Bagi"/> Jarang Disadari, 6 Alat Ini Sangat Membantu Pengemudi Saat Parkir Mobil

Jarang Disadari, 6 Alat Ini Sangat Membantu Pengemudi Saat Parkir Mobil

ulinulin.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/10/28/z4XgHune/3-a4e1.jpg”>

Bagi pengemudi kemampuan memarkirkan mobil adalah mutlak diperlukan, terlebih untuk area-area yang sempit. Karenanya diperlukan teknik khusus dan latihan sesering mungkin agar kemampuan parkirnya benar-benar mumpuni dan tidak mengganggu kendaraan yang lain.

Butuh latihan rutin untuk mahir parkir paralel (foto:toyota-makassar)

Selain mengusai teknik mengemudi dan bisa memanfaatkan setiap celah ada alat-alat yang sangat membantu pengemudi memudahkan saat parkir. Hanya saja terkadang piranti-piranti ini jarang disadari sangat membantu dan dibutuhkan di saat parkir. Berikut 6 piranti yang sangat membantu pengemudi saat parkir mobil:

1. Kaca spion

Spion tidak hanya penting saat kendaraan melaju di jalan raya untuk melihat arah samping dan belakang, tapi juga dibutuhkan saat parkir. Apalagi jika lokasi tempat parkir sempit spion membantu memastikan keadaan sekeliling mobil aman dan tidak menyenggol mobil lain.

2. Kamera parkir

Mobil zaman now yang dilengkapi dengan headunit atau layar monitor di bagian dashboard biasanya dilengkapi juga dengan kamera parkir. Ini akan lebih membantu sebab pengemudi bisa melihat objek yang berada di belakang kendaraan melalui layar monitor tanpa harus memalingkan kepala.

Ada kamera parkir mobil jadi lebih mudah (foto:satnavsystem)

Pada beberapa varian mobil, ada yang sudah dilengkapi kamera 360 derajat asli dari pabrikannya. Pastinya ini lebih memudahkan lagi saat parkir karena hampir seluruh area di luar mobil bisa terlihat dari layar monitor. Begitu tuas trasmisi dipindah ke posisi R, kamera akan menyala secara otomatis.

3. Parking assist

Alat lain yang sangat membantu saat parkir adalah parking assist. Fitur ini akan memberikan peringatan melalui bunyi yang keras manakala kendaraan terlalu dekat dengan objek di sekitar mobil, seperti mobil lain, sepeda motor, pohon, tembok, trotoar dan yang lain.

Parking Assist memberi peringatan saat terlalu dekat dengan objek lain (foto:pinterest)

4. Remote Control Parking

Bisa dikatakan Remote Control Parking adalah teknologi terbaru di Indonesia. Fitur ini baru diterapkan pada beberapa mobil mewah keluaran terbaru seperti BMW 740i yang baru diluncurkan tahun lalu, belum merambah ke mobil-mobil kelas menengah ke bawah. Fitur Remote Control Parking memungkinkan mobil bisa parkir sendiri tanpa pengemudi harus menyentuh kemudi. Karena teknologi ini otomatis, pengendara bisa saja berada di luar kendaraan sementara mobil parkir sendiri.

5. Garis pembatas

Mungkin saja ini luput dari perhatian pengemudi. Tapi diakui atau tidak adanya garis pembatas di lokasi parkir sangat membantu pengemudi memarkirkan kendaraan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan lain. Dengan adanya garis pembatas pengemudi tidak perlu khawatir tempat parkir tidak muat.

Kalau semua mobil parkir sesuai garis pembatas, mobil tak akan senggolan (foto:centrepark)

6. Aplikasi parkir

Kalau untuk yang satu ini gunanya memudahkan pengemudi mencari lokasi parkir. Jika di mancanegara ada aplikasi ParkNow dan Parkmobile milik BMW dan Mercedes-Benz, di Indonesia aplikasi serupa juga sudah ada dan bermunculan. Salah satunya adalah aplikasi CariParkir yang diciptakan oleh Astra International Tbk. Selain mengetahui lokasi parkir yang masih tersedia, aplikasi CariParkir bisa digunakan juga buat booking parkir di lokasi-lokasi tertentu. Pengemudi tidak perlu bingung lagi mencari lokasi, begitu datang lokasi masih tersedia. Aplikasi CariParkir saat ini sudah diluncurkan dan bisa didownload di Play Store, namun aplikasi ini masih berstatus BETA atau dalam tahap uji coba dan pengembangan.

Aplikasi CariParkir memudahkan pengemudi menemukan lokasi parkir (capture:google)

Kesimpulan, 6 alat tersebut di atas sangat membantu pengemudi memarkirkan kendaraan. Meski demikian, hasil akhir parkir yang baik tetap ditentukan oleh pengedara itu sendiri. So, tetap berhati-hati jangan sampai kendaraan salah parkir sehingga merugikan diri sendiri maupun orang lain.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”