Jangan Panik! Inilah Tips Penting Berkendara Ketika Rem Mobil Anda Blong

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2019/04/08/FdbNczfb/rem-mobil-blong-8ce3.jpg”>

Jika Anda menekan pedal rem namun mobil tak kunjung berhenti seketika, itu tandanya rem mobil blong. Tak sedikit dari pengendara yang cenderung panik dan melakukan gerakan secara tiba-tiba serta tak terkontrol. Alhasil, banyak kejadian rem blong berujung pada kecelakaan fatal dan menelan banyak korban.

Merespon hal ini, Cintamobil.com hendak memberikan beberapa tips berkendara ketika rem mobil blong. Dari penjelasan ini akan diruntut cara-cara yang sederhana sehingga mudah dipahami.

1. Menekan Tombol Hazard Dan Klakson

Ketika Anda sudah mengetahui bahwa rem mobil blong, langsung tekan tombol Hazard yang ada pada dashboard mobil secepatnya. Setelah itu, Anda bisa menekan klakson mobil berkali-kali supaya pengendara lain di sekitar Anda mengetahui bahwa mobil Anda sedang dalam masalah. Upayakan menekan klakson secara berkala sehingga pengendara lain dapat segera menepi.

Langkah pertama adalah menekan tombol Hazard supaya pengendara lain bisa memahami kendaraan Anda sedang mengalami masalah

2. Turunkan Transmisi Ke Gigi Rendah

Salah satu cara menurunkan kecepatan mobil adalah menurunkan transmisi ke gigi rendah. Penting juga menjadi catatan bahwa pergantian gigi sebaiknya dilakukan secara bertahap, jangan dilakukan secara langsung. Semisal rem mobil Anda blong dan transmisi berada di tingkat empat, jangan langsung turunkan ke gigi satu dikarenakan akan membuat potensi limbung atau ‘oleng’ meningkat. Di sisi lain, perpindahan gigi langsung ke gigi satu, akan terasa cukup sulit mengingat kecepatan mobil yang sangat tinggi diubah ke rendah membutuhkan proses bertahap. Cara yang benar adalah menurunkan transmisi dari empat ke gigi tiga, lalu dua baru terakhir ke gigi satu.

Pindahkan transmisi ke gigi rendah secara lembut dan perlahan-lahan

Sedangkan pada mobil bertransmisi otomatis, Anda hanya memindahkan tuas transmisi dari posisi D ke D3 supaya mengurangi kecepatan. Lakukan hal ini ketika kecepatan mobil mulai turun dan pindahkan transmisi ke D3 secara lembut. Pastikan juga Anda masih mengontrol kemudi setir dengan benar, mengikuti jalur aman.

3. Tarik Rem Parkir

Setelah Anda mengetahui transmisi sudah berada di gigi satu, cara selanjutnya adalah menarik rem tangan atau rem parkir. Penting untuk diketahui, jangan langsung menarik rem tangan secara cepat namun lakukan secara perlahan agar laju mobil masih bisa Anda kendalikan. Jika divisualisasikan, tangan kiri menarik rem tangan secara perlahan dan tangan kanan memposisikan setir supaya tetap dalam jalur yang benar.

Langkah berikutnya adalah menarik rem parkir secara perlahan dan pastikan Anda masih mengontrol arah kemudi dengan benar

4. Kunjungi Bengkel Terdekat

Setelah semuanya terkendali dengan baik, Anda hanya tinggal menghubungi bengkel terdekat atau bengkel favorit Anda. Hal penting lainnya, tetap hidupkan lampu Hazard sembari menunggu bantuan datang. Upaya ini dilakukan supaya pengendara lain dapat mengetahui bahwa mobil Anda sedang menepi dan mengalami masalah.

Itulah rangkaian informasi mengenai tips berkendara ketika rem mobil blong. Mungkin bagi sebagian orang hal ini terbilang sederhana, namun jangan salah, banyak kasus rem blong berakhir buruk dikarenakan rasa panik yang timbul dari pengendara. Setidaknya, dengan adanya tips kali ini bisa membantu sobat semua dalam menghadapi kasus rem mobil blong. Akhir kata, jangan lupa untuk mengecek kondisi kendaraan sebelum berpergian serta berkendaralah dengan aman.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”