Jenis-Jenis False Lashes (Bulu Mata Palsu) yang Paling Populer

ulinulin.com – False eyelashes alias bulu mata palsu adalah jalan keluar untuk orang yang berpikir bulu mata mereka terlalu pendek atau tidak cukup penuh, bahkan setelah dibantu maskara sekalipun. Apalagi jika Anda aktif di depan kamera, di industri hiburan, atau bekerja yang dituntut harus tampil menarik di depan banyak orang, bulu mata palsu adalah suatu keharusan.

Anda yang senang berdandan pun akan merasa kurang jika tidak pakai eyelashes palsu. Coba bayangkan smoky eyes tanpa bulu mata palsu? Yang ada bulu mata Anda akan terlihat botak karena jomplang dengan intensnya eyeshadow di sekitar mata. Eye makeup natural pun akan terasa kurang apabila Anda memiliki bulu mata yang pendek-pendek.

Dewasa ini, bulu mata palsu tersedia dalam berbagai gaya, ukuran dan jenis. Tidak semua bulu mata palsu diciptakan sama. Ada berbagai serat yang tersedia untuk dipilih, tetapi bagaimana Anda tahu mana yang terbaik? Jika digolongkan dalam skala besar, ada 2 jenis utama bulu mata palsu: strip lashes dan individual lashes. Untuk Individual lashes dibagi lagi menjadi dua yaitu flare lashes (satuan dengan beberapa helai) dan individual single lashes (satuan per satu helai).

Namun, Kamini akan membahasnya lebih dalam dengan membaginya jadi beberapa macam lagi. Sebelum membeli dan menggunakan bulu mata palsu, penting untuk mengetahui perbedaan opsi yang tersedia. Yuk, langsung saja kenalan dengan jenis-jenis bulu mata palsu yang ada di beauty market sekarang ini!

Berdasarkan Bentuk & Fungsi

Pertama-tama, Kamini akan membahas berbagai macam bulu mata palsu berdasarkan bentuk dan fungsinya terlebih dahulu. Ini merupakan yang paling mudah diidentifikasi karena bentuknya jelas terlihat. Yuk, disimak.

1. Strip Lashes

Tidak salah kalau bilang strip lashes merupakan bulu mata palsu yang paling populer. Baik para pemula, orang-orang biasa, hingga makeup artist profesional yang menggunakan strip lashes. Bulu mata strip hadir dalam banyak sekali gaya untuk menciptakan penampilan yang berbeda. Strip lashes juga dibuat dari berbagai bahan.

Bulu mata palsu yang paling berkualitas tinggi di pasaran saat ini terbuat dari 100% bulu mink (cerpelai). Bulu mata palsu lainnya yang tidak kalah berkualitas tinggi adalah dari bulu sable (musang kecil). Lainnya, dibuat dari rambut manusia serta bahan sintetis seperti plastik dan sutra.

Strip eyelashes yang berkualitas baik dapat digunakan berkali-kali (bahkan bisa sampai 10x) asal setelah dipakai langsung dibersihkan dari debu, sisa makeup, dan lem bulu mata, lalu disimpan baik-baik ke dalam tempatnya lagi agar bentuknya tetap melengkung. Strip lashes juga merupakan bulu mata palsu yang paling fleksibel karena dapat dipangkas agar sesuai dengan ukuran dan bentuk mata Anda.

Untuk pemula akan membutuhkan beberapa kali latihan sebelum menyempurnakan keterampilan memasang bulu mata, sehingga sebaiknya jangan buru-buru memotong bulu mata terlalu banyak. Lakukan sedikit demi sedikit saja. Atau mungkin Anda tidak membutuhkan pemotongan lashes sama sekali karena ukurannya sudah pas dengan mata Anda, who knows.

2. Individual Lashes

Individual lashes alias bulu mata palsu satuan. Membutuhkan skill yang lebih tinggi untuk mengaplikasikan bulu mata palsu ini. Karena, bisa dibayangkan menggunakannya jauh lebih ribet dan memakan waktu dibandingkan strip lashes. Lem bulu mata individual lashes juga berbeda dengan strip lashes, karena bulu mata palsu ini membutuhkan lem yang lebih kuat. Individual lashes dibagi menjadi dua, ini dia penjelasannya.

    Individual Flare Lashes

Individual Flare Lashes

Individual flare lashes. Sesuai namanya, individual, bulu mata palsu ini diterapkan secara individu (satu per satu), bukan sekaligus seperti strip lashes. Perbedaan individual lashes dengan strip lashes adalah lebih membantu dalam meningkatkan volume bulu mata dan untuk mengisi area bulu mata yang jarang-jarang. Bulu mata palsu jenis ini lebih sering digunakan oleh penata rias.

Kelebihan lainnya dari individual flare lashes adalah setiap orang yang menerapkannya memiliki kontrol lebih besar untuk menentukan bagaimana hasil akhir yang akan terlihat. Bulu mata flare biasanya hadir dalam 3 ukuran panjang yang berbeda, yaitu pendek untuk sudut dalam mata, sedang untuk tengah mata, dan panjang untuk ekor mata.

Buat layer (tumpuk beberapa individual flare lashes) untuk tampilan bulu mata yang lebih tebal atau tambahkan beberapa di sekitar bagian luar mata saja untuk membuat bulu mata terlihat lebih lebar.

    Individual Single Lashes

Individual Single Lashes

Jenis bulu mata palsu satuan yang lainnya adalah Individual Single Lashes. Perbedaannya dengan strip lashes dan individual flare lashes adalah, kedua macam bulu mata palsu itu lebih pada penggunaan sementara. Sementara individual single lashes lebih sering digunakan untuk eyelash extensions (menyambung bulu mata) yang sifatnya lebih permanen (bisa bertahan mingguan bahkan bulanan).

Bulu mata tunggal biasanya diterapkan oleh seorang profesional di salon kecantikan, karena jumlah waktu dan keahlian yang dibutuhkan untuk menerapkannya benar-benar tinggi. Seperti bulu mata individu flare, mereka dapat digunakan untuk mengisi area bulu mata yang jarang dan membuat bulu mata jadi lebih penuh.

3. Eyelash Extension

* sumber: www.eventbrite.com

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kamini.id. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”