Jatuh Cinta dengan Teman Satu Kantor? Pahami 4 Tips Ini agar Tetap Profesional

ulinulin.com – Bagaimana jika kamu jatuh cinta dengan teman satu kantor?

Mungkin pertanyaan itu kerap kali terpikirkan oleh banyak pekerja. Tidak bisa dipungkiri, banyak orang yang pada akhirnya mendapatkan pasangan hidup dari kantor dan berawal dari rasa suka kepada rekan kerja.

Dilansir dari Total Jobs, rata-rata orang menemukan pasangan romantisnya di tempat kerja sebanyak 22%. Angka tersebut tentu bukanlah angka yang kecil.

Meski demikian, kamu harus tetap menjaga diri saat jatuh cinta dengan teman kantor. Jangan sampai hal tersebut malah membuatmu kehilangan fokus bekerja dan berpotensi kena teguran dari atasan.

Lantas bagaimana cara menyikapi kondisi tersebut? Tenang saja, berikut Glints akan menjelaskannya kepadamu.

Penyebab Jatuh Cinta dengan Teman Kantor

© Freepik.com

Salah satu faktor utama yang menyebabkan orang dapat jatuh cinta dengan teman sekantor adalah intensitas berkomunikasi sangat tinggi.

David Brudo, CEO Remente berkata kepada Business Insider, rata-rata orang menghabiskan minimal 1.680 jam per tahun di kantor.

Hal ini membuat mereka cenderung menghabiskan waktu lebih banyak dengan rekan kerja dibandingkan dengan orang lainnya.

Brudo menambahkan bahwa dengan keadaan seperti itu, masing-masing pihak dapat berbagi informasi pribadi secara mudah.

Mereka bisa saja saling berbagi keluh kesah terkait pekerjaan sehingga menciptakan intensitas komunikasi yang tinggi.

Dengan adanya kondisi tersebut, lambat laun di dalam hati dua teman kantor itu akan tercipta rasa jatuh cinta satu sama lain.

Kendati demikian, masih menurut Brudo, penting untuk mengetahui perbedaan antara rasa suka atas dasar karena saling bekerja sama atau benar-benar jatuh cinta.

Pasalnya, dengan terus-terusan berkomunikasi, seseorang dapat dengan mudah merasa bahwa ia jatuh cinta kepada rekan kerjanya.

Tips Jika Jatuh Cinta dengan Teman Satu Kantor

© Freepik.com

1. Tetap bersikap profesional

Ingat, jangan sampai rasa sukamu kepada teman kantor membuatmu kehilangan profesionalitas. Tetap profesional dalam bekerja dan perlakukan orang yang kamu suka seperti halnya kamu memperlakukan orang lain.

Apabila kamu masih merasa sulit untuk melakukan hal tersebut, kamu bisa batasi kontak dengannya sebisa mungkin.

Sebagai contoh, ada pekerjaan yang memang harus berurusan dengan orang yang kamu sukai, tanyakan saja perihal pekerjaan dan jangan bahas hal lain yang bersifat pribadi.

2. Batasi pergi dengannya setelah kerja

Kebanyakan orang-orang kantor akan pergi bersama setelah urusan kerja selesai. Mungkin saja pergi ke restoran, kafe, tempat hiburan, dan lain sebagainya.

Jika teman kerja yang kamu taruh rasa jatuh cinta ikut pergi, usahakan untuk menolak ajakan tersebut secara halus.

Hal ini dilakukan supaya kamu tidak merasa canggung saat bepergian bersama teman kantor lainnya.

3. Batasi berbicara tentang hal yang tidak berkaitan dengan pekerjaan

Ketika di kantor, usahakan untuk menghindari perbincangan yang tidak berkaitan dengan pekerjaan.

Sebisa mungkin tetap menjaga perbincangan agar tidak terlalu intim. Bicarakan hal-hal umum saja, terutama yang terkait dengan pekerjaan.

4. Pertimbangkan tentang perasaanmu

Seperti yang dikatakan Brudo di atas, apakah kamu benar-benar jatuh cinta dengan teman kantor atau hanya suka karena sering berkomunikasi mengenai pekerjaan?

Pertimbangkan perasaan tersebut. Jangan sampai itu hanya cinta yang bersifat sementara sehingga berpotensi mengganggu pekerjaan dan kisah cintamu.

Itu dia penjelasan mengenai bagaimana cara menyikapi jatuh cinta dengan teman satu kantor.

Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan tips tentang interaksi dengan rekan kerja lainnya jika berlangganan newsletter blog Glints.

Hanya dengan sekali daftar secara gratis, kamu akan mendapat banyak tips dan info tersebut langsung di kotak masuk emailmu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang juga!

Sumber

    How Love Works

    The psychological reasons why you fall in love with your colleagues

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website glints.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”