Jangan Menyerah! Berikut Ini 4 Tips Hadapi Kegagalan dalam Dunia Kerja

ulinulin.com – Setelah mengalami kegagalan dalam dunia kerja pastinya akan membuat kita merasa down dan ingin menyerah. Lalu, bagaimanakah caranya untuk segera pulih?

Jika saat ini kamu sedang merasa frustasi dan stres karena baru saja mengalami kegagalan dalam dunia kerja, yuk, cari tahu cara-cara terbaik untuk segera bangkit.

Berikut ini Glints persiapkan beberapa tipsnya.

1. Luapkan Emosi yang Dirasakan

© Freepik.com

Saat mengalami kegagalan, ada beberapa emosi yang akan muncul seperti marah, sedih, malu, hingga cemas.

Timbulnya perasaan tersebut tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman dan sebisa mungkin untuk menyimpan perasaan tersebut.

Padahal emosi seperti itu tidak seharusnya disembunyikan karena malah akan menyakiti diri sendiri.

Dilansir dari Verywellmind, pada saat mengalami kegagalan dalam pekerjaan tidak ada salahnya membiarkan diri tenggelam dalam emosi.

Luapkan saja perasaan sedih, marah, dan kecewa tersebut. Emosi itu akan membuatmu termotivasi untuk melakukan hal yang lebih baik lagi.

Namun, ingat ya jangan sampai kamu terlena dan terlalu lama merasakan kesedihan. Sebaiknya, persiapkan diri untuk segera bangkit dan kembali bekerja keras.

2. Tetap Tenang Saat Menghadapi Kenyataan

© Freepik.com

Kegagalan di dunia kerja adalah sebuah proses pembelajaran. Kamu harus memiliki pola pikir yang seperti itu.

College Recruiter menyebutkan bahwa saat menghadapi kegagalan harus dilakukan dengan tenang.

Jangan pernah kamu menunjukkan sikap kasar dan tetap junjung profesionalisme saat berada di kantor.

Memang sulit untuk mengontrol emosi saat sedang mengalami hal ini, tapi sebisa mungkin tenangkan diri dan mulai hadapi kenyataan dengan pikiran yang positif.

Bahkan saat ada orang lain yang bergosip soal kegagalanmu, jangan menanggapinya dengan amarah. Lebih baik hindari dulu mereka karena saat ini kamu perlu menenangkan pikiran.

3. Introspeksi Diri

© Freepik.com

Setelah kamu sudah berhasil mengendalikan emosi, sekarang saatnya introspeksi diri dan memahami penyebab kegagalan.

Cobalah untuk merenung selama beberapa saat. Cari tahu apa yang salah dan kenapa hal itu menyebabkan terjadinya kegagalan di dunia kerja.

Jangan pernah kamu menyalahkan orang lain karena kesalahan yang kamu buat. Cobalah ikhlas dan akuilah kesalahanmu.

Hal itu akan mempermudah proses penerimaan diri sehingga kamu akan lebih mudah mengetahui penyebab dari kegagalan tersebut.

Setelah melakukan introspeksi diri, tentunya kamu akan menemukan insight agar bisa menjadi orang yang lebih baik dan akan menghindari kesalahan yang sama.

4. Belajar Melihat dari Sudut Pandang Lain

© Freepik.com

Bangkit dari kegagalan memang tidak bisa dilakukan secara instan dan pasti memerlukan waktu.

Namun, lama atau tidaknya kamu bangkit dari keterpurukan tentunya hanya tergantung pada diri sendiri.

Setelah melakukan proses merenung dan introspeksi diri seharusnya kamu sudah siap kembali bangkit dan terus melanjutkan perjuangan.

Belajarlah untuk melihat sesuatu dari sudut pandang yang lain. Hal itu akan sangat membantumu untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Forbes menyebutkan hal terbaik yang bisa dilakukan untuk kembali bangkit adalah dengan belajar melihat sesuatu dari perspektif yang lain.

Misalnya, saat menerima kegagalan, cobalah untuk mulai berpikir bahwa hal itu adalah suatu pembelajaran yang bisa memuluskan jalan menuju keberhasilan.

Jangan lagi berpikir bahwa kegagalan terjadi karena kamu bodoh atau bahkan ditakdirkan menjadi orang yang tidak pernah berhasil.

Saat kamu mampu mengubah pola pikir menjadi lebih positif, pasti akan lebih mudah untuk mencintai diri sendiri dan bangkit dari kegagalan.

Ada satu hal yang perlu kamu ingat, kegagalan kerja merupakan hal yang pasti pernah dialami oleh setiap orang.

Bahkan kegagalan disebut menjadi bagian dari proses kehidupan yang tidak bisa dihindari. Bangkit dari keterpurukan pun memerlukan usaha yang keras.

Masih kurang lega? Kamu bisa menceritakan pengalaman kegagalanmu dalam dunia kerja di kanal Office Life di Glints Komunitas.

Di sana kamu bisa berdiskusi dengan sesama pengguna Glints dan saling berbagi pengalaman untuk kembali bangkit dari kegagalan, lho.

Yuk, segera daftarkan dirimu dan bagikan pengalamanmu sekarang juga!

Sumber

    10 Healthy Ways to Cope With Failure

    8 Effective Ways To Handle Failure At Work!

    Five Ways To Make Peace With Failure

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”