilelang oleh Bea Cukai, dengan model terbanyak yang dijual adalah Subaru XV. Setiap mobil yang dilelang oleh Bea Cukai bisa di-cek melalui website resmi Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok di halaman ini. Tapi agar mempermudah Anda mengetahui tipe mobil Subaru apa saja yang dilelang kali ini, silakan simak dalam posting Instagram resmi mereka di @beacukaipriok.

A post shared by Bea Cukai Tanjung Priok (@beacukaipriok) on

Daftar mobil lelang Subaru yang dikeluarkan oleh Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai Tipe A Tanjung Priok

Pahami Beda Biaya Mobil Lelang

Transaksi beli mobil Lelang terdapat perbedaan dalam hal pembayaran ketimbang membeli mobil langsung ke diler dan penjual

Jika ini adalah kali pertama Anda membeli mobil lelang, ada beberapa penjelasan dan prosedural yang perlu Anda pahami. Untuk biaya yang dikeluarkan terdapat 2 bagian, yakni Uang Jaminan Lelang dan Limit Lelang. Uang Jaminan menjadi salah satu syarat utama mengikuti lelang, sehingga uang jaminan menjadi biaya awal yang perlu Anda keluarkan. Sedangkan Limit Lelang ialah batas bawah (minimal) biaya yang dikeluarkan untuk barang yang dilelang.

Nah jika Anda ingin ikut lelang mobil Subaru, Anda diwajibkan terlebih dahulu membayar Uang Jaminan Lelang melalui Nomor rekening Virtual Account yang bisa didapat di Aplikasi Lelang Internet milik Bea Cukai. Biaya uang jaminan lelang wajib sudah ditransfer 1 hari sebelum pelaksanaan lelang, dimana berdasarkan informasi KPKNL Bekasi akan diadakan di Rabu, 9 Oktober 2019.

Cek Kondisi Mobil Saat Ikuti Open House

Penting cek kondisi mobil Subaru yang dilelang dalam masa Open House

Tentu ada rasa khawatir untuk Anda yang belum pernah membeli mobil lelang, takut seperti “membeli kucing dalam karung”. Untuk itu, biasanya proses lelang mobil menyediakan waktu untuk peserta lelang bisa melihat mobil yang dilelang dalam kondisi apa adanya. Dalam kesempatan ini, sangat penting untuk Anda melihat fisik dan hal-hal teknis terkait mobil Subaru. Contohnya cek kondisi fisik kaki-kaki sampai ban dan pelek, area ruang mesin masih kering, kolong mobil apakah ada korosi, serta fitur penunjang yang ada di dalam interior masih terlihat baik atau tidak.

Jika Anda ikuut program lelang Subaru ini bisa melihat fisik mobil yang Anda incar saat momen Open House di Sabtu – Selasa, 28 September s.d. 1 Oktober 2019 di Tempat Penimbunan Pabean (TPP) Bea dan Cukai Cikarang, Jl. Tekno Boulevard, Tanjungsari, Kec. Cikarang Utara, Bekasi, Jawa Barat.

Lakukan Strategi “Wait & See” Saat Momen Open Bidding

Suasana lelang mobil yang mengumpulkan peserta lelang dalam satu tempat dan saling melakukan penawaran

Tentu karena Anda sudah tahu informasi seputar Limit Lelang, tentu sudah memperkirakan harga buka awal dari mobil incaran Anda saat nanti proses Open Bidding (Pembukaan penawaran). Sangat disarankan untuk tidak terbawa nafsu langsung mematok harga tertinggi agar mobil tersebut segera jatuh ke tangan Anda. Cukup Wait & See, lihat pergerakan setiap penawaran dari para penawar lain apakah mencurigakan dalam hal bidding kenaikan harganya. Jika angka yang diajukan masih di masuk ke dalam range dana yang Anda miliki untuk mendapatkan mobil ini, silakan lakukan penawaran sesuai kemampuan keuangan Anda.

Khusus jika bidding secara virtual di website, pastikan juga Anda mengikuti proses lelang tepat waktu sesuai waktu server dibuka. Sekedar informasi, Penawaran Terbuka (Open Bidding) melalui Aplikasi Lelang Internet di http://www.lelang.go.id untuk mobil lelang Subaru diadakan pada Rabu, 9 Oktober 2019 mulai jam 09.00 s.d. 12.00 waktu server(WIB), serta penetapan pemenang disampaikan pada jam 12.00 waktu server (WIB).

Urus Dokumen Kepemilikan Mobil Lelang Subaru

STNK merupakan salah satu dokumen penting terkait kepemilikan mobil

Jika diputuskan Anda sebagai pemenang mobil lelang Subaru, ada yang paling penting Anda lakukan sebelum menggunakan mobil ini di jalanan. Ya, karena mobil ini diinformasikan tanpa ada dokumen kepemilikan, maka terkait surat seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) hingga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) belum tersedia. Biasanya untuk mobil lelang tanpa dokumen kepemilikan, akan disediakan surat risalah lelang dan bukti pembayaran lelang yang bisa digunakan sebagai dokumen untuk mengurus surat-surat kepemilikan mobil ke kepolisian, sesuai Peraturan Kapolri Nomor 5 tahun 2012.

Bawa Ke Bengkel Spesialis Subaru

STNK merupakan salah satu dokumen penting terkait kepemilikan mobil

Karena mobil Subaru yang dilelang ini merupakan mobil sitaan dan merupakan mobil dengan tahun produksi 2010-2014, maka bisa dikatakan untuk kondisi dikhawatirkan tidak baik. Sekalipun sudah Anda cek secara fisik saat Open House, sangat dianjurkan untuk membawa ke bengkel spesialis Subaru di kota Anda untuk melakukan general check up termasuk pengecekan secara detil dari sisi mesin, suspensi, sampai ke area kelistrikan. Sebab biasanya penyakit mobil yang lama disimpan dan tidak digunakan ialah kabel yang mulai getas atau dimakan tikus, cairan oli yang menggumpal di dalam ruang mesin, dan kondisi ban yang sudah tidak bulat sempurna.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”