Jangan Terburu Nafsu, Berikut Pentingnya Proses Fitting Velg

ulinulin.com

Layaknya ketika membeli baju, tentu Anda terlebih dahulu mencobanya agar dapat terlihat pas dan nyaman digunakan bukan? Hal yang sama juga berlaku saat ingin membeli velg mobil idaman. Banyak pemilik mobil yang terburu nafsu untuk memasangkan velg incarannya pada ruang roda mobil miliknya. Padahal saat membeli velg, ada proses fitting velg yang perlu dilakukan agar dapat terpasang dengan presisi serta memastikan sisi estetika dan kenyamanannya agar tetap optimal.

Beragam desain velg dan spesifikasi yang perlu Anda perhatikan sebelum dapat terpasang dengan presisi pada mobil Anda

Velg memiliki beragaram spesifikasi yang berkaitan dengan dimensi dan tipe yang dianut, mulai dari diameter lingkar, lebar, lay-out baut roda atau PCD yang dianut hingga ukuran offset-nya. Semua spesifikasi ini memang dengan mudah dicari tahu pada kemasan atau data yang dimiliki penjual. Namun disamping spesifikasi di atas kertas, velg juga perlu melakukan proses fitting agar benar cocok di ruang roda. “Banyak pemilik mobil yang enggak sabaran ingin segera memasang velg incarannya tanpa melalui proses fitting yang benar,” ujar Karman dari gerai Pesona Ban, di bilangan Jatiwaringin, Jakarta Timur.

Lakukan proses fitting velg dengan dan tanpa ban agar dapat terlihat optimal dari estetika dan kenyamanannya

Padahal proses fitting velg dan ban sangat penting, karena untuk mencari tahu apakah velg dan ban bisa terpasang sempurna di mobil. “Meski spek di atas kertas terlihat cocok, namun ketika dipasang di mobil, besar kemungkinan akan berbeda,” wanti Karman. Sebagai contoh, velg 18 inci akan terlihat besar, namun ketika dipasangkan pada mobil bisa saja akan membuatnya terlihat kecil. Begitu juga dengan desainnya. Meski terlihat keren saat di etalase, belum tentu pas ketika sudah dipasangkan di mobil.

Spesifikasi velg di atas kertas dapat berbeda ketika sudah terpasang

Hal yang sama juga berlaku untuk offfset-nya. ‘Meski dari spesifikasinya pas untuk mobil Anda, namun ketika terpasang bisa saja kurang pas, entah terlalu keluar atau masuk,” tambah Evan dari Sportisi Ban di Duren Sawit, Jakarta Timur. Begitu juga ban, butuh waktu untuk memasangkan pilihan ban agar cocok berdasarkan pilihan profilnya. Jika terlalu tebal atau tipis pemilihan profil ban, tentu akan mengganggu kenyamanan dan estetikanya. “Kalau profilnya terlalu tebal, maka takut gesrot saat belok atau muatan penuh. Begitu juga kalau terlalu tipis profilnya, akan membuat redaman ban terlalu keras dan berpotensi merusak bibir velg,” wanti pehobi model kit dan diorama ini.

Perhatikan offset-nya, jika angkanya lebih kecil dari bawaan mobil, maka velg akan semakin keluar fender. Begitu pula sebailknya.

Sehingga, Anda perlu lebih bersabar dan lebih memperhatikan saat proses fitting velg. Jangan lantaran sudah tergoda dengan desain dan harganya, lantas Anda ingin buru-buru memasangkan velg dan ban tanpa melewati proses fitting velg yang benar. Jika perlu Anda bisa meminta rekomendasi dari beberapa toko velg atau bengkel sebelum menjatuhkan pilihan pada velg incaran.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”