Jokowi Ikut Anies Tinjau Sirkuit Formula E di Ancol, Trek Sudah 100% Jadi

ulinulin.com – JAKARTA – Penyelenggaraan balap Formula E Jakarta E-Prix yang akan digelar pada 4 Juni 2022 di kawasan Ancol ini menunjukkan progres yang semakin matang. Bahkan pada hari Senin (25/4/2022) kemarin, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo turut datang langsung guna meninjau persiapan dari ajang balap ramah lingkungan tersebut.

Jokowi datang ke sirkuit Ancol didampingi oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Dalam tinjauannya Jokowi menyatakan bahwa sirkuit Formula E di Jakarta telah siap untuk digunakan.

“Saya ingin melihat persiapan Formula E seperti apa dan di lapangan seperti kita lihat saya kira treknya sudah siap mungkin yang tinggal dikejar adalah paddock dan grandstandnya karena masih ada waktu habis Lebaran. Ya mungkin awal Juni kita bisa melihat langsung balapannya,” kata Joko Widodo dalam jumpa pers bersama media.

Dari pantauan kami terlihat trek yang akan digunakan pada Juni 2022 mendatang telah rampung diaspal dengan total jarak 2,4 kilometer dengan lebar trek 12 meter. Selain itu, merujuk pada spesifikasi JakPro, sirkuit tersebut memiliki trek lurus sepanjang 600 meter dengan jumlah tikungan yang mencapai 18 titik.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan bahwa trek secara umum sudah selesai 100 persen dan tinggal menyusul pembangunan fasilitas pendukung lainnya seperti grandstand dan paddock untuk tim balap.

“Sekarang yang saat ini dalam proses pengerjaan adalah paddock, grandstand dan pagar di atas beton untuk pelindung. Selain itu kita juga akan membangun sejumlah fasilitas untuk para pengunjung mal di sekitar sirkuit Ancol,” ujar Anies Baswedan.

Pada musim ini tim yang akan berlaga pada ajang Formula E mencapai 11 tim dengan total 22 pembalap. Setelah sukses dimulai pada 29 Januari di Dirriyah, Arab Saudi, gelaran balap ini berlanjut ke beberapa seri lainnya seperti Mexico, Roma, Monaco, Jerman dan Jakarta E Prix pada 4 Juni 2022 mendatang. Salah satu yang menarik nantinya adalah persaingan dari duo pembalap dari tim Mercedes Nyck de Vries dan Stoffel Vandoorne yang berada di posisi 1 dan 2 klasemen sementara.

Namun demikian karena masih dalam proses transisi pandemi COVID-19 nantinya penyelanggaraan Formula E di Ancol hanya dapat dihadiri oleh penonton dalam jumlah terbatas. Menurut Ketua Panitia Organizing Committee (OC) Formula E, Ahmad Sahroni penyelenggaraan Formula E di Jakarta hanya ditargetkan 50.000 penonton dengan rentang harga tiket terendah mulai dari Rp 350.000 hingga jutaan rupiah.

Selain itu, pada penyelenggaraan Formula E di Jakarta akan hadir pula pertunjukan musik yang diisi oleh sejumlah artis Tanah Air maupun mancanegara selama sehari penuh. “Nantinya kita akan hadirkan musisi ternama di ajang Formula E dengan total tiga panggung yang berbeda,” kata Sahroni.(ALVANDO NOYA / WH)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://ulinulin.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://ulinulin.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”