Jangan Sembarang Modifikasi Setir Mobil! Perhatikan Hal Ini

ulinulin.com – Agar mobil tampak lebih keren dan menarik perhatian, pemilik mobil melakukan modifikasi pada beberapa bagian mobil sesuai dengan kebutuhannya. Biasanya, pemilik mobil melakukan penyempurnaan pada bagian eksterior dan interior. Bagian yang dilakukan modifikasi pun beragam, salah satunya adalah setir mobil.

Modifikasi lingkar kemudi biasanya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara dan estetika dari interior. Salah satu penyempurnaan yang dilakukan biasanya adalah mengubah setir, atau menambah pengaturan media hiburan pada lingkar kemudi. Meskipun demikian, modifikasi pada setir mobil tidak bisa dilakukan sembarangan. Merubah setir mobil sembarangan berpotensi menimbukan bahaya. Oleh karena itu, sebelum modifikasi lingkar kemudi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil.

Pemasangan Tombol dan Kabel Saat Modifikasi Setir

Setir pada mobil terhubung dengan beberapa komponen kelistrikan. Komponen ini perlu diperhatikan ketika melakukan modifikasi. Biasanya, pemilik mobil ingin meningkatkan fungsi dari setir mobil. Penambahan tombol dan jalur kabel biasanya dilakukan. Pemasangan dari tombol dan jalur kabel harus benar dan dilakukan dengan hati-hati. Sebab, apabila pemasangan dilakukan sembarangan, maka bisa menghilangkan kontrol pengemudi ketika setir digunakan. Selain itu, pemasangan kabel yang salah juga dapat memicu korsleting pada mobil.

Perhatikan Fungsi Fitur pada Lingkar Kemudi

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat hendak memodifikasi lingkar kemudi adalah fungsi fitur standar. Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosadi menyatakan bahwa modifikasi setir kemudi bisa menghilangkan beberapa fungsi pada setir kemudi, misalnya seperti airbag. Oleh karena itu, penting bagi pemilik mobil untuk memastikan fitur keselamatan seperti airbag masih bekerja.

“Modifikasi sama sekali tidak di rekomendasikan, karena tiap ubahan bisa mengakibatkan tidak berkerjanya salah satu fitur. Sehingga mengurangi tingkat keamanan berkendara. Tapi memang dewasa ini perilaku modifikasi mobil tidak bisa dihindari. Bila memang ingin modifikasi setir, pastikan bahwa airbag masih berkerja. Sebab salah satu keterkaitan setir adalah pada airbag tersebut. Lalu pada kabelnya, jangan sampai menyebabkan korsleting” ujar Anjar Rosadi dilansir dari Kompas.com