Jenis Filter Udara Mobil dan Cara Membersihkannya

ulinulin.com – Filter Udara | Filter Udara Mobil

Filter pada mobil berfungsi sebagai penyaring udara ke dalam mesin. Tujuannya menahan debu atau partikel-partikel kotoran yang halus tidak sampai masuk ke ruang pembakaran.

Namun, seiring waktu filter juga bisa menjadi kotor. Bila tidak dibersihkan, pori-pori filter malah tersumbat dan mengganggu pasokan udara ke ruang bakar. Buntutnya, kinerja mesin tidak optimal yang bisa menyebabkan kerusakan.

Nah, membersihkan filter mobil sebenarnya tergolong mudah. Hanya saja, perlu mengenali dahulu jenis-jenisnya sebelum melakukan pembersihan. Berikut Momobil susun dari berbagai sumber jenis-jenis filter mobil dan cara membersihkannya:

Filter Kain

Gunakan sabun cuci dan air untuk mencuci dan membilas penyaring udara berbahan kain.Untuk membersihkan sisa-sisa debu atau kotoran halus, semprot filter dengan udara bertekanan dari kompresor.

Filter Spons

Gunakan campuran air dan deterjen untuk merendam filter udara berbahan spons. Goyang-goyang spons agar kotoran terlepas. Karena mudah sobek, spons jangan diperas terlalu keras, secukupnya saja. Keringkan spons dengan cara diangin-anginkan.

Filter Karton/Kertas

Membersihkan filter udara mobil jenis karton/kertas jangan dicuci dengan air. Cukup menyemprotkan udara bertekanan tinggi untuk mengusir debu maupun kotoran halus yang menempel.

Oleh : Putra. P

Foto : Istimewa

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website momobil.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”