Jangan Tertukar, Ketahui 6 Perbedaan Tabungan dan Deposito

ulinulin.com – Mengetahui perbedaan tabungan dan deposito penting untuk perencanaan keuanganmu.

Meski sama-sama bertujuan untuk menyimpan uang dan mendapatkan keuntungan, namun terdapat perbedaan-perbedaan tertentu yang layak untuk menjadi pertimbangan.

Memang, apa sebenarnya perbedaan dari tabungan dan deposito? Glints telah merangkum informasi dari Kompas dan Okezone. Simak selengkapnya!

Baca Juga: Ketahui 5 Alasan Pentingnya Menyiapkan Tabungan Pensiun Sejak Dini

Perbedaan Tabungan dan Deposito

© cosmopolitanfm.com

1. Setoran minimal

Perbedaan pertama dari tabungan dan deposito adalah setoran minimalnya. Jika membuka tabungan, minimal setoran yang bisa kamu lakukan mulai dari Rp50.000.

Hal ini tentu berbeda dengan deposito. Tiap bank memiliki kebijakan minimal setoran yang berbeda, tetapi rata-rata minimal setoran awal deposito adalah sekitar Rp8.000.000-Rp10.000.000.

2. Jangka waktu penarikan

Perbedaan mendasar deposito dan tabungan lainnya adalah jangka waktu penarikannya.

Pada tabungan, kamu dapat mengambil tabunganmu kapan saja dan dimana saja. Berbeda dengan deposito, kamu baru dapat mengambil uangmu pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Biasanya, jangka waktu yang diberikan mulai dari satu bulan, hingga 12 bulan.

Oleh karenanya, jika kamu terpaksa harus mengambil depositomu sebelum jangka waktu yang diberikan, maka kamu harus membayar biaya penalti.

3. Fleksibilitas

Selain jangka waktu penarikan, perbedaan lain dari tabungan dan deposito adalah fleksibilitas dalam pengambilannya.

Kamu dapat dengan mudah mengambil tabungan dengan ATM dimanapun dan kapanpun.

Berbeda dengan deposito, selain harus mengambil pada waktu tertentu, kamu juga harus melakukan pengambilan di Bank tempatmu menyimpan deposito.

Proses administrasi yang diperlukan juga cenderung lebih rumit.

Baca Juga: Apakah Deposito Adalah Pilihan Tepat untuk Masa Depan?

4. Tingkat bunga

Perbedaan lainnya adalah tingkat suku bunga yang diberikan. Deposito memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan.

Umumnya deposito menawarkan suku bunga antara 5 – 6,5%per tahun.

Suku bunga yang ditetapkan pun disesuaikan dengan kebijakan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). LPS menetapkan dan menjamin besaran suku bunga.

Berbeda dengan tabungan yang memiliki tingkat bunga sekitar 1 – 2%. Besaran bunga pada tabungan tergantung pada besarnya nominal jumlah tabungan kamu yang ada di bank tersebut.

Bahkan bisa jadi dengan nilai tabungan yang kecil, uang yang kamu tabungkan bukan berkembang tapi malah berkurang.

Sebab terdapat biaya administrasi tabungan yang harus dibayarkan. Biaya administrasi ini tidak dikenakan pada deposito.

5. Perencanaan Keuangan

Dengan perbedaan tingkat bunga tersebut, maka wajar jika keduanya juga digunakan untuk perencanaan keuangan yang berbeda.

Tabungan biasanya digunakan untuk perencanaan jangka pendek dan untuk menaruh uang yang dipakai sehari-hari.

Berbeda dengan deposito, yang lazim digunakan untuk perencanaan keuangan jangka panjang. Pasalnya, deposito merupakan salah satu produk investasi paling aman.

Seperti yang disampaikan sebelumnya, simpanan pada deposito dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

6. Pencatatan

Perbedaan terakhir tabungan dan deposito adalah pencatatannya. Dana tabungan dan deposito dicatat di tempat yang berbeda.

Hal ini lantaran tabungan sifatnya hanya untuk menaruh uang, sedangkan deposito lebih ke investasi jangka panjang.

Untuk itu, ketika kamu membuka tabungan, biasanya pihak bank akan memberikan buku tabungan dan kartu ATM yang disertai nomor rekening.

Sementara kalau kamu membuka deposito, yang akan diberikan adalah bilyet deposito sebagai bukti bahwa kamu memiliki dana yang didepositokan.

Baca Juga: Jangan Terkecoh! Ini 5 Mitos Investasi yang Kamu Harus Pahami!

Demikianlah perbedaan tabungan dan deposito yang perlu kamu ketahui. Keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan tersendiri yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Jika kamu tertarik dengan informasi sejenis, kamu dapat mendaftar pada newsletter Glints.

Melalui newsletter Glints, Kamu akan mendapatkan berbagai informasi menarik yang langsung kamu terima di inbox-mu.

Yuk, daftarkan dirimu sekarang!

Sumber

    Tiga Perbedaan Utama Menyimpan Uang Deposito dan Tabungan Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Tiga Perbedaan Utama Menyimpan Uang Deposito dan Tabungan

    Pilih Tabungan atau Deposito, Mana yang Lebih Menguntungkan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”